Sukses

Petualangan Misterius di Pulau Boneka Meksiko, Menantang Kengerian atau Hanya Mitos Belaka?

Liputan6.com, Jakarta Meski menyeramkan bagi sebagian, Pulau Boneka di Meksiko memiliki sejarah yang terdokumentasi baik, membuka pandangan pada dunia unik dan misterius. Tempat ini diciptakan oleh Julian Santana Barrera, menjadi tempat boneka terikat di pohon sebagai bentuk perlindungan bagi roh seorang gadis kecil yang meninggal tenggelam di dekatnya.

Meskipun sejarahnya terungkap, kehadiran ratusan boneka dengan mata kosong dan wajah menyeramkan memberikan sentuhan mistis di pulau tersebut. Bagi yang takut pada boneka, mengunjungi pulau ini bisa jadi pengalaman menantang, bahkan di bawah sinar matahari.

Bagi yang ingin memahami sejarah dan kebenaran tanpa menghadapi ketakutan langsung, mereka dapat menemukan jawabannya dengan mempelajari kisah Pulau Boneka dari sumber terpercaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dimanakah Pulau Boneka?

Isla de las Munecas, atau Pulau Boneka yang terletak di Meksiko dekat pusat kota di kanal Xochimilco, termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Awalnya, kanal ini dibangun oleh suku Aztec yang memiliki pulau-pulau terapung dengan toko dan keindahan alam di sekitarnya.

Pulau Boneka terkenal karena koleksi bonekanya yang tergantung di pohon-pohon, menarik pengunjung yang dapat menjelajahinya dengan menyewa perahu atau menggunakan pemandu wisata. Kawasan ini menciptakan pengalaman wisata yang menawan, menggabungkan sejarah Aztec dengan pesona alam dan budaya lokal.

3 dari 6 halaman

2. Sejarah Pulau Boneka

Pulau Boneka dikenal karena sejarah tragis Don Julian Santana Barrera. Pada 1950-an, pertapa ini menemukan seorang gadis kecil tenggelam di kanal pulau. Meski berusaha menyelamatkannya, gadis itu meninggal, dan beberapa hari kemudian, boneka-boneka muncul di air, mengikuti jejak tragis gadis kecil tersebut.

Don Julian berupaya menenangkan roh gadis itu dengan menggantungkan boneka-boneka di seluruh pulau. Namun, usahanya menciptakan pemandangan menyeramkan karena pulau ini kini dipenuhi oleh boneka-boneka yang usang dan menggantung.

Don Julian meyakini bahwa tindakannya dapat mengusir roh atau makhluk halus yang menghantuinya. Ironisnya, pulau ini malah semakin menyeramkan dengan koleksi boneka yang tak terurus. Meski Don Julian meninggal pada tahun 2001, pulau ini tetap menjadi destinasi unik dan menakutkan di kanal Xochimilco yang menarik perhatian wisatawan global.

4 dari 6 halaman

3. Bonekanya Tersebar

Pemandangan yang menyeramkan tercipta dengan boneka-boneka yang menghiasi rumah, pepohonan, dan seluruh wilayah pulau.

Don Julian Santana Barrera meneruskan tradisi menggantung boneka selama lebih dari 50 tahun hingga akhir hayatnya pada tahun 2001. Yang lebih mengerikan, kematian Don Julian terkait dengan cerita tragis gadis kecil tersebut. Keponakannya mengungkapkan bahwa Don Julian ditemukan tenggelam di lokasi yang sama di mana ia selalu mengklaim gadis itu tenggelam.

Banyak yang percaya bahwa boneka-boneka yang dimiliki Don Julian membawa aura mistis atau kutukan. Kesaksian orang-orang yang menyatakan melihat boneka-boneka bergerak sendiri dan mendengar tawa menyeramkan di sekitar pulau pada malam hari semakin menambah citra misterius Pulau Boneka. Bahkan, ada keyakinan bahwa ketika Don Julian meninggal, rohnya bergabung dengan entitas lain di pulau tersebut, meneguhkan legenda misterius di balik pulau ini.

5 dari 6 halaman

4. Berapa Banyak yang Benar?

Banyak yang meragukan cerita Don Julian, terutama mengenai keberadaan gadis kecil yang tenggelam karena tidak ada laporan lain yang mendukungnya.

Namun, fakta bahwa Don Julian mengabdikan hidupnya untuk memenuhi Pulau Boneka dengan boneka adalah kenyataan. Warga lokal mengenangnya sebagai pria yang rela menukar segala sesuatu demi boneka, bahkan makanan, tanpa memperhatikan kondisi boneka tersebut.

Saat ini, banyak boneka di Pulau Boneka yang rusak dan terpengaruh oleh cuaca, menciptakan pemandangan yang menyeramkan terutama pada malam hari. Don Julian, mungkin tidak sehat secara mental, mungkin mengalami obsesi terhadap boneka sebagai cara mengatasi tekanan mental akibat ketidakmampuannya menyelamatkan gadis kecil tersebut.

Meskipun alasan di balik Pulau Boneka mungkin tidak jelas, warisannya tetap hidup, menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia. Pulau ini menjadi objek wisata yang populer, sering muncul dalam artikel, podcast, dan acara TV.

6 dari 6 halaman

Question and Answer

Negara mana yang pertama kali menghasilkan boneka secara komersial?

Dalam catatan sejarah, pembuatan boneka secara komersial dimulai di Jerman, dengan kota-kota seperti Nuremberg, Augsburg, dan Sonneberg menjadi pusat produksinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini