Sukses

Daftar Side Hustle Paling Banyak Dicari di Tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu adalah orang yang memiliki pekerjaan utama, namun masih ada waktu luang atau punya main job dengan waktu yang fleksibel, cobalah menjadi side hustler. 

Side hustler adalah orang-orang yang menjalankan kegiatan atau pekerjaan di luar pekerjaan utamanya, demi menghasilkan pendapatan tambahan. Selain itu, menjadi side hustler juga dilakoni lantaran ingin menyalurkan hobi atau passion, serta mengasah kemampuan tertentu. 

Nah tanpa disadari, banyak iklan bermunculan di media sosial tentang bagaimana caranya mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah. Jika kamu tertarik, berikut daftar side hustle yang paling dicari di tahun 2023 seperti dikutip laman Moneyfit.org

2 dari 8 halaman

1. Virtual Assistant (VA)

Ini adalah salah satu side hustle yang paling dicari para pemilik bisnis dan profesional. Jika kamu punya ketekunan dalam hal manajemen waktu, kecakapan berkomunikasi, kemampuan berorganisasi, dan memiliki literasi digital yang baik, cobalah jenis pekerjaan ini. 

Inti tugas dari asisten virtual adalah membuat operasi bisnis klien lebih lancar, mulai dari menyiapkan rapat, menjadwalkan panggilan (menjawab panggilan telepon atas nama klien). Peran lainnya termasuk manajemen media sosial. 

Meski manajemen media sosial dapat menjadi bidang pekerjaan sendiri, namun umumnya tugas tersebut berada di tingkat yang lebih umum dari VA. 

3 dari 8 halaman

2. Manajemen Media Sosial

Dijelaskan sebelumnya kalau pekerjaan ini termasuk dalam kegiatan umum yang dilakukan VA. Namun, jika fokusmu tertarik dengan bidang ini, patut dicoba. Manajemen media sosial adalah side hustle yang dibayar untuk menjalankan beberapa job desk berikut ini: 

  • Mengelola komentar
  • Membuat dan menjadwalkan postingan di jejaring sosial
  • Build awareness terkait produk yang dipasarkan di media sosial
  • Menjaring lebih banyak followers dan user engagement

Jika kamu memahami dasar penggunaan media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, LinkedIn, dan lainnya, posisi manajemen media sosial sangat cocok untukmu. 

4 dari 8 halaman

3. Content Writer

Jika kamu memiliki bakat menulis, jenis pekerjaan ini cocok buatmu. Beberapa situs menerima hasil tulisan terkait review brand. Namun jika kamu memang sudah memiliki blog, nggak ada salahnya menjadi blogger dengan menuliskan deskripsi produk. 

Nah yang kamu butuhkan hanyalah laptop atau komputer serta koneksi internet. Jangan lupa juga untuk mengatur waktu kerja, biar nggak bentrok dengan main job-mu. 

5 dari 8 halaman

4. Copywriter

Banyak yang mengira kalau content writer dan copywriter adalah dua jenis pekerjaan yang sama. Padahal ada bedanya loh! Jika penulis konten membuat artikel, blog, dan informasi tertulis lainnya, copywriter justru lebih fokus pada penulisan yang berkaitan dengan penjualan. 

Output dari penulisannya tentu meyakinkan seseorang untuk membeli sebuah produk. Cara terbaik untuk memelajari jenis pekerjaan ini melalui latihan terus menerus. 

6 dari 8 halaman

5. Mengajar Bahasa Inggris Online

Side hustle ini juga makin dicari. Buat kamu yang memahami bahasa Inggris, kamu dapat mencobanya. Peluangnya cukup besar karena dapat diterapkan di segala usia, mulai dari pemula hingga tingkat lanjut. Cara belajarnya pun nggak perlu tatap muka. Kamu dapat melakukannya secara online dan dilakukan dengan mengatur jadwal sendiri di setiap sesinya. 

7 dari 8 halaman

6. Pelatih Kebugaran Online

Mungkin kamu kurang tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan atau teknologi, namun kamu unggul dalam urusan olahraga. Yup, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjadi pelatih kebugaran online. Kamu dapat membuat video atau konten di Youtube yang memberikan tips kebugaran. 

Menariknya, YouTube memiliki lebih dari 2,1 miliar pengguna aktif tiap bulan. Sebagian besar dari mereka menghabiskan total 24 jam setiap bulan untuk melihat YouTube. Untuk menambah penghasilan, YouTube akan memberikan USD18 per 1000 tayangan iklan. Kamu hanya perlu membuat konten secara rutin bermodalkan kamera dan perangkat lunak lain untuk pengeditan. Konsisten adalah kunci!

8 dari 8 halaman

7. Web Development and Web Design

Dengan perkembangan internet yang popularitasnya terus merangkak naik, nggak diragukan lagi kalau web development dan web design saat ini menjadi keahlian yang paling dibutuhkan dan dicari tahun ini. 

Jika kamu memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript, ada baiknya mencoba side hustle ini! Kamu dapat menjajal peruntungan untuk agensi atau menjadi freelancer dari sebuah perusahaan. 

Nah, jika kamu memang tertarik dengan kategori ini, pastikan kamu memiliki gadget yang mumpuni, salah satunya adalah laptop. Mengingat peran yang sangat vital di kategori ini, artinya kamu disarankan memiliki laptop dengan performa powerful, seperti kualitas layar, desain laptop, hingga ketersediaan fitur layar sentuh serta dukungan stylus merupakan hal yang patut dipertimbangkan.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan mobilitas agar laptop yang pasti dibawa kemanapun tetap membuatmu nyaman saat berkarya. Yup, kamu dapat memilih laptop dengan desain 2-in-1 convertible yang sangat fleksibel serta memiliki bodi ringkas, ringan, memiliki color gamut 100% DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta mendukung fitur HDR dengan sertifikasi VESA Display HDR 500 True Black.

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini