Sukses

Cara Branding Bisnis Untuk Menjangkau Lebih Banyak Target Pasar

Branding adalah berkaitan sekali dengan hal kasat mata dari merek mulai dari nama dagang, logo, atau ciri visual lainnya. Fungsinya sebagai pembeda, promosi, dan daya tarik, termasuk pembangun citra dan pengendali pasar.

Liputan6.com, Jakarta Ketika pertama kali mendengar kata branding, hal apa yang pertama kali terbesit dipikiranmu? Yup, pasti yang berkaitan dengan promosi, untuk memperkenalkan lebih luas lagi produk barang dan jasa yang bakal ditawarkan ke masyarakat atau target pasar. 

Tapi apa sih sebenarnya branding? Branding adalah berkaitan sekali dengan hal kasat mata dari merek mulai dari nama dagang, logo, atau ciri visual lainnya. Fungsinya sebagai pembeda, promosi, dan daya tarik, termasuk pembangun citra dan pengendali pasar. 

Kotler (2009) menerjemahkan branding sebagai identitas khas untuk promosi. Menurutnya branding adalah bagian dari nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.

Maka dari itu, agar produk barang atau jasa yang dapat menarik perhatian target pasar, ada beberapa kegiatan branding yang dapat dilakukan. Hal pertama yang wajib kamu miliki adalah logo dengan warna khas yang mudah dikenal masyarakat. Artinya, ketika pertama kali melihatnya, orang akan tahu bahwa logo dengan warna merek khas tersebut adalah milik usaha yang sedang kamu rintis. 

Kedua, cobalah untuk memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, X, TikTok, YouTube, Pinterest, atau LinkedIn. Manfaatkanlah konten media sosial untuk memperkuat promosi produk, agar menarik perhatian masyarakat. Dengan adanya konten media sosial, kamu dapat memberi gambaran mengenai produk secara virtual.

Ketiga buatlah desain situs web untuk memperkuat dan melengkapi pengembangan bisnis dari segi promosi. Poin ini dapat diandalkan sebagai branding digital yang juga menjadi salah satu kunci, agar kamu sebagai pemilik usaha dapat bertahan dan menjangkau target market yang lebih luas, sehingga dapat membantu bisnis untuk berkembang lebih cepat. Dengan memiliki situs web sendiri, tentunya lebih efisien dan hemat biaya karena kamu dapat menyajikan informasi mengenai bisnis dan produk atau layanan yang ditawarkan secara mudah.

Menggunakan website dengan tampilan atau desain yang modern akan membangun eksistensi brand secara profesional hingga dapat membantu pemilik bisnis mendatangkan potensial leads berkualitas tanpa batas, seperti GoSocial Indonesia sebagai salah satu Digital Marketing Agency terkemuka di Indonesia. 

"Website yang kami buat untuk tujuan branding ini tidak asal-asalan, jasa buat website kami didasarkan pada riset pasar yang cermat dan dikombinasi dengan desain yang menarik dan profesional. Selama bertahun-tahun, kami juga mengimplementasikan konsep situs web untuk memperkuat branding internal, dan berhasil menarik berbagai potensial klien melalui platform ini," ujar Ivan. 

Lebih lanjut Ivan mengatakan bahwa selain menawarkan layanan jasa pembuatan website, pihaknya juga ikut membantu dan mendampingi pemilik bisnis untuk terus bersama membangun branding yang kuat sesuai dengan target market masing-masing. Selain website profesional, terdapat berbagai metode lainnya untuk menunjang branding bisnis yang disediakan seperti melalui media sosial, e-commerce, maupun branding offline seperti spanduk, brosur, baliho, banner, dan sejenisnya.

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini