Sukses

Mengenal 6 Tipe Kepribadian Mulai dari Alpha, Beta, Omega hingga Sigma

Berikut ini deretan tipe kepribadian yang perlu kalian ketahui mulai dari Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta, hingga Sigma.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari Anda tentu pernah mendengar istilah kepribadian alpha, beta, gamma, omega, delta, dan sigma kan? Istilah tersebut merupakan tipe-tipe kepribadian seseorang. 

Apakah Anda tipe orang yang rajin mengikuti kuis kepribadian dan selalu mencatat hasilnya dengan cermat? Rupanya sama seperti tekanan darah yang berubah-ubah sepanjang minggu, kepribadian Anda juga berubah dengan adanya setiap pengalaman baru yang dilalui. 

Namun, jika Anda memastikan untuk mengingat hal itu, tidak dapat disangkal bahwa tes kepribadian bisa sangat berguna, karena tes tersebut memberi kita beberapa wawasan tentang psikologi kita. 

Pegiat kesehatan mental serta penyiar TV & radio, Neev Spencer, telah membuat segalanya menjadi lebih sederhana dengan menguraikan enam tipe kepribadian yang dimiliki seseorang. Setiap orang tentu perlu mengetahui seperti apa keenam kepribadian ini, dilansir dari Stylist, Senin (7/8/2023), berikut ulasannya. 

1. Alpha

“Seorang Alpha adalah seorang pemimpin; dia percaya diri, kuat, dan percaya diri dalam segala hal yang dia lakukan,” kata Spencer.

“Tipe kepribadian ini tidak menahan diri, cenderung mengarahkan kelompok dalam persahabatan dan dengan kuat memimpin tim mereka dalam pekerjaan. Sebenarnya, banyak sekali CEO yang cenderung menjadi Alpha, karena mereka senang berjuang untuk menjadi yang terbaik dan tertantang.”

Spencer juga menyimpulkan, “Dengan kepemimpinan dan kekuatan seperti ini, para Alpha bisa menjadi terlalu banyak bekerja, stres, dan terlepas dari kehidupan pribadi mereka.

“Dengan demikian, jenis Alpha terbaik adalah yang tidak hanya tahu bagaimana menjadi orang terbaik yang mereka bisa, tetapi juga memahami bahwa keseimbangan dalam hidup selalu dibutuhkan untuk benar-benar berhasil.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Beta

“Seorang Beta ramah, suka membantu, selalu berusaha menghindari konflik dan ingin menyesuaikan diri, dan dia baik pada intinya,” jelas Spencer.

“Dia didorong oleh kebutuhan untuk membantu orang-orang di sekitarnya, setia, dan selalu mengutamakan teman-temannya tetapi pada saat yang sama lebih terbuka untuk disakiti,” tambahnya.

Dia melanjutkan, “Beta ingin menyesuaikan diri dan mencari penerimaan dari orang lain. Memang, dunia terkadang tampak seperti tempat yang keras bagi seorang Beta, jadi penting baginya untuk mengetahui bahwa bersikap baik dan tidak reaktif serta tidak meledak-ledak bisa menjadi kekuatan besar dalam hidup. Melindungi hatinya dan mengetahui nilainya jauh di lubuk hati adalah latihan yang ampuh, seperti halnya menemukan kekuatan dalam pengetahuan yang lebih dari yang dia ketahui.”

3 dari 6 halaman

3. Gamma

“Seseorang yang memiliki kepribadian Gamma terdorong, sangat terorganisir, percaya diri, dan mandiri,” kata Spencer. “Dia tahu nilainya dan unggul dalam hidup dengan bangga atas tindakannya, serta dengan tetap setia pada dirinya sendiri dan kebutuhannya untuk berhasil. Lebih penting lagi, dia tidak bergantung pada orang lain (atau pekerjaan) untuk melakukan itu untuknya.”

“Gamma berada di dunianya sendiri,  dunia yang berputar di sekitar dirinya sendiri, dan itu bisa sulit bagi siapa saja yang ingin masuk dan tetap menjadi bagian dari dunia itu. Dengan demikian, seorang Gamma perlu menghargai bahwa, untuk tetap setia pada diri sendiri dan tujuan kita, kita perlu terbuka terhadap orang-orang dan lingkungan di sekitar kita serta semua kekacauan yang mungkin terjadi,” lanjutnya.

4 dari 6 halaman

4. Omega

Omega dikatakan sebagai pribadi yang cerdas, romantis, terkadang sedikit tertutup, dan terlalu sensitif. Mereka juga selalu merasa paling nyaman dengan diri mereka sendiri. 

“Biasanya mereka adalah tipe kutu buku atau jiwa rajin belajar, Omega sangat romantis, bersemangat, dan cenderung menyendiri,” tambah Spencer. 

Menurut Spencer, hal ini kadang-kadang dapat berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk mendapatkan teman baru, bertemu pasangan, dan atau menempatkan diri mereka di sana dalam kehidupannya.

“Omega dikenal sering memendam perasaannya, tidak mampu mengekspresikan diri dengan bebas dan karena itu sering merasakan efek tekanan yang terpendam. Mereka menggunakan film dan cerita sebagai pelarian mereka tetapi merindukan hubungan satu-ke-satu yang mendalam,” ujar Spencer.

“Seorang Omega akan melakukan yang terbaik untuk meletakkan buku itu dan pergi ke dunia dengan berani dan dengan berani mengedepankan apa yang ditawarkan kehidupan. Bergabung dengan olahraga tim akan menguntungkan tipe solo ini dan membantu mereka merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar.”

5 dari 6 halaman

5. Delta

Menurut Spencer, orang dengan kepribadian Delta adalah komunikator yang hebat, meskipun sadar diri dan terkadang pemalu.

“Delta memiliki semua atribut seorang Alpha, tetapi cenderung menyimpan dirinya dan harapan serta impiannya untuk dirinya sendiri, menghindar dari keinginan untuk mempertaruhkan hatinya karena takut akan hancur. Dan, karena dia terbakar oleh pengalaman masa lalu, seorang Delta biasanya sangat realistis, sering kali membantu orang lain di sekitar mereka untuk tetap berpegang pada cara atau jalur yang lebih logis,” ujar Spencer.

Spencer menambahkan, Delta memiliki cara yang unik dan empatik untuk berkomunikasi dengan orang-orang dan, meskipun mereka mungkin tidak selalu mengungkapkan masa lalu mereka sendiri untuk didengar semua orang, mereka meluangkan waktu untuk berhubungan dengan orang-orang dan membantu mereka dalam kehidupan. Memang, seorang Delta selalu ingin berkembang dan belajar dari pengalaman masa lalunya.

"Namun, Delta seharusnya tidak terlalu fokus pada apa yang telah dilakukan kehidupan terhadap mereka dan lebih pada apa yang dapat dilakukan kehidupan untuk mereka."

6 dari 6 halaman

6. Sigma

Sementara itu, Sigma adalah pribadi yang mengintimidasi, setia, emosional, dan sangat sulit dipahami. Sigma juga dikatakan sangat mirip dengan Alpha. Sigma juga dikatakan menarik dan kuat. Mereka bisa dengan mudah menarik perhatian tetapi juga dengan senang hati mundur ketika kebutuhan cocok untuk mereka. 

“Sigma dikhususkan untuk hubungan dalam hidup yang mereka hargai dan sangat setia, dan misteri mereka berasal dari rasa percaya bawaan mereka pada diri mereka sendiri. Terlepas dari kepercayaan diri ini, Sigmas memiliki kemampuan untuk menjadi rentan,” tutup Spencer. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.