Sukses

Jangan Sampai Terkecoh, Ini 6 Tanda Seseorang Iri kepada Anda

Teman yang cemburu atau iri bisa dengan mudah menjatuhkanmu. Itu mengapa penting bagi kalian untuk mengetahui seperti apa perilaku orang yang iri atau cemburu kepada Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua orang bisa turut senang atau bahagia jika melihat orang lain sukses. Kecemburuan yang tidak diperhatikan atau diabaikan dapat berkembang menjadi perilaku toxic yang dapat mengubah teman Anda secara drastis hingga Anda mungkin tidak mengenalinya lagi. 

Masalahnya di sini adalah kebanyakan orang menyembunyikan perasaan ini jauh di dalam hati, dan sulit bagi kita untuk mengetahui apakah mereka iri pada kita atau tidak. 

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah teman Anda menyimpan perasaan negatif terhadap Anda. Teman yang cemburu atau iri bisa dengan mudah menjatuhkanmu.

Itu mengapa penting bagi kalian untuk mengetahui seperti apa tanda orang iri atau cemburu kepada Anda. Dilansir dari Brightside, Senin (30/10/2023), berikut ulasannya. 

1. Mereka memuji Anda dengan hinaan

Jika teman Anda iri pada Anda, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk bersikap suportif dengan menyerang Anda dengan pujian. Namun perhatikan apa yang mereka katakan karena mungkin saja itu salah. Perhatikan ekspresi pasif-agresif.

Misalnya, Anda mungkin mendapat pekerjaan baru dan teman Anda memuji Anda dengan mengatakan, “Itu luar biasa, tapi tidak biasa bagi mereka untuk mempekerjakan orang yang kurang pengalaman, tapi selamat.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mereka menertawakan kesalahan Anda

Sekalipun itu adalah kesalahan yang Anda lakukan sejak lama, atau Anda baru saja mengalami kerugian, teman Anda yang iri hati akan menjadi orang pertama yang memberi tahu Anda, “Sudah kubilang.”

Mereka mungkin akan merasa senang dan puas ketika Anda mengalami kegagalan. Siapa pun yang menikmati kegagalan orang lain bukanlah orang yang ingin Anda pertahankan.

3. Mereka membuat alasan untuk menjauh dari Anda

Perhatikan apakah teman Anda mencoba menarik diri. Jika mereka iri, mereka mungkin akan menolak kesuksesan Anda. Mereka mungkin mulai mengatakan bahwa mereka "sibuk" sepanjang waktu atau mencari alasan lain untuk tidak menemui Anda.

Selain itu, Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka meluangkan waktu untuk bersama orang lain di lingkaran sosial Anda.

3 dari 4 halaman

4. Mereka bergosip tentang Anda

Terkadang, bahkan teman Anda tidak menyadari bahwa mereka iri kepada Anda. Kemungkinan besar akan dimulai dengan perasaan “tidak suka,” terutama jika Anda mencapai sesuatu yang selalu mereka inginkan untuk diri mereka sendiri.

Jadi, Anda mungkin mulai mendengar dari orang lain bahwa “teman” Anda menyebarkan kabar buruk tentang Anda. 

Mereka senang merendahkan Anda di depan orang lain sehingga mereka terlihat lebih baik dari Anda. Jika Anda memutuskan untuk menanyakan hal ini kepada teman Anda, dia mungkin punya alasan, seperti mengatakan Anda menjadi "berbeda" atau "sombong."

5. Mereka memberitahu bahwa Anda hanya beruntung

Dapat dimengerti jika kita mengatakan, “Oh, kamu beruntung,” dalam konteks yang positif (seperti saat kamu memenangkan pertandingan). Namun jika teman Anda mengatakan bahwa Anda beruntung hanya karena Anda dipekerjakan untuk posisi pekerjaan yang mereka tahu Anda telah bekerja keras, itu bukan pertanda baik.

Bisa juga diterapkan pada status hubungan Anda, terutama jika Anda memiliki pasangan yang baik. Ini bukan karena cinta, orang ini hanya iri pada Anda. Kemungkinan besar mereka melakukan ini untuk membuat diri mereka merasa lebih baik.

4 dari 4 halaman

6. Mereka mengurangi pencapaian Anda

Teman yang cemburu kemungkinan besar akan merasa buruk tentang dirinya sendiri sehingga dia akan meremehkan pencapaian Anda. Jika Anda mempunyai kabar baik, mereka mungkin mulai mencari sesuatu yang negatif untuk dikatakan agar Anda merasa tidak pantas mendapatkannya.

Sesuatu seperti, “Jangan merayakannya dulu, kita masih punya beberapa ujian lagi hingga akhir tahun.”

Ada cara lain yang bisa dilakukan oleh teman yang iri sehingga mengurangi pentingnya kesuksesan Anda. Mereka mungkin mengomentari sesuatu sambil menekankan fakta bahwa mereka memiliki lebih dari Anda.

Misalnya, mereka mungkin berkata, “Suatu kali, saya mendapat nilai tertinggi untuk mata pelajaran yang jauh lebih sulit daripada mata pelajaran ini.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.