Sukses

Profil Polo Srimulat, Komedian Indonesia Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun

Berikut profil Polo Srimulat yang meninggal di usia 61 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Dunia hiburan Indonesia kehilangan nama besar. Christian Barata Nugraha, yang lebih dikenal dengan nama Polo Srimulat meninggal dunia pada Rabu, 6 Maret 2024 di RS. Ana Medika Bekasi, pada pukul 12.10 WIB.

Lahir pada 20 Maret 1962 di Bekasi, Jawa Barat, Polo Srimulat kemudian bergabung dengan grup lawak Srimulat pada tahun 1987 dan memulai perjalanan kariernya di sana.

Bersama Srimulat, Polo menjalani serangkaian pertunjukan dari panggung ke panggung hingga tampil di televisi. Selain sebagai pelawak, Polo juga sukses berkarya sebagai seorang aktor. 

Dalam dunia perfilman, Polo Srimulat memberikan kontribusi melalui berbagai proyek yang mencakup film-film berjudul “Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap” (2011) dan “Misteri Pasar Kaget” (2012). Pada film pertamanya, “Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap,” Polo menunjukkan fleksibilitasnya dengan mengambil peran yang belum dijelaskan secara spesifik. 

Selain aktif sebagai pelawak, Polo Srimulat juga melebarkan kariernya di industri film maupun layar kaca Indonesia. Karya film maupun sinetron yang sempat dibintanginya antara lain seperti “Jodoh Wasiat Bapak” hingga “Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap.”

Sayang, semasa hidupnya, namanya sempat tercoreng setelah terseret kasus narkoba sebanyak 2 kali pada tahun 2000 dan 2004. Setelah dua kali masuk penjara karena kasus yang sama, Polo digugat cerai oleh Anna Katharina.

Dari pernikahan yang telah kandas tersebut, diketahui keduanya dikaruniai 3 anak.

Selama kariernya di dunia hiburan, Polo Srimulat telah menerima beberapa penghargaan, antara lain:

  • Panasonic Gobel Awards (1997): Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya dalam dunia hiburan.
  • Festival Film Indonesia (2004): Polo Srimulat diakui atas perannya dalam perfilman Indonesia.
  • SCTV Awards (2011): Penghargaan ini merupakan pengakuan atas prestasinya di layar kaca.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, Polo Srimulat diketahui menderita penyakit paru-paru dan sempat mengalami kesulitan bernapas. Putranya, Sebastian, mengungkapkan bahwa Polo sudah beberapa kali masuk dan keluar dari rumah sakit karena kondisi paru-parunya yang memburuk. Pada pagi hari sebelum wafat, Polo mengalami batuk berdarah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kabar Duka, Polo Srimulat Meninggal Dunia

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Komedian Polo Srimulat dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu 6 Maret 2024 di Rumah Sakit Ana Medika Bekasi, Jawa Barat.

Kabar duka itu pertama kali tersiar di kalangan awak media. Pemilik nama asli Barata Nugraha tersebut mengembuskan napas terakhir pukul 12.10 WIB.

"Assalamualaikum wr wb. Innalillahi wa innailaihi rajiun. Telah berpulang ke ke sisi Allah SWT Barata Nugraha atau Pak polo pukul 12.10Wib di RS. Ana medika Bekasi. Mohon maaf atas segala kesalahan beliau," begitu bunyi pesan yang tersebar di kalangan awak media.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Polo Srimulat Meninggal Dunia, Sang Anak: Semalam Masih Bercanda Sama Saya

Polo Srimulat meninggal dunia di Rumah Sakit Ana Medika Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/3/2024). Sang komedian senior ini mengembuskan napas terakhir setelah menderita sakit paru-paru.

Sebastian sang putra menceritakan bahwa dia tidak memiliki firasat apa pun sebelum kepergian sang ayahanda. Kondisi kesehatan Polo bahkan sempat membaik dan Sebastian memiliki kenangan indah bersama ayahanda.

 "Enggak ada (firasat), semalam masih becanda sama saya, enggak apa-apa semalam, cuma tadi pagi kambuh," ujar Sebastian dikutip dari kanal YouTube MOP Chanel pada Rabu siang.

Sebelumnya, Polo memang sempat bolak-balik ke rumah sakit karena penyakit yang dideritanya itu, namun beberapa hari terakhir kondisinya sudah berangsur membaik. Sayangnya, pada Rabu pagi, kesehatannya tiba-tiba menurun drastis.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Polo Srimulat Meninggal Dunia, Jarwo Kuat Ungkap Duka Mendalam: Terima Kasih Tak Terhingga

Komedian Polo Srimulat dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Ana Medika Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (6/3/2024). Komedian senior ini mengembuskan napas terakhirnya setelah diketahui sempat mengidap penyakit paru-paru.

Atas kepergian Polo untuk selamanya, sejumlah komedian ikut berduka. Salah satu komedian senior yang sempat mengungkapkan rasa dukanya di media sosial adalah Jarwo Kwat. Tampak Jarwo Kwat mengunggah ucapan duka dari Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI).

"Turut berduka cita atas wafatnya Seniman Komedi Barata Nugraha/Mas Polo. Semoga ditempatkan di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin," begitu kalimat yang disampaikan oleh PASKI bersama foto sang komedian.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.