Sukses

Niat Puasa Ayyamul Bidh November 2023, Lengkap dengan Keutamaan dan Waktu Pelaksanaannya

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah yang dikerjakan pada tiap pertengahan bulan Hijriyah, yakni dilakukan selama tiga hari di bulan Hijriah, pada tanggal 13, 14 dan 15.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah yang dikerjakan pada tiap pertengahan bulan Hijriyah, yakni dilakukan selama tiga hari di bulan Hijriah, pada tanggal 13, 14 dan 15.

Hukum puasa ayyamul bidh adalah sunah muakkad, berdasarkan hadits yang diriwatkan Ibnu Abbas, seperti mengutip NU Online, Senin (27/11/2023).

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيْضِ في حَضَرٍ وَلاَ سَفَرٍ. (رواه النسائي بإسنادٍ حسن)

Artinya,

“Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah SAW sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

وَعَنْ قَتَادَةَ بْنِ مِلْحَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِصِيَامِ أَيَّامِ الْبِيْضِ: ثَلاثَ عَشْرَةَ ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ. (رواه أَبُو داود)

Artinya,

“Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintah kami untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81).

Jadwal puasa ayyamul bidh

Jadwal puasa ayyamul bidh Dzulhijah 1445 H pada November 2023. Berikut jadwal Puasa Ayyamul Bidh Dzulhijah 1445 H yang berpedoman pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023:

  • Tanggal 13 Rabiul Akhir 1445 H: Hari Sabtu, 27 November 2023
  • Tanggal 14 Rabiul Akhir 1445 H: Hari Minggu, 28 November 2023
  • Tanggal 15 Rabiul Akhir 1445 H: Hari Senin, 29 November 2023

Seperti puasa lainnya, untuk menjalankan puasa ayyamul bidh, umat muslim disunahkan untuk sahur.

Niat puasa ayyamul bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ.

Artinya,

“Saya niat puasa ayyamul bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa buka puasa

Doa buka puasa ayyamul bidl sama seperti doa buka puasa pada umumnya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya,

"Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

3 dari 3 halaman

Keutamaan puasa ayyamul bidh

Keutamaan puasa ayyamul bidh adalah puasa tiga hari tiap bulan itu, sama seperti melaksanakan puasa sepanjang tahun.

Disebutkannya, Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. Kemudian Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang membenarkan hal tersebut.

‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya’ [QS al-An’am: 160]. "Satu hari sama dengan 10 hari.” (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: “Hadits ini hasan.” Ibnu Majah juga menilainya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra). (I’ânatut Thâlibîn Juz II)

Selain itu, juga ada dalil dari surat Alquran yang memperkuat keutamaan puasa ayyamul bidh, yakni:

"Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya." (QS al-An’am: 160)

Ada pun niat puasa ayyamul bidh yang bisa dibaca sebelum melaksanakannya berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.