Sukses

3 Cara Menggunakan Cuka Sari Apel untuk Atasi Masalah Ketombe

Cuka sari apel dianggap sebagai sampo dan kondisioner rambut ekonomis yang menghilangkan ketombe. Berikut ini cara menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi ketombe yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentu ingin memiliki rambut yang sehat. Namun sayangnya tak sedikit yang kerap mengalami masalah pada rambut. Ketombe menjadi salah satu masalah pada rambut dan kulit kepala yang dialami banyak orang. 

Ketombe pada rambut bisa mengganggu seseorang dalam beraktivitas karena terkadang terasa gatal. Tak hanya itu ketombe juga mengganggu penampilan Anda. Ketombe membuat kulit kepala Anda terasa lebih gatal dari biasanya, dan menggaruk terkadang terasa seperti jalan keluar. Ketombe juga dapat memicu iritasi lain pada kulit kepala Anda.

Menemukan penyebab ketombe yang mendasari mungkin berguna untuk mencegah serta menyembuhkannya tepat waktu. Memang banyak produk rambut yang digadang-gadang dapat menghilangkan ketombe. Tapi tentunya produk tersebut tak lepas dari bahan kimia. 

Namun jangan khawatir, pasalnya ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketombe. Menggunakan cuka sari apel untuk ketombe telah terbukti efektif. 

Cuka sari apel dianggap sebagai sampo dan kondisioner rambut ekonomis yang menghilangkan ketombe. Ini juga dapat menghilangkan residu yang tersisa dari produk perawatan rambut lainnya di kulit kepala dan batang rambut. Berikut ini cara menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi ketombe yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dilansir dari Pinkvilla:

1. Campuran cuka sari apel dengan air

Bahan-bahan: 

  • 2 sendok makan cuka sari apel 
  • 2 sendok makan air 
  • 5-6 tetes minyak tea tree oil (opsional) 

Langkah-langkah: 

Ambil 2 sendok makan cuka sari apel. Tambahkan ini ke 2 sendok makan air dan aduk rata. Tuangkan 5-6 tetes minyak tea tree oil dan aduk kembali dengan benar. Oleskan pada kulit kepala Anda dan pijat selama 5-10 menit. Biarkan rambut selama 10-15 menit. Cuci bersih dengan sampo bebas bahan kimia. 

Frekuensi Penggunaan: Anda bisa mengulanginya dua kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cuka sari apel dan minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai “emas cair” dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi pada kulit dan rambut. 

Bahan-bahan: 

  • 1 sendok makan cuka sari apel 
  • 1 sendok makan minyak zaitun 

Langkah-langkah: 

Ambil 1 sendok makan cuka sari apel dan tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun ke dalamnya. Aduk rata dan oleskan pada kulit kepala secara merata. Pijat dengan ujung jari Anda selama 5-6 menit. Cuci bersih setelah setengah jam dengan sampo ringan. 

Frekuensi Penggunaan: Anda dapat melakukan ini seminggu sekali.

3 dari 4 halaman

3. Cuka sari apel dan yogurt

Yogurt diperkaya dengan protein dan memberikan nutrisi pada rambut sekaligus mengembalikan kilaunya.

Bahan-bahan:

1 sendok teh cuka sari apel

2 sendok makan yogurt

Langkah-langkah:

Tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel ke 2 sendok makan yogurt. Aduk rata dan oleskan secara merata pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit. Cuci bersih dengan sampo bebas sulfat.

Frekuensi Penggunaan: Anda dapat melakukan ini seminggu sekali.

4 dari 4 halaman

10 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya yang Tepat, Jangan Anggap Sepele

Penyebab ketombe mungkin perlu diketahui oleh orang-orang yang mengalaminya. Bagaimana tidak, masalah pada rambut dan kulit kepala satu ini sangat menyebalkan. Ketombe atau Pityriasis simplex capillitti merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas.

Ketombe membuat kamu merasakan gatal-gatal di kulit kepala dan terkadang diikuti dengan rambut rontok parah. Selain itu, berketombe bagi sebagian orang tentu membuat tidak percaya diri. Hal ini karena seperti ada 'salju' yang terus menerus turun dan mengotori baju.

Penyebab ketombe perlu dikenali agar kamu bisa menanganinya dengan tepat. Kamu bisa menggunakan sampo anti ketombe dan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Namun, sebelum itu sebaiknya kamu memilih bahan yang cocok untuk rambut dan kulit kepalamu. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/5/2021) tentang penyebab ketombe.
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.