Sukses

7 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Makan Tomat Setiap Hari

Tomat dikaitkan dengan senyawa yang disebut likopen, yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tomat dikaitkan dengan senyawa yang disebut likopen, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebenarnya, sayuran atau buah apa pun yang bewarna merah mengandung sedikit likopen--zat yang memberi warna merah cerah.

Namun tomat mengandung lebih banyak likopen dibandingkan sayuran lainnya, dengan satu tomat berukuran sedang mengandung sekitar 2-3 gram. Menariknya, jus tomat mengandung likopen jauh lebih banyak dibandingkan tomat mentah.

Oleh karena itu, ketahui manfaat yang didapat tubuh jika Anda makan tomat setiap hari, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (13/2/2024).

1. Tingkatkan mood

Sebagian besar makanan sehat, termasuk tomat, kaya akan mineral seperti tembaga, seng dan mangan. Di antara manfaat kesehatan lainnya, buah ini bisa berdampak positif terhadap fungsi otak dan suasana hatimu.

Jadi, jika Anda merasa sedih atau lelah, Anda bisa mengandalkan mineral untuk meningkatkan mood-mu.

2. Menurunkan berat badan

Tomat bisa membantumu menurunkan berat badan. Mereka merupakan camilan rendah karbohidrat yang cocok untuk orang yang sedang berdiet karena mengandung banyak serat dan air, yang bisa membuatmu merasa kenyang.

Tomat juga bisa menjaga keseimbangan gula darah, yang merupakan kunci penurunan berat badan. Mereka juga mengandung kromium, yang membantu mengatur kadar gula darah.

3. Baik untuk paru-paru

Sifat antioksidan likopen bisa membantu menjaga kadar radikal bebas, melindungi tubuhmu dari masalah pernapasan.

Tomat mengandung beta-karoten yang diketahui bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Terlebih lagi, hal ini bisa memperlambat penuaan paru-paru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan memasok tubuhmu dengan likopen, yang bertindak sebagai antioksidan, Anda bisa mengurangi molekul yang disebut radikal bebas yang bisa merusak sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuhmu.

Itu sebabnya makanan kaya zat ini, seperti tomat, bisa mengurangi risiko kanker paru-paru, prostat, atau perut.

5. Meningkatkan penglihatan

Selain likopen, tomat mengandung beberapa nutrisi lain, seperti lutein dan beta-karoten, yang semuanya baik untuk matamu.

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi ini melindungi mata dari penyakit, seperti katarak, sekaligus mendukung kesehatan penglihatanmu secara keseluruhan.

 

3 dari 3 halaman

6. Baik untuk jantung

Lycopene merupakan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dalam tubuhmu dari oksidasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi likopen memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Likopen juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol "jahat," serta tekanan darahmu. Akibatnya, peluangmu terkena penyakit jantung juga bisa berkurang.

Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan nutrisi lain, seperti vitamin B, E dan flavonoid yang bisa meningkatkan kesehatan jantungmu.

7. Melindungi kulit

Menurut penelitian ini, tomat bisa membantu perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya dan menurunkan risiko kulit terbakar sinar matahari.

Para peneliti percaya bahwa hal ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi karotenoid, yang merupakan salah satu komponen likopen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.