Sukses

Agar Makin Sehat dan Lincah, Ini 5 Cara Memilih Makanan Kucing yang Tepat

Begini cara memilih makanan kucing yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Anda memiliki kucing di rumah? Jika iya, perawatan ekstra harus dilakukan agar kesehatan kucing tetap terjaga. Salah satu indikator yang memengaruhi kucing menjadi sehat adalah jenis makanan yang diasupnya.

Pasalnya, jika salah memilih makanan dan memberikan pada kucing Anda, ragam permasalahan kesehatan akan muncul. Mulai dari masalah tulang, ginjal, hingga alergi.

Tak hanya itu, memberi makanan yang tidak tepat juga bisa membuat kucing kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi tersebut dapat memengaruhi tumbuh kembang kucing yang Anda pelihara lho. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Jenis Makanan Kucing

Pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis makanan kucing. Terdapat dua jenis makanan kucing yang bisa Anda beli, yaitu kering dan basah.

Untuk makanan kucing yang kering, tekstur yang dihasilkan adalah keras. Makanan jenis ini dapat diberikan sebagai makanan sehari-hari kucing Anda, ya!

Sementara jenis makanan kucing yang basah, tekstur yang dihasilkan lembut. Makanan kucing jenis ini memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga cocok untuk mengatasi dehidrasi pada kucing Anda. 

2. Cermati Nutrisi Makanan Kucing

Kedua, Anda dapat mencermati kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan kucing. Anda harus memastikan bahwa makanan yang dibeli mengandung protein, lemak, asam amino, vitamin dan mineral guna mendukung tumbuh kembang si kucing.

3 dari 3 halaman

3. Hindari Kandungan Cokelat

Anda juga perlu memastikan bahwa makanan kucing yang dibeli tidak terdapat kandungan yang berbahaya. Salah satu kandungan yang harus dihindari adalah cokelat. 

Yup! Pasalnya cokelat mengandung zat theobromine yang sulit dicerna oleh kucing. Jika kucing mengonsumi makanan yang terdapat zat tersebut, risiko gagal ginjal akan besar.

4. Perhatikan Usia Kucing

Anda juga tidak boleh asal memberikan makanan kucing. Salah satu yang harus diperhatikan adalah usia kucing tersebut. Anda harus memilih makanan yang memiliki protein tinggi untuk anak kucing.

Jika usianya semakin bertambah, Anda harus memilih makanan kucing yang tinggi protein, serat, dan garam yang rendah.

5. Bisa Beri Biji-bijian

Terakhir, Anda dapat mengganti makanan kucing dengan jenis biji-bijian. Jenis tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan bisa menjadi sumber energi bagi kucing.

Tapi harus diingat, ini hanya makanan pengganti dan bukan utama, ya! Jangan terlalu sering memberi makanan jenis ini agar kucing Anda terhindar dari obesitas. 

Nah, itu dia lima cara memilih makanan kucing yang bisa Anda terapkan. Pastikan makanan kucing yang Anda beli terjamin kandungan nutrisinya, ya! Untuk itu, kamu bisa membeli makanan kucing di marketplace Selalu Ada Selalu Bisa yang menjamin kecepatan pengiriman dan keaslian barang yang Anda beli!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.