Sukses

Terungkap Cara Jeffrey Epstein Merekrut Gadis untuk Dijual, Skandal Seks yang Seret Donald Trump hingga Bill Clinton

Terungkap cara Jeffrey Epstein merekrut gadis di bawah umur untuk dijual yang menjadi skandal seks orang-orang ternama

Liputan6.com, Jakarta Sembilan belas dokumen yang belum disegel dari tuntutan hukum yang terkait dengan Jeffrey Epstein, terpidana pedofil yang meninggal di penjara sebelum dia diadili atas tuduhan perdagangan seks federal, dirilis ke publik pada hari Kamis.

Ini adalah gelombang kedua yang berasal dari perintah pengadilan pada tanggal 18 Desember 2023 dari hakim yang mengawasi gugatan tersebut, sebagai tanggapan terhadap upaya hukum media untuk merilis dokumen tersebut ke publik. Dokumen pada Kamis malam berjumlah lebih dari 300 halaman.

Dokumen-dokumen tersebut adalah bagian dari gugatan pencemaran nama baik perdata tahun 2015 yang diajukan oleh Virginia Roberts Giuffre, seorang wanita Amerika yang mengklaim Epstein melakukan pelecehan seksual terhadapnya saat masih di bawah umur dan bahwa Ghislaine Maxwell, mantan pacar Epstein, ikut membantu dalam pelecehan tersebut.

Menurut laporan CNN, rilis pada hari Kamis itu menyusul ratusan halaman dokumen yang dibuka segelnya pada hari Rabu, dan diperkirakan akan lebih banyak lagi dalam beberapa minggu mendatang.

Secara total, dokumen-dokumen tersebut, termasuk materi yang belum dibuka segelnya, diperkirakan mencakup hampir 200 nama, termasuk beberapa penuduh Jeffrey Epstein, pengusaha terkemuka, politisi, dan mungkin masih banyak lagi.

Namun, disebutkan namanya dalam dokumen yang tidak disegel tidak berarti seseorang dituduh atau melakukan kesalahan.

Dokumen-dokumen tersebut berkisar dari argumen dan bukti hukum teknis hingga pernyataan yang menceritakan kembali tuduhan dan deskripsi dugaan kejahatan, yang sebagian besar atau seluruhnya tampaknya telah diketahui sebelumnya melalui rilis lain, wawancara media, dan cara lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses perekrutan gadis-gadis Epstein

Salah satu dokumen, pernyataan dari Detektif Palm Beach Joseph Recarey, memaparkan proses yang menurutnya digunakan Epstein dan Maxwell untuk mencari dan merekrut gadis-gadis “untuk melakukan pijatan dan bekerja di rumah Epstein.” Recarey adalah detektif utama dalam kasus sebelumnya melawan Epstein pada pertengahan tahun 2000-an.

Dalam dokumen tersebut, ketika ditanya oleh seorang pengacara berapa banyak gadis yang telah diajak bicara oleh Recarey tentang kemungkinan direkrut oleh Maxwell, Recarey menjawab, “Saya akan menjawab sekitar 30; 30, 33.”

Pengacara bertanya kepada Recarey: “Dan di akhir pijatan itu, jika korban membawa teman-teman lain, dia akan dibayar untuk merekrut teman-teman itu?”

“Benar,” jawab Recarey.

Pada kesempatan lain, pengacara bertanya kepada detektif tersebut: “Jadi, apakah Anda memutuskan bahwa ‘pijat’ sebenarnya adalah kata sandi untuk hal lain?”

Tanggapan Recarey: “Ketika mereka pergi untuk melakukan pijatan, itu untuk kepuasan seksual.”

Penuduh lainnya, yang namanya masih disunting, mengatakan dalam pernyataannya pada tahun 2016 bahwa ketika dia berusia antara 15 dan 17 tahun, dia dibayar untuk memberikan pijatan kepada Jeffrey Epstein meskipun dia tidak memiliki pengalaman pijat. Pijatan itu, pikirnya, “tidak melibatkan aktivitas seksual apa pun. Itulah asumsi saya.”

Namun menurutnya anggapan itu salah.

“Saya baru saja berada di sana, dan tiba-tiba sesuatu yang buruk terjadi pada saya,” katanya tentang pengalamannya dengan Epstein, dan menambahkan, “hal itu tidak seharusnya bersifat seksual, tetapi memang demikian.”

Dia mengatakan bahwa dia membawa gadis-gadis SMA lainnya ke rumah Epstein atas permintaan Epstein, dan bahwa dia akan dibayar ketika dia berada di rumahnya bahkan jika dia tidak melakukan apa pun.

Masih ada nama-nama yang dihitamkan dalam dokumen yang belum tersegel.

Misalnya, dalam email tahun 2011 yang dikirim oleh Sharon Churcher, seorang reporter dari surat kabar Inggris Mail on Sunday, kepada penerima yang tidak dikenal, ia menyebutkan seseorang yang diperdagangkan kepada “pria termasuk dua politisi paling dihormati di dunia,” diikuti dengan a selain tanda kurung termasuk dua nama yang disunting dengan garis hitam pekat.

Namun ada juga beberapa nama terkenal.

3 dari 3 halaman

Adik Raja Charles III, Donald Trump, Bill Clinton hingga Michael Jackson Terseret Skandal Seks Jeffrey Epstein

Jeffrey Epstein kembali ramai dibahas menyusul publikasi daftar nama orang yang terkait dengan dirinya berdasarkan dokumen gugatan pencemaran nama baik terhadap Ghislaine Maxwell oleh Virginia Giuffre pada tahun 2015.

Maxwell adalah mantan sosialita Inggris dan telah dinyatakan bersalah atas kasus perdagangan seks anak, yang terkait dengan Epstein. Untuk itu, dia dijatuhi hukuman 20 tahun penjara. Maxwell dan Epstein disebut adalah rekan sekaligus mantan kekasih.

Giuffre menggugat Maxwell setelah dia disebut pembohong atas tuduhan Epstein dan Maxwell melecehkannya.

Meski demikian, nama-nama korban yang masih di bawah umur saat mengalami pelecehan tidak dicantumkan walaupun beberapa sebelumnya telah angkat bicara tentang tindakan Epstein dalam wawancara media.

Seperti dilansir Time, nama sejumlah tokoh dunia masuk dalam dokumen pengadilan yang dibuka segelnya secara bertahap pada Rabu (3/1/2024) dan Kamis (4/1), meski beberapa dari mereka yang disebutkan tidak dituduh melakukan kesalahan apapun. Berikut ulasannya:

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.