Sukses

5 Negara yang Juga Melakukan Tradisi Mudik Selain Indonesia

Nyatanya tradisi mudik tak cuma dilakukan oleh masyarakat di Indonesia loh. Ada pula negara-negara lain yang juga menjalankan tradisi ini menjelang Lebaran. Lantas negara apa saja yang ikut lakukan tradisi mudik?

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh umat muslim di berbagai negara sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ya, setelah satu bulan lamanya berpuasa di bulan Ramadhan, umat muslim akhirnya merayakan Hari Kemenangan. Lebaran Idul Fitri menjadi momen yang dinantikan banyak umat muslim. Pasalnya, momen tersebut dimanfaatkan untuk berkumpul bersama orangtua dan sanak saudara. 

Sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan telah berangkat kembali ke kampung halaman masing-masing atau yang kerap dikenal dengan istilah mudik. Nyatanya tradisi mudik tak cuma dilakukan oleh masyarakat di Indonesia loh.

Ada pula negara-negara lain yang juga menjalankan tradisi ini menjelang lebaran. Lantas negara apa saja yang ikut lakukan tradisi mudik? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber:

  1. Malaysia

Tradisi mudik yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia nampaknya tak berbeda jauh dengan Malaysia. Tradisi mudik di Malaysia lebih dikenal dengan istilah "balik kampung" dan dilakukan oleh mereka yang bekerja di tanah rantau. Saat musim mudik ini berbagai transportasi umum juga bakal dipadati oleh para pemudik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Turki

Turki merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Oleh karena itu, sama halnya dengan Indonesia mudik juga jadi tradisi yang wajib dilakukan menjelang lebaran.

Para perantau di sana akan pulang ke kampung halaman kembali ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi publik. Tak hanya itu, mereka juga akan membeli baju baru untuk lebaran dan akan bersilaturahmi ke tetangga saat Hari Raya.

3 dari 5 halaman

3. Pakistan

Sama dengan Indonesia, sebelum lebaran masyarakat muslim di Pakistan akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman mereka dan memadati jalan raya. Hal ini tentu menyebabkan kemacetan hingga aparat kepolisian harus mengatur lalu lintas di beberapa arus mudik di sana. Hal ini sangat mudik seperti di Indonesia ya.

4 dari 5 halaman

4. India

India merupakan salah satu negara dengan muslim terbanyak di dunia selain Indonesia. Tak heran tradisi pulang kampung atau mudik banyak dilakukan para perantau menjelang Lebaran.

Namun tak hanya lebaran, para perantau yang bekerja atau belajar jauh dari tempat tinggal mereka atau di tanah rantau juga akan pulang ke kampung halaman saat menyambut perayaan Diwali.

5 dari 5 halaman

5.Bangladesh

Negara yang berbatasan dengan Pakistan ini juga punya tradisi mudik. Ketika Hari Raya Idul Fitri akan tiba, jalanan akan dipenuhi oleh pemudik. Transportasi umum mulai dari darat, laut hingga udara juga dipadati oleh pemudik yang akan kembali ke kampung halaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.