Sukses

Profil dan Agama Arya Wedakarna, Senator Bali yang Terkena Kasus Menolak Front Line Berkerudung

Senator asal Bali, Arya Wedakarna baru-baru ini menggencarkan sosial media. Pasalnya ia ia telah melakukan perbuatan yang dianggap rasis karena merendahkan suatu golongan.

Liputan6.com, Jakarta Senator asal Bali, Arya Wedakarna baru-baru ini menggencarkan sosial media. Pasalnya ia ia telah melakukan perbuatan yang dianggap rasis karena merendahkan suatu golongan.

Dalam sebuah video yang tersebar di sosial media, Arya Wedakarna memberikan sebuah pernyataan yang menyinggung perempuan berhijab. DIketahui, ucapan Arya Wedakarna disampaikan pada saat ia sedang memimpin rapat DPD Kepala Bea Cukai Bali Nusa Tenggara dan Kepala Bea Cukai Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

"Saya gak mau yang front line, front line itu saya mau yang gadis Bali kayak kamu, rambut kelihatan terbuka. Jangan kasih yang penutup penutup gak jelas, this is not middle east, enak aja Bali pakai bunga kek, pake apa kek," kata Arya dalam video yang beredar di media sosial.

Penasaran dengan profil dan agama Arya Wedakarna? Yuk simak artikel berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (8/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Profil Arya Wedakarna

  • Nama Lengkap : Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa
  • Nama Panggilan : Arya Wedakarna
  • Tempat Lahir : Denpasar
  • Tanggal Lahir : 23 Agustus 1980
  • Istri : Ida Ayu Ketut Juni Supari
  • Jabatan : Anggota DPD Bali

Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta wedasteraputra Suyasa atau biasa dipanggil Arya Wedakarna merupakan seorang senator Bali yang saat ini menjabat sebagai anggota DPD Bali.

Arya Wedakarna lahir pada 23 Agustus 1980 di Bali. Ia adalah anak dari pasangan Shri Wedastera Suyasa dan Suwitri Suyasa.

3 dari 10 halaman

Agama Arya Wedakarna

Arya Wedakarna yang merupakan orang asli Bali, menganut agama Hindu sejak kecil. Di kalangan masyarakat Hindu, ia dikenal sebagai sosok yang tegas dan selalu mengedepankan aspirasi rakyat, hingga muncullah kontroversi belakangan ini.

4 dari 10 halaman

Karier Arya Wedakarna

Sebelum turun ke dunia politik, Arya Wedakarna sempat menjadi model cover majalah Aneka pada tahun 1997. Selain itu, ia juga pernah menjajal kesempatan di dunia tarik suara bergabung bersama Indra Bekti dan Roy Jordy pada tahun 1999 dengan membentuk boyband FBI.

Arya Wedakarna pernah dinobatkan sebagai dokter termuda dan rektor termuda oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Gelar tersebut ia dapatkan setelah melanjutkan pendidikannya di Universitas Mahendradatta dan memimpin kampus tersebut.

5 dari 10 halaman

Kasus Arya Wedakarna

Arya Wedakarna pernah terjerat beberapa kasus, diantaranya adalah ia pernah dipolisikan oleh Puskor Hindunesia lantaran mengaku sebagai Raja Majapahit Bali pada tahun 2020. Meski begitu, saat itu Arya Wedakarna menampik gelar yang diberikan oleh masyarakat tersebut. Ia mengaku tidak pernah mengklaim dirinya sebagai Raja Majapahit Bali.

Selain itu, Arya Wedakarna juga pernah dilaporkan oleh warga Nusa Penida pada 3 November 2020 lalu. Ia dilaporkan lantaran adanya dugaan pelecehan terhadap simbol agama Hindu. Dengan adanya kasus dugaan tersebut, Arya langsung membuat klarifikasi dan meminta maaf atas ucapan dan tindakannya. 

6 dari 10 halaman

Arya Wedakarna Di Duga Rasis pada Wanita Berhijab

Baru-baru ini Arya Wedakarna ramai dibicarakan warganet lantaran diduga berkata rasis. Ia mengaku tidak menyukai perempuan yang mengenakan hijab sebagai front line di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Awalnya Arya mengungkapkan keinginannya melihat wanita asli Bali tampil sebagai frontliner untuk menyambut wisatawan. Ia keberatan melihat ada petugas perempuan yang mengenakan kain penutup kepala karena dianggap bukan tradisi asli Pulau Dewata.

Pernyataan Arya disampaikan pada saat ia sedang memimpin rapat DPD dengan Kepala Bea Cukai Bali Nusa Tenggara dan Kepala Bea Cukai Bandara I Gusti Ngurah Rai. Arya meminta agar tidak ada lagi wanita yang berhijab bertugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

7 dari 10 halaman

Siapa itu Arya Wedakarna?

Arya Wedakarna atau yang mempunyai nama lengkap Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta merupakan senator Bali yang menjadi anggota DPD Bali.

8 dari 10 halaman

Dari Mana Asal Arya Wedakarna?

Arya Wedakarna merupakan seorang senator Bali yang lahir dan hidup di Pulau Dewata, Bali.

9 dari 10 halaman

Arya Termasuk Kasta Apa?

Kasta dalam agama Hindu terbagi dalam empat tingkatan yaitu kasta Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Brahmana dan Ksatria berasal dari bangsa Arya sedangkan Waisya dan Sudra berasal dari bangsa Dravida.

10 dari 10 halaman

Apa Marga Tertinggi di Bali?

Golongan Brahmana merupakan kasta tertinggi yang suaranya harus didengar dan ditaati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.