Sukses

6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Anda Terus Melajang

Berikut ini 6 kebiasaan yang mungkin membuat Anda tetap melajang dan harus segera Anda hentikan.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang berpikir bahwa memiliki pasangan adalah hal yang penting dalam hidup. Mereka pun telah memiliki seseorang yang dapat berbagi segala hal satu sama lain. 

Sementara itu mungkin tak sedikit pula orang yang masih berusaha mencari cinta. Sayangnya tak banyak menyadari mungkin saja ada beberapa kebiasaan yang mereka lakukan yang membuat mereka tetap melajang hingga kini. Nah, dilansir dari psych2go, berikut ini 6 kebiasaan yang mungkin membuat Anda tetap melajang dan harus segera Anda hentikan.

1. Anda pikir Anda tidak cukup baik

Apakah Anda sudah lama mencari pasangan romantis tanpa hasil? Ini mungkin benar-benar memengaruhi harga diri Anda dan membuat Anda berpikir bahwa Anda tidak cukup baik untuk orang lain. 

Kurangnya kepercayaan diri dapat berdampak sangat negatif pada kesan yang Anda berikan kepada calon pasangan. Lagi pula, kebiasaan Anda untuk berpikir bahwa Anda tidak cukup baik itu menular, dan orang lain akan mulai berpikiran sama dengan Anda.

Cobalah untuk melatih kepercayaan diri Anda dan pancarkan itu sebanyak yang Anda bisa. Anda tidak perlu menjadi yang terpintar, terlucu, atau terseksi, yang terpenting adalah Anda yakin dengan siapa diri Anda dan apa yang Anda tawarkan sebagai pribadi. Dan tentu saja, percaya diri dengan kejujuran sebanyak mungkin. Ini tidak hanya akan membantu Anda meningkatkan peluang menemukan pasangan, tetapi juga memastikan bahwa Anda akan menemukan seseorang yang benar-benar menyukai Anda apa adanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Anda berpikir Anda belum siap

Apakah berada dalam hubungan romantis sangat mengintimidasi Anda? Adalah normal untuk merasa takut ketika Anda baru saja memasuki hubungan romantis yang baru. Lagi pula, memulai hubungan baru melibatkan banyak perubahan dalam gaya hidup Anda, dan perubahan bisa jadi menakutkan. 

Tetapi jika itu membuat Anda sangat takut sehingga Anda merasa belum siap, kemungkinan besar Anda akan melajang sampai Anda mengatasi rintangan itu. Dengan terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda belum siap, Anda hanya mengotak-atik pikiran dan menghalangi diri sendiri. 

Apakah Anda sedang mencari cinta pertama Anda, atau memulai yang baru setelah putus cinta, jika Anda ingin memulai hubungan romantis yang baru dan bahagia, Anda perlu memastikan bahwa Anda siap dan mengubah pola pikir Anda.

3 dari 6 halaman

3. Anda tidak memiliki inisiatif mengajak orang lain berkencan

Apakah Anda sering berpikir, "Saya harap seseorang mengajak saya berkencan"? Jika ya, kebiasaan ini mungkin menjadi alasan mengapa Anda masih lajang. Gagal mengambil inisiatif akan mengurangi peluang Anda untuk menemukan seseorang yang cocok untuk menjadi pasangan romantis Anda. Duduk-duduk sepanjang hari menunggu seseorang datang dan mengajak Anda kencan mungkin tidak membawa Anda kemana-mana. 

Jadi, inilah saatnya untuk menempatkan diri Anda di luar sana agar orang lain memperhatikan dan tertarik pada Anda. Mungkin terasa tidak nyaman pada awalnya, karena Anda meninggalkan zona nyaman, tetapi cobalah untuk bertemu lebih banyak orang dan berpartisipasi lebih banyak dalam acara sosial. Jika ada seseorang yang Anda minati, berusahalah untuk mengenal mereka lebih baik dan ajak mereka berkencan.

4 dari 6 halaman

4. Anda mungkin terlalu pemilih

Seberapa banyak Anda fokus pada kesalahan dalam segala hal? Jika Anda terus-menerus menemukan kesalahan pada semua orang dan segalanya, ini bisa menjadi kebiasaan yang membuat Anda tetap melajang. Menjadi orang yang sangat pemilih dapat, dan akan, membuat banyak orang menjauh, termasuk calon pasangan romantis.

Lagi pula, siapa yang suka berada di sekitar seseorang yang terus-menerus mengkritik sesuatu dan hanya berfokus pada hal-hal negatif? Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada orang yang cukup baik untuk memuaskan Anda dan tetap melajang sampai Anda berhenti berfokus pada setiap kesalahan dan memberi orang kesempatan untuk menunjukkan sisi positifnya kepada Anda.

5 dari 6 halaman

5. Anda terlalu memandang fisik

Pernahkah Anda menonton film romantis dan berpikir: "Seperti itulah cinta yang akan saya miliki"? Memiliki tipe cinta yang ideal tidak apa-apa, tetapi menutup diri hanya karena cinta yang Anda miliki dengan mereka tidak persis seperti yang Anda bayangkan, membuat Anda tetap melajang.

Cobalah untuk tetap berpikiran terbuka saat bertemu atau berkencan dengan orang. Ini pasti akan meningkatkan jumlah calon pasangan romantis, dan siapa tahu? Mungkin Anda akan mengalami cinta yang bahkan melampaui "cinta sejati" ideal Anda.

6 dari 6 halaman

6. Anda tidak bahagia dengan diri sendiri

Seberapa bahagia Anda dengan diri sendiri dan apa yang telah Anda capai? Ini adalah pertanyaan yang banyak orang tanyakan pada diri mereka sendiri untuk mendapatkan arah dalam hidup mereka. Jika Anda tidak bahagia dengan diri sendiri, perasaan ini akan menyebar ke setiap aspek kehidupan Anda, termasuk kehidupan cinta Anda. 

Orang-orang yang dekat dengan Anda, serta mereka yang berusaha untuk lebih dekat, akan melihat ketidakbahagiaan Anda dalam segala hal yang Anda lakukan. Kebiasaan ini dapat dengan mudah membuat orang menjauh, menjelaskan mengapa Anda masih lajang. Anda perlu menyadari bahwa tidak ada orang yang sempurna dan belajar bagaimana menerima kekurangan dan masalah Anda. Hanya dengan begitu Anda akan dapat mencintai diri sendiri terlebih dahulu, dan kemudian mencintai orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.