Sukses

4 Tanda Orangtuamu Melakukan Gaslighting, Jangan Didiamkan

Berikut ini beberapa tanda orangtuamu melakukan gaslighting

Liputan6.com, Jakarta Seringkali, ketika kita berbicara tentang gaslighting, itu dalam konteks hubungan romantis. Itu karena dibutuhkan keintiman dan kepercayaan tertentu bagi seseorang untuk melakukan kontrol emosi atau manipulasi tingkat tinggi terhadap orang lain. 

Namun, gaslighting dapat terjadi dalam hubungan apa pun yang mengandung kepercayaan atau ketergantungan, menjadikan hubungan orang tua-anak sebagai tempat umum munculnya masalah.

Audrey Jaynes, LMSW, seorang terapis yang berbasis di New York, mengatakan ada beberapa cara orang tua menabur benih keraguan atau kebingungan dalam hubungannya dengan anak. Dalam banyak kasus, hal ini membantu orang tua mempertahankan perasaan kekuasaan yang tidak proporsional karena dinamika tersebut secara alami bergeser ke arah sesuatu yang lebih adil. 

Ingin tahu apakah hubungan Anda dengan orang tua mengandung sifat beracun ini? Ini adalah empat tanda paling umum bahwa orang tuamu melakukan gashlighting seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Mereka telah menulis ulang aspek masa kecil Anda

Saat Anda mengingat kembali masa kecil Anda, wajar jika kenangan akan peristiwa tertentu terasa kabur. Lagi pula, itu sudah lama sekali, otak Anda masih berkembang, dan Anda tidak mempunyai konteks untuk banyak hal yang Anda alami. 

Namun, Jaynes mengatakan bahwa jika Anda melihat tren di mana orang tua secara konsisten menulis ulang aspek-aspek penting dari sejarah Anda yang Anda ingat dengan jelas, ini bisa menjadi tanda bahaya bahwa mereka melakukan gaslighting.

“Jika orang tua mengabaikan ingatan anaknya, hal ini bisa menjadi sebuah bentuk kemarahan—hal ini mengesampingkan pengalaman mereka dan dapat merusak kepercayaan,” jelas Jaynes.

Dia menambahkan bahwa orang tua mempunyai tanggung jawab tertentu untuk mencoba melihat masa lalu dari sudut pandang anak mereka, selain dari sudut pandang mereka sendiri. "Kedua belah pihak dapat mencoba mengatakan, 'Saya tidak mengingatnya seperti itu. Saya ingin memahami bagaimana Anda mengingatnya,'" sarannya.

Terapis itu menambahkan bahwa orang dapat memiliki pengalaman berbeda dari realitas yang sama, jadi sebaiknya hindari mengambil kesimpulan langsung tentang niat orang tua Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mereka meremehkan perasaan Anda

Jika orang tua Anda sering mengabaikan perasaan Anda atau mengaku memahami perasaan Anda lebih baik daripada Anda sendiri, ini bisa menjadi tanda lain dari gaslighting, kata Jaynes. Salah satu contoh umum dari hal ini adalah ketika orang tua mengatakan "Saya turut prihatin karena kamu merasa seperti itu" alih-alih mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka.

“Mencoba memahami inti kebenaran dari sudut pandang orang lain atau validitas emosi mereka bisa menjadi hal yang sangat bermanfaat,” kata Jaynes. “Alternatifnya adalah bersikap defensif, yang hanya akan memperdalam ketidakpercayaan.”

Namun, dia mencatat bahwa ini tidak berarti menyembunyikan perbedaan perspektif Anda. "Anda bisa berkata, 'Maaf saya tidak melihatnya seperti itu, tetapi saya ingin memahami dari mana pendapat Anda. Ceritakan lebih banyak lagi,'" katanya. 

Cara lain untuk melakukan pendekatan ini adalah dengan mengatakan, "Niatku bukan untuk menyakitimu, tapi aku menyesal telah menyakitimu."

 

3 dari 4 halaman

3. Mereka menghilangkan ketakutan Anda yang sebenarnya

Orang tua bertugas melindungi anak-anak mereka dari bahaya saat mereka tumbuh dewasa. Namun, Jaynes mencatat bahwa beberapa orang tua mengambil peran mereka sebagai pelindung terlalu jauh, dan pada dasarnya memberikan tekanan pada anak-anak mereka tentang tantangan dalam hidup mereka dengan menyangkal keberadaan mereka.

“Dalam upaya melindungi anak-anak dari kenyataan pahit, banyak orang tua yang menyangkal atau mengabaikan ketika anak-anak mengungkapkan ketakutan mereka terhadap keadaan dunia,” katanya. “Anda sangat ingin mereka merasa aman, namun hal ini membuat pengalaman dan perspektif mereka tidak valid.”

Ketika orang tua memvalidasi ketakutan anak-anak mereka terhadap topik-topik dewasa—misalnya, kekerasan global atau perubahan iklim—hal ini dapat membangun kepercayaan dan hubungan, membuat mereka tidak merasa sendirian dengan kekhawatiran mereka.

 

4 dari 4 halaman

4. Mereka menganggap batasan Anda sebagai pelanggaran pribadi

Batasan merupakan hal yang penting dalam semua hubungan, namun banyak orang tua yang kesulitan untuk mengakuinya dalam hubungan orang tua-anak. Namun, kegagalan dalam menaati batasan bukan berarti hal yang tidak menyenangkan. 

Hal ini menjadi sangat mengejutkan ketika orang tua menafsirkan suatu batasan sebagai pelanggaran pribadi, yang pada dasarnya membuat seolah-olah anak yang memiliki batasan tersebut telah melewati batasannya sendiri.

Jaynes mengatakan hal ini menjadi semakin sulit untuk diperbaiki setelah anak tersebut dewasa. “Jika seorang anak dewasa menetapkan batasan karena ada sesuatu yang tidak beres bagi mereka, penting untuk mengakuinya dan melakukan yang terbaik untuk tidak tersinggung,” jelasnya.

Terapis mengatakan bahwa rasa ingin tahu mengapa batasan itu terasa begitu penting bagi anak dapat membantu memperbaiki keretakan ikatan di masa lalu di antara Anda. Rangkullah dinamika kekuasaan yang terus berkembang dalam hubungan, ingatlah bahwa baik orang tua maupun anak berhak atas sudut pandang dan perasaan masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.