Sukses

7 Rekomendasi Manga Romance, Plotnya Keren Tak Boleh Dilewatkan

Manga, sebagai seni naratif dan visual dari Jepang, memikat pembaca dengan berbagai genre yang beragam. Salah satunya adalah genre romance, yang menawarkan cerita asmara yang menarik, karakter yang unik, dan alur cerita yang seru.

Liputan6.com, Jakarta Manga, sebagai ekspresi seni visual dan naratif dari Jepang, menawarkan berbagai genre yang dapat memuaskan preferensi pembaca dari berbagai lapisan masyarakat. Pilihan genre manga atau komik ala Jepang ini sangat bervariasi dan menarik. Mulai dari komedi, romance, hingga slice of life.

Meski begitu, di antara sekian genre yang ada, romance memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak penggemar. Cerita-cerita asmara yang disertai dengan adegan romantis mampu menciptakan kesan mendalam bagi para penikmatnya.

Keseruan cerita tidak hanya bergantung pada keberadaan karakter-karakter yang unik. Alur cerita yang seru juga memberikan nuansa khusus pada setiap cerita. Hal ini menambah daya tarik dan keunikannya masing-masing pada setiap judul manga.

Berikut ini adalah rekomendasi manga romance yang memiliki plot menarik, telah dirangkum dari berbagai sumber, pada Senin (18/12/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Ao Haru Ride

Manga pertama yang patut dibaca adalah Ao Haru Ride karya Io Sakisaka. Manga ini memberikan kesan yang mendalam, mengajarkan tentang perubahan diri dan keberanian.

Kisah ini berkisah tentang perjalanan Futaba Yoshioka, yang mengalami transformasi drastis menjadi perempuan tomboy ketika memasuki SMA.

Perubahan ini dipicu oleh trauma akibat pengalaman penindasan yang dialaminya selama SMP. Pada masa itu, popularitas dan kecantikannya menjadikannya sasaran intimidasi.

Di tengah perjalanan SMA-nya, takdir membawa Futaba kembali bertemu dengan Kou Tanaka, lelaki yang pernah disukainya di masa lalu.

Namun, Futaba mendapati kejutan besar. Ia terkejut melihat perubahan karakter Kou yang dulunya ceria dan ramah, kini berubah menjadi cuek dan dingin. Pertemuan keduanya membangkitkan kembali kisah asmara terdahulu yang belum selesai.

3 dari 13 halaman

Kaichou wa Maid-sama!

Manga rekomendasi yang kedua adalah 'Kaichou wa Maid-sama!' karya Hiro Fujiwara. Cerita manga ini berpusat pada Misaki Ayuzawa dan Usui Takumi. Misaki memegang posisi Ketua OSIS yang tegas di SMA-nya.

Kemudian, Usui Takumi, siswa populer, menemukan sebuah rahasia dalam kehidupan Misaki. Ia mengetahui bahwa sebenarnya Misaki bekerja sebagai pelayan di sebuah kafe.

Karakter Misaki juga berubah ketika berada di luar sekolah. Sebagai seorang pelayan, Misaki menunjukkan sisi yang sangat ramah dan lembut.

Manga ini menggambarkan hubungan antara Misaki dan Usui beserta perjuangan dalam kisah mereka. Nuansa humor dalam manga ini juga turut menambahkan daya tarik yang menghibur.

4 dari 13 halaman

Kimi ni Todoke: From Me to You

Selanjutnya, manga berjudul 'Kimi ni Todoke: From Me to You' karya Karuho Shiina merupakan cerita tentang perjalanan hidup Sawako Kuronuma, seorang gadis pemalu yang baik hati. Meski demikian, teman-temannya sering memberinya julukan 'Sadako' karena penampilannya yang menyeramkan.

Sawako seringkali diartikan dengan cara yang keliru dan dikelilingi oleh rumor bahwa dia memiliki kemampuan melihat hantu dan dapat mengutuk orang-orang.

Kehidupannya mengalami perubahan saat dia bertemu dengan Kazehaya, seorang siswa populer yang membuka pintu pertemanan.

Melalui interaksi di antara keduanya, hubungan mereka berkembang menjadi lebih dari sekadar persahabatan. Kisah cinta yang indah dan penuh perjuangan pun mulai terjalin di antara Sawako dan Kazehaya.

5 dari 13 halaman

My Litle Monster

Kemudian terdapat manga 'My Little Monster karya Robico,' yang juga dikenal dengan judul ’Tonari no Kaibutsu-kun.’ Manga ini menceritakan tentang perubahan mendalam dalam kehidupan Shizuku Mizutani, seorang gadis yang awalnya sangat apatis, dingin, dan egois.

Semua hal berubah ketika ia bertemu dengan Haru Yoshida, seorang bocah nakal yang memiliki sifat mirip dengannya. Keduanya merasakan bagaimana rasanya tidak disukai oleh teman-teman mereka dan mengalami kesulitan dalam berinteraksi sosial.

Proses saling mengenal antara Shizuku dan Haru membawa mereka pada ikatan persahabatan. Kemudian, Shizuku dan Haru memberanikan diri untuk menjalin hubungan yang lebih dari sekadar persahabatan.

6 dari 13 halaman

Lovely Complex

Selanjutnya, manga berjudul ‘Lovely Complex’ yang ditulis oleh Aya Nakahara. Manga ini mengisahkan tentang kisah cinta yang penuh perjuangan antara dua siswa di sebuah sekolah, yakni Risa Koizumi dan Atsushi Otani.

Mereka memiliki perbedaan tinggi badan yang mencolok. Risa memiliki tinggi badan di atas rata-rata, yakni 172 cm, sementara Atsushi tergolong pendek dengan tinggi 156 cm.

Risa merasakan ketertarikan terhadap Ryouji, seorang pria yang lebih tinggi darinya, sedangkan Atsushi memiliki perasaan terhadap Chicharu, seorang siswi di sekolah mereka.

Untuk mendapatkan cinta dari pujaan hati masing-masing, Risa dan Atsushi memutuskan untuk bekerja sama. Namun, kerjasama mereka justru memunculkan perasaan cinta di antara keduanya yang tidak pernah terduga sebelumnya.

Cerita ini membawa dinamika unik antara dua karakter yang memiliki perbedaan tinggi badan yang mencolok, namun tetap menunjukkan bahwa cinta tidak terbatas oleh fisik.

7 dari 13 halaman

Horimiya

Berikutnya, manga yang berjudul Horimiya karya Hero dan Daisuke Hagiwara. Manga ini menggabungkan elemen komedi, romansa dan potret kehidupan sehari-hari. Ceritanya menawarkan kisah menarik tentang Kyoko Hori dan Miyamura, yang merahasiakan dua sisi karakter mereka.

Hori, yang pintar dan populer di sekolah, berubah menjadi sosok yang penuh tanggung jawab di rumah. Di sisi lain, Miyamura tampak biasa di sekolah, tetapi menjadi pribadi yang keren dan memiliki tato ketika di luar lingkungan sekolah.

Ketika Miyamura tanpa sengaja mengetahui rahasia Hori, dan sebaliknya, mereka memutuskan untuk menjadi sahabat dekat. Hubungan yang terjalin di antara keduanya membuka babak baru dalam kehidupan sekolah mereka.

Kisah cinta mereka semakin kompleks ketika Tohru, seorang siswa lain, mengungkapkan perasaannya pada Hori. Dengan penuh kelembutan, manga ini menggambarkan perkembangan kisah cinta yang penuh emosi dan nostalgia mengenai kenangan masa-masa sekolah.

8 dari 13 halaman

Fruits Basket

Terakhir, terdapat manga 'Fruits Basket' karya Natsuki Takaya. Manga ini memiliki genre romance fantasi yang unik karena sarat dengan konflik. Ceritanya mengisahkan perjalanan Tohru Honda, seorang siswi SMA yang tinggal di dalam keluarga Soma.

Secara tak sengaja, Tohru mengetahui sebuah rahasia besar yang dimiliki oleh keluarga Soma. Mereka terkena kutukan yang mengubah anggota keluarga menjadi binatang sesuai dengan shio Cina ketika mereka disentuh atau dipeluk oleh lawan jenis.

Setelah mengetahui rahasia tersebut, Tohru berusaha untuk memahami lebih dalam tentang keluarga Soma. Tidak hanya itu, Tohru juga berperan membantu keluarga Soma untuk keluar dari kutukan yang mereka alami.

9 dari 13 halaman

Manga Apa yang Bagus?

Selain tujuh rekomendasi manga yang tertera di atas, ada banyak manga lainnya dengan genre yang berbeda dan tidak kalah menarik. Beberapa di antaranya adalah Death Note, Berserk, Haikyuu!, Blue Lock, Wotakoi: Love is Hard for Otaku, Dr. Stone, dan Monster.

10 dari 13 halaman

Apa itu Manga Romcom?

Manga Romcom adalah singkatan dari manga bergenre romance-comedy. Manga genre ini memfokuskan cerita pada hubungan romantis sang karakter utama. Selain itu, alur ceritanya dipenuhi kejutan dan berkaitan dengan kehidupan seseorang.

11 dari 13 halaman

Komik Jepang Apa Saja?

Tentunya ada beragam komik Jepang dengan genre yang berbeda dan cerita yang unik. Komik Jepang terbaik di antaranya adalah Dragon Ball, One Piece, Inuyasha, Naruto, Haikyuu!, Spy x Family, Berserk, Fullmetal Alchemist, dan Death Note.

12 dari 13 halaman

Pecinta Manga Disebut Apa?

Pecinta manga disebut dengan otaku. Mereka yang disebut otaku adalah penggemar berat manga maupun anime. Bahkan, sikap mereka yang sangat tergila-gila dengan komik Jepang maupun anime tersebut, membuat mereka tidak sempat bersosialisasi di kehidupan aslinya.

13 dari 13 halaman

Komik Apa yang Laris Sepanjang Masa?

Berdasarkan Comic Book Resource (CBR), manga terlaris sepanjang masa adalah One Piece. Pada 2023, komik ini meraih penjualan lebih dari 516 juta eksemplar. Kemudian, terdapat komik Golgo 13 dengan penjualan sebanyak 300 juta eksemplar. Lalu disusul oleh komik Detective Conan dengan penjualan 270 juta eksemplar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini