Sukses

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga memiliki beberapa khasiat yang baik untuk tubuh, lho! Yuk kenali manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda suka mengongsumsi bawang putih? Pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini, karena hampir semua bumbu masakan menggunakan bawang putih sebagai bumbu utama.

Bukan menjadi rahasia umum jika bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya jika mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Bawang putih dikenal dapat menangkal beberapa masalah kesehatan mulai dari batuk, flu, radang, kolestrol, kanker, peradangan, infeksi, dan lainnya.

Mengonsumsi bawang putih menjadi salah satu alternatif alami yang dapat dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat bawah putih bagi kesehatan tubuh, seperti melansir dari PinkVilla, Senin (20/02/2023).

1. Meningkatkan Memori

Bawang putih mengadung neuroaktid yang berfungsi untuk merangsang jaringan saraf. Selain itu, kandungan karbohidrat pada bawang putih dapat melindungi sel-sel otak dari efek penuaan dan penyakit. Jadi, dapat dikatakan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih dapat menjaga kesehatan sel-sel otak.

2. Kesehatan Usus

Bawang putih mengandung prebiotik dalam mikrobioma usus yang dapat membantu produksi bakteri usus baik.

Hal ini karena bawang putih mengandung insulin yang tinggi yang berfungsi untuk memberi makan bakteri baik dalam pencernaan yang membuat usus dapat berfungsi dengan baik.

Bawang putih dapat membantu proses pertumbuhan bakteri baik di usus dan mencegah pertumbuhan bakteri pemicu penyakit pada saat yang bersamaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Meningkatkan Imunitas

Bawang putih juga dapat disebut sebagai antivirus karena dapat menangkal berbagai macam virus dan terbukti dapat meningkatkan imunitas.

Sebuah penelitian mencatat bahwa bawang putih memiliki aktivitas untuk meningkatkan imun sehingga dapat mencegah influenza A dan B, HIV, pneumoniavirus, dan rhinovirus.

4. Sebagai Antioksidan yang Efektif

Antioksidan merupakan bahan kimia yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bawang putih juga dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan stroke. Semua penyakit tersebut diakibatkan oleh kerusakan oksidatif.

3 dari 3 halaman

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat bawang putih sangat banyak sekali. Anda dapat mengonsumsi bawang putih dengan berbagai cara untuk mengurangi peluang Anda terkena kondisi kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Faktanya, dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin akan menurunkan tekanan darah apabila Anda memiliki tenakan darah yang tinggi.

6. Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Bawang putih dapat membantu penderita diabetes dalam mengelola kadar gula (glukosa) darahnya. Hal ini terjadi akibat pengaruhnya terhadap insulin, hormon pankreas yang memfasilitasi penggunaan glukosa oleh tubuh untuk mendapatkan energi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.