Sukses

Investasi Emas: Kelebihan, Kekurangan, Jenis, dan Cara Investasi yang Tepat!

Liputan6.com, Jakarta Investasi emas merupakan salah satu investasi yang cenderung stabil dan digemari oleh banyak orang. Biasanya, investasi emas ini menjadi alternatif untuk mereka yang menyiapkan sarana investasi jangka panjang. Pasalnya, pertumbuhan dari investasi satu ini kerap mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Banyak orang menggemari investasi emas dikarenakan beberapa alasan, di antaranya emas merupakan global currency dan nilainya diakui secara universal, sifatnya pun zero inflation, dan kenaikan harga emas pun cenderung berbanding lurus dengan laju inflasi.

Kini, emas dianggap sebagai komoditas yang aman untuk berinvestasi, baik untuk pemula atau mereka yang expert. Apalagi, jika dalam kondisi suku bunga yang rendah dan harga sama yang cenderung turun, investasi emas kian menjadi pilihan.

Hal itu bisa terlihat kala pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Pada situasi seperti itu, harga saham cenderung turun yang disebabkan oleh panic selling dan juga harga minyak dunia yang anjlok.

Kondisi tersebut diperparah oleh jutaan karyawan di seluruh dunia terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang menyebabkan banyak orang tidak memiliki pendapatan tetap. Hal itu yang menyebabkan banyak investor saham yang beralih ke investasi emas.

2 dari 4 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Kelebihan Investasi Emas

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang membuat emas dijadikan salah satu alternatif investasi banyak orang, seperti:

Investasi yang Aman

Emas terbilang investasi yang aman karena nilai investasi emas tidak tergerus oleh laju inflasi seperti investasi lainnya. 

Ketika nilai uang atau saham akan tergerus secara perlahan oleh biaya administrasi, pajak bunga, tingkat suku bunga rendah, biaya broker, dan lainnya, emas tidak terpengaruh oleh semua hal itu.

Harga yang Stabil

Harga emas cenderung stabil dan tidak dipengaruhi oleh fluktuasi ekonomi dan politik seperti investasi lainnya.

Mudah Dicairkan

Ketika instrumen investasi keuangan lainnya memerlukan beberapa hari untuk dicairkan karena berbagai faktor, emas berbanding terbalik. Emas mudah dicairkan di mana saja dan kapan saja serta nilainya akan mengikuti fluktuasi pasar internasional. Selain itu, transaksi jual atau belinya cukup fleksibel.

Menguntungkan

Karena harga emas cenderung stabil dan meningkat, investasi satu ini sangat menguntungkan untuk jangka menengah dan panjang. Oleh karena itu, banyak orang yang juga tertarik menanamkan dananya pada emas untuk jangka waktu yang pendek.

Risiko Rendah

Karena tidak ada penyusutan nilai, emas menjadi investasi yang memiliki risiko rendah. Walaupun harganya berfluktuasi, tetapi nilainya akan tetap menguntungkan untuk investor. Salah satu risiko terburuknya adalah ketika Anda memiliki emas dalam bentuk fisik, hal itu bisa berpotensi akan hilang atau dicuri maling.

Diversifikasi Portofolio

Investasi emas dapat membantu mengurangi risiko dengan menyediakan diversifikasi pada portofolio Anda. Pasalnya, emas bisa menjadi langkah mempertahankan kekayaan karena nilai tukarnya akan sama.

Likuiditas Tinggi

Emas memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga Anda mudah untuk menjual dan menukarnya dengan uang tunai saat diperlukan.

Kekurangan Investasi Emas

Selain kelebihan, ada pula kekurangan dari investasi emas yang wajib Anda ketahui dan menyusun rencana preventif agar tidak mengalami kerugian yang besar. 

Selisih Harga Jual dan Beli

Salah satu kekurangan dari investasi satu ini adalah jumlah selisih harga jual dan beli. Walaupun selisih ini merupakan solusi agar Anda tidak terkena beban biaya tambahan dan mendapatkan keuntungan dari buyback murni, namun tetap saja hal itu akan mengurangi keuntungan Anda. 

Sebagai perumpamaan, ketika Anda investasi dalam bentuk emas fisik, selisih harganya akan berada di 11 persen. Sementara di saham, nilai selisihnya tidak sampai 1 persen. Nilai itulah yang harus Anda cermati ketika ingin memulai investasi emas, ya.

Kenaikan Harga Cenderung Lambat

Dikarenakan emas menjadi investasi yang tepat untuk jangka panjang, jangan berharap untuk mendapatkan keuntungan cepat! Pasalnya, harga emas akan mengalami kenaikan ketika kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja.

Ketika kondisi ekonomi stabil, harga emas pun selaras dengan itu. Namun, tren harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun, bahkan bisa di atas inflasi rata-rata lho. Menarik bukan?

Keuntungan Kecil

Investasi ini sangat menguntungkan itu benar, akan tetapi jangan berharap untuk mendapatkan keuntungan yang besar! Ingat, emas cenderung mempertahankan nilai dibanding menambah nilai tersebut, ya!

Tapi, di balik keuntungan yang kecil tersebut, tersemat sesuatu yang lebih besar, yaitu safe haven. Emas mampu menjaga nilainya walau kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Investasi Emas

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi emas, Anda pun perlu mengetahui jenis-jenis investasi satu itu yang tersedia di pasaran. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda dapat memilih bentuk emas yang cocok untuk dijadikan instrumen investasi. 

Emas Batangan

Sejak dahulu, emas batangan merupakan bentuk investasi emas yang banyak dipilih. Hal itu disebabkan karena sifat emas batangan yang tetap dan tidak berubah. Selain itu, emas jenis ini juga menjadi emas yang paling fleksibel atau mudah untuk diperjualbelikan. 

Emas Perhiasan

Emas perhiasan juga kerap dipilih oleh banyak orang untuk berinvestasi. Emas jenis ini tidak murni, karena sudah direparasi sesuai dengan bentuk yang diinginkan, jadi nilainya tidak akan seperti pada emas batangan yang murni. Dengan kata lain, terdapat biaya penyusutan yang mengurangi keuntungan Anda.

Sertifikat Emas

Selain dalam bentuk fisik, terdapat pula dalam bentuk sertifikat. Sertifikat emas merupakan bukti kepemilikan emas yang disimpan di bank atau pihak terpercaya. Jenis yang satu ini tidak membutuhkan biaya penyimpanan, alhasil keuntungan yang ditawarkan dapat menjadi lebih besar.

Reksa Dana Emas

Selain uang, emas juga terdapat dalam bentuk reksa dana. Bentuk investasi emas online ini terbilang unik, karena Anda tidak perlu menyimpan emas fisik namun bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Reksa dana emas dilakukan oleh perusahaan pertambangan emas. Dengan kata lain, Anda tidak direpotkan dengan hal-hal teknis investasi tersebut.

Trading Emas

Jenis investasi emas online lainnya adalah Exchange Traded Fund (ETF) Emas atau yang kerap dikenal dengan trading emas. Jenis ini terbilang mirip dengan reksa dana emas, akan tetapi trading emas dilakukan melalui lantai bursa.

4 dari 4 halaman

Cara Investasi Emas

Bagaimana dengan jenis-jenis investasi emas yang sudah Anda ketahui? Apa yang menjadi pilihan Anda? Jika sudah menetapkan pilihan, ketahui pula terkait bagaimana cara investasi emas seperti di bawah ini, ya!

Tentukan Tujuan Investasi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tujuan investasi. Anda harus memahami apakah hanya ingin mengamankan kekayaan atau memperoleh keuntungan jangka panjang. Kedua hal tersebut akan membantu Anda dalam memutuskan jenis emas yang harus dibeli. 

Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Kondisi finansial juga harus menjadi perhatian jenis emas apa yang Anda akan beli. Jika kondisi finansial masih pas-pasan, Anda dapat berinvestasi secara digital dengan nominal yang kecil. Jangan sampai Anda investasi besar di emas, tetapi tidak memiliki persediaan finansial untuk kebutuhan darurat.

Beli saat Harga Murah

Karena jumlah permintaan dan penawaran, harga emas dapat mengalami fluktuasi. Untuk itu, Anda harus memantau perubahan harga ketika ingin membeli emas. Usahakan beli emas ketika harganya rendah agar memperoleh keuntungan yang besar.

Beli Emas Batangan

Emas fisik adalah bentuk investasi emas paling tradisional dan aman. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, emas batangan sifatnya tetap dan tidak berubah.

Jangan Cepat Dijual

Karena investasi emas adalah jangka panjang, Anda harus membiarkannya berkembang dalam jangka waktu yang lama. Jangan cepat-cepat dijual, karena prinsipnya adalah jangka panjang. 

Simpan di Tempat Aman

Anda juga perlu menyimpan emas yang dimiliki di tempat yang aman dan rahasia. Kini, Anda dapat menyimpan emas di aplikasi investasi emas agar lebih aman atau jika ingin lebih konvensional, Anda dapat menyimpannya di safe deposit box.

Beli di Tempat Terpercaya

Jika Anda ingin investasi emas, pilihlah tempat terpercaya dan terdaftar untuk memastikan bahwa Anda membeli emas asli. Salah duanya yang sering dipilih oleh banyak orang adalah investasi emas Antam dan investasi emas di Pegadaian. Namun, ada penyedia lainnya yang dapat Anda nikmati penawaran menarik dalam investasi emas, ya!

Nah, jika sudah melakukan hal-hal tersebut, Anda tinggal memilih investasi emas apa yang cocok dijalankan. Kini, sudah terdapat beberapa investasi emas online yang bisa Anda rasakan keuntungannya.

Investasi Emas Online

Salah satu alternatif yang kini digemari dalam melakukan investasi emas adalah investasi emas online. Jenis investasi emas ini mekungkinkan Anda untuk melakukan transaksi secara online. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembelian serta penjualan kapan saja dan di mana saja.

Selaras dengan perkembangan teknologi, investasi ini dapat dilakukan melalui aplikasi atau situs daring yang dapat Anda temui. Bahkan, saat ini sudah banyak i aplikasi emas digital yang menyediakan layanan investasi emas online. 

Terdapat beberapa keuntungan ketika Anda melakukan investasi emas online. Dari mudah dan praktis hingga bisa investasi dengan murah. 

Mudah dan Praktis

Mudah dan praktis merupakan salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika investasi emas online. Yup, Anda tidak perlu lagi untuk datang ke toko karena semuanya dapat dilakukan dengan satu aplikasi saja.

Anda hanya perlu mengisi formulir pembukaan buku atau rekening serta melengkapi setiap prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda bisa melakukan proses verifikasi data pendaftaran yang berlangsung secara singkat. 

Terakhir, Anda sudah dapat melakukan transaksi pembelian logam mulia, deh. So, mudah dan praktis, bukan?

Cetak Emas dengan Mudah

Selain itu, Anda juga dapat mencetak emas digital dalam bentuk emas fisik, lho. Dan jika Anda ingin mencetak emas tersebut, bisa langsung mencetaknya dengan biaya yang terjangkau.

Tak hanya itu, terkadang Anda dapat mencetaknya dengan pilihan desain yang menarik. Jadi, ketika ingin memberikan hadiah ulang tahun atau pernikahan, Anda bisa mencetaknya sesuai dengan keinginan. 

Murah

Sekarang bukan saatnya lagi investasi emas harus dari nominal yang besar. Pasalnya, investasi emas online sudah banyak yang menawarkan memulai investasi emas dari nominal yang kecil, mulai dari Rp5 ribu saja!

Ketiga keuntungan investasi emas online dapat Anda dapatkan manfaatnya. Jadi, Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi investasi emas yang tersedia di Play Store atau App Store. Nah, jika jika Anda memilih alternatif lain, bisa melakukan investasi emas antam dan investasi emas di Pegadaian. Selamat mencoba, ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini