Sukses

Makan Pisang Sebelum Tidur Bikin Mimpi Buruk dan Insomnia, Ini Kata Ahli

Ternyata makan pisang sebelum tidur mendatangkan konsekuensi buruk terhadap kualitas tidur Anda

Liputan6.com, Jakarta - Jika akhir-akhir ini Anda bergumul dengan mimpi buruk, Anda mungkin harus mengurangi camilan larut malam. Sudah menjadi rahasia umum ada makanan tertentu yang tidak boleh Anda makan tepat sebelum tidur.

Tapi apakah Anda tahu pisang mungkin mengganggu tidur Anda? Nah, ternyata camilan sehat ini juga bisa menjadi penyebab mimpi buruk Anda.

Mengonfirmasi Anda mungkin tidak ingin makan buah larut malam, para ahli di sleepjunkie.com menjelaskan: "Pisang adalah makanan super yang dapat dinikmati hampir setiap saat sepanjang hari. Namun, memakannya terlalu dekat dengan waktu tidur dapat berkontribusi pada tidur malam yang gelisah dan merangsang mimpi atau mimpi buruk yang nyata."

Menurut ahli tidur, peningkatan melatoninlah yang harus disalahkan.

"Karena kadar magnesiumnya yang tinggi yang mengendurkan otot dan menenangkan tubuh, banyak orang bisa mendapatkan keuntungan dari efek menenangkannya saat larut malam. Namun, pisang juga menghasilkan melatonin dalam jumlah tinggi dan terlalu banyak melatonin dapat memiliki efek sebaliknya. tujuan yang diinginkan."

Jadi para profesional tidak mengatakan untuk melupakan pisang, tetapi pikirkan kapan waktu terbaik untuk menikmati buahnya. Mereka mengklaim: "Meskipun mereka memberi kita 26% dari nilai melatonin harian yang direkomendasikan, mengalami level ini sebelum tidur dapat membuat Anda lebih sulit untuk tidur."

"Ini karena ritme sirkadian Anda akan terganggu dan mengaktifkan imajinasi Anda."

Jadi ada baiknya memoles pengetahuan pisang Anda. Lagi pula, tidak ada yang mau kehilangan waktu tidur.

"Waktu melatonin adalah kunci untuk membantu tidur. Idealnya, jika Anda menikmati camilan larut malam sebelum tidur, usahakan untuk meninggalkannya satu atau dua jam sebelum mencoba tidur," menurut para ahli di sleepjunkie.com

Namun, Anda mungkin menemukan pisang benar-benar membantu Anda tertidur, karena beberapa ahli menyukai camilan.

"Buah-buahan seperti kiwi dan pisang adalah pilihan yang bagus jika Anda merasa lapar menjelang tidur," kata Fergus Smithers, Kepala Makanan di layanan berlangganan kotak resep nabati Grubby.

Dia menyarankan: "Kiwi sarat dengan serotonin, neurotransmitter yang mengatur siklus tidur-bangun Anda, secara alami membantu Anda tidur lebih nyenyak."

"Demikian pula, buah penting lainnya adalah pisang yang mengandung magnesium, potasium, dan triptofan, yang membantu relaksasi otot dan mendorong tidur. Pisang juga sangat tinggi serat, membuat Anda merasa kenyang dan puas sebelum tertidur."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Cara Menggunakan Cuka Sari Apel untuk Atasi Masalah Ketombe

Semua orang tentu ingin memiliki rambut yang sehat. Namun sayangnya tak sedikit yang kerap mengalami masalah pada rambut. Ketombe menjadi salah satu masalah pada rambut dan kulit kepala yang dialami banyak orang. 

Ketombe pada rambut bisa mengganggu seseorang dalam beraktivitas karena terkadang terasa gatal. Tak hanya itu ketombe juga mengganggu penampilan Anda. Ketombe membuat kulit kepala Anda terasa lebih gatal dari biasanya, dan menggaruk terkadang terasa seperti jalan keluar. Ketombe juga dapat memicu iritasi lain pada kulit kepala Anda.

Penyebab ketombe perlu dikenali agar kamu bisa menanganinya dengan tepat. Kamu bisa menggunakan sampo anti ketombe dan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Namun, sebelum itu sebaiknya kamu memilih bahan yang cocok untuk rambut dan kulit kepalamu. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/5/2021) tentang penyebab ketombe.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

5 Alasan Mengapa Orang Cerdas Kerap Memiliki Rumah yang Berantakan

Orang cerdas sering dianggap memiliki semuanya. Lagi pula, mereka benar-benar pintar jadi, mereka pasti tahu cara mengatur hidup. Sebaliknya, mereka justru cenderung hidup di ruang yang berantakan dan berkembang dalam kekacauan. Menariknya, itu tidak ada hubungannya dengan keterampilan organisasi mereka tetapi lebih berkaitan dengan daftar prioritas mereka dan bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka. Dilansir dari Mystical Raven, berikut deretan alasan mengapa orang cerdas rumahnya kerap berantakan: 

1. Orang Cerdas Memiliki Prioritas yang Berbeda

Orang cerdas sering bekerja keras. Mereka berangkat untuk memecahkan masalah dunia atau menemukan hal-hal baru tentangnya. Akibatnya, mereka benar-benar menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membersihkan rumah atau merapikan barang-barang mereka sendiri. Hal ini mungkin karena perhatian untuk mempertahankan organisasi kurang mendesak daripada mencapai prestasi profesional.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Anda Terus Melajang

Tak sedikit orang yang berpikir bahwa memiliki pasangan adalah hal yang penting dalam hidup. Mereka pun telah memiliki seseorang yang dapat berbagi segala hal satu sama lain. 

Sementara itu mungkin tak sedikit pula orang yang masih berusaha mencari cinta. Sayangnya tak banyak menyadari mungkin saja ada beberapa kebiasaan yang mereka lakukan yang membuat mereka tetap melajang hingga kini. Nah, dilansir dari psych2go, berikut ini 6 kebiasaan yang mungkin membuat Anda tetap melajang dan harus segera Anda hentikan.

 Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.