Sukses

Jangan Langsung Sikat Gigi Setelah Makan 3 Makanan dan Minuman Ini

Jika Anda mengonsumsi 3 makanan dan minuman berikut ini, sebaiknya Anda tunggu sekitar 15-30 menit untuk menyikat gigi.

Liputan6.com, Jakarta - Sikat gigi setelah makan menjadi hal yang penting karena sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang nantinya akan menyebabkan plak dan masalah kesehatan gigi lainnya.

Sikat gigi setelah makan juga dapat membantu menghilangkan asam yang dihasilkan oleh bakteri dari sisa makanan, yang dapat merusak enamel gigi. Namun, paa ahli mengatakan bahwa dalam beberapa kasus justru sebaliknya, jika Anda makan makanan yang merusak enamel gigi Anda, Anda harus menunda menyikat gigi.

Derek Chung, seorang dokter gigi yang berbasis di Toronto dan seorang pendiri Paste Dental, berbagi dalam video TikToknya baru-baru ini dan mengatakan bahwa ada tiga makanan dan minuman tertentu yang membutuhkan waktu tunggu 15-20 menit sebelum Anda menyikat gigi.

Proses tunggu tersebut memberikan kesempatan untuk air liur dan mineral alami dalam mulut untuk menetralkan asam yang dihasilkan oleh makanan, hal ini dapat membuat gigi tetap sehat dan kuat.

Ada beberapa makanan dan minuman yang membuat gigi Anda menjadi lebih lembut setelah dikonsumsi seperti jeruk dan minuman bersoda. Jika Anda sikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman tersebut dapat merusak enamel yang sedang "rapuh" akibat asam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menunggu sekitar 15-20 menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman berasam sebelum sikat gigi.

Jika Anda mengonsumsi 3 makanan dan minuman berikut ini, sebaiknya Anda tunggu sekitar 15-30 menit untuk menyikat gigi. Dilansir dari Bestlife pada Kamis (9/11/2023), berikut 3 makanan dan minuman tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sarapan Pagi

Dalam unggahannya di TikTok baru-baru ini, Chung mengatakan bahwa ada satu pertanyaan yang sering ditanyakan kepadanya setiap hari sebagai dokter gigi. Pasien ingin tahu apakah mereka harus menyikat gigi sebelum atau sesudah sarapan.

"Hal ini adalah perdebatan kuno. Sejujurnya, tidak masalah untuk menyikat gigi sebelum sarapan, tapi jangan langsung menyikat gigi setelah sarapan. Hal tersebut akan membuat gigi lebih tipis dan membuat mulut Anda menjadi lebih asam," ujar Chung, memperingatkan.

Sebaliknya, Chung mengatakan bahwa Anda harus menunggu selama 15-20 menit setelah makan, lalu menyikat gigi. Sambil menunggu, Anda bisa minum air putih atau berkumur dengan obat kumur.

3 dari 4 halaman

2. Anggur Putih

Tidak direkomendasikan untuk langsung menyikat gigi setelah minum segelas anggur putih, kata Chung. Selain rasa asam yang ditinggalkan di mulut, Chung memperingatkan bahwa keasaman minuman tersebut dapat merusak enamel gigi Anda.

"Banyak orang tidak mempercayai hal ini, tapi anggur putih bisa sama buruknya dengan anggur merah untuk gigi Anda. Jadi, jika Anda minum segelas anggur putih, jangan langsung menyikat gigi setelahnya karena keasamannya. Sekali lagi, enamel gigi Anda lebih lembut, jadi Anda akan mengikis enamel gigi Anda." ujar Chung, seorang dokter gigi di Toronto.

4 dari 4 halaman

3. Kimchi

Makanan yang difermentasi juga dapat membuat gigi Anda rentan terhadap kerusakan, kata Chung. Secara khusus, ia menyarankan agar tidak langsung menyikat gigi setelah makan kimchi.

"Kimchi sangat asam seperti acar Asia. Jika Anda makan banyak kimchi, enamel gigi Anda akan menjadi lebih lembut. Jangan langsung menyikat gigi setelahnya atau Anda akan mengikis enamel gigi Anda." jelas Chung.

Meskipun dokter gigi hanya menyebut tiga makanan ini secara khusus, Chung mencatat bahwa ada "pola" yang akan membantu Anda menentukan apakah Anda harus segera menyikat gigi atau tidak. Setiap kali Anda makan sesuatu yang sangat asam, Anda harus berhenti sejenak sebelum menyikat gigi, katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.