Sukses

Apa Itu Gaslighting dan 5 Tanda Ini Terjadi dalam Hubunganmu

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah menjalin hubungan di mana Anda terus-menerus mendengar pasangan Anda mengatakan hal-hal seperti, "Saya tidak pernah mengatakan itu" atau "Anda terlalu sensitif sekarang", Anda mungkin akrab dengan istilah yang oleh psikolog disebut, gaslighting.

Gaslighting adalah salah satu bentuk manipulasi psikologis di mana pelaku gaslighter akan membuat korbannya merasa bingung dan ragu akan kewarasan dirinya sendiri. Itu bukan sesuatu yang bisa diabaikan dan sayangnya, itu bisa merugikan psikologis korban.

Menurut Psycom.com, "gaslighting terus-menerus dapat menjadi bencana bagi kesehatan mental orang di pihak penerima menyebabkan mereka percaya bahwa mereka pantas mendapatkan pelecehan. Dampaknya dapat bertahan lama setelah gaslighter keluar dari kehidupan korban dan sangat sering menyebabkan untuk keraguan diri seumur hidup dan kesulitan membuat keputusan."

Hubungan yang baik dan aman dibangun di atas kepercayaan, jadi sungguh menakutkan untuk berpikir bahwa pasangan atau teman, berpotensi menyulut Anda tanpa Anda sadari. Untungnya ada tanda-tanda yang bisa Anda cari untuk menentukan apakah ini terjadi pada Anda. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Mereka berbohong kepada Anda

Dibohongi adalah bendera merah bahwa Anda mungkin sedang disulut oleh pasangan Anda — dan kebohongan ini juga tidak harus besar.

"Salah satu tanda kunci bahwa pasangan Anda mungkin gaslighting Anda adalah jika mereka sering berbohong atau menyangkal kebenaran, bahkan ketika berhadapan dengan fakta," kata Alyssa Roberts, penulis senior di Practical Psychology.

"Mereka mungkin juga memutarbalikkan informasi agar sesuai dengan narasi mereka sendiri dan mungkin mencoba membelokkan kesalahan atau tanggung jawab kepada Anda."

Ketika pasangan Anda berbohong kepada Anda terus-menerus, tidak peduli tentang apa, mereka mungkin berusaha menghancurkan Anda sedikit demi sedikit, untuk membuat Anda mempertanyakan segala sesuatu tentang diri Anda, termasuk ingatan dan pikiran Anda sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Mereka menyalahkanmu atas segalanya

Adalah normal bagi pasangan untuk bertengkar dan menuding satu sama lain dari waktu ke waktu, tetapi itu adalah cerita yang sama sekali berbeda dalam hal gaslighting. Jika pasangan Anda sering menyalahkan Anda atas tindakan atau emosinya sendiri, sayangnya itu pertanda Anda sedang dimanipulasi.

"Gaslighter sering mengalihkan tanggung jawab atas perilaku buruk mereka kepada korbannya," kata Kalley Hartman, LMFT di Ocean Recovery.

"Misalnya, mereka mungkin mengatakan hal-hal seperti, 'Ini salahmu aku harus melakukan ini,' atau 'Kalau saja kamu berbeda,' maka ini tidak akan terjadi."

Dalam sebagian besar hubungan yang sehat, tidak ada satu orang pun yang 100 persen harus disalahkan. Dengan gaslighting, pasangan Anda akan menjadikan Anda masalah di hampir setiap skenario.

 

3 dari 5 halaman

3 Mereka membuatmu mempertanyakan kewarasanmu

Gaslighters senang membuat Anda mempertanyakan pola pikir Anda sendiri. Saat Anda disinari, tujuan pasangan Anda adalah membuat Anda merasa seolah-olah Andalah yang menjadi tidak stabil. Jika Anda mempertanyakan kebenaran dan insting Anda sendiri, itu adalah tanda bahaya lainnya.

"Jika Anda sering bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan Anda, atau apakah Anda yang harus disalahkan setelah berkomunikasi dengan pasangan, ini mungkin menunjukkan bahwa Anda sedang menjadi korban gaslighting," kata Brooke Schwartz, LCSW di Choose Therapy.

Schwartz juga mengatakan untuk berhati-hati terhadap pernyataan yang sangat manipulatif seperti, "Kamu sangat sensitif", "Jangan terlalu sibuk", dan "Kamu terdengar gila".

 

4 dari 5 halaman

4. Mereka menyangkal hal-hal yang mereka katakan kepadamu

Jika pasangan Anda sering membuat Anda merasa seperti menderita kehilangan ingatan, itu mungkin pertanda gaslighting.

"Ketika pasangan Anda terus-menerus mengatakan hal-hal seperti 'Saya tidak pernah mengatakan itu' atau 'Anda pasti salah dengar' di mana Anda mempertanyakan apa yang Anda dengar berulang kali — tanda lain dari gaslighting," kata Dunn.

Dan sementara pernyataan penyangkalan ini mungkin tampak kecil, jika Anda dikendalikan untuk berpikir dengan cara yang berbeda, itu bukanlah sesuatu yang perlu disembunyikan.

 

5 dari 5 halaman

5. Mereka mengisolasi Anda dari jaringan pendukung Anda

Salah satu tanda yang lebih parah dari pasangan yang gaslighting Anda adalah dengan perlahan-lahan mengisolasi Anda dari orang yang Anda cintai dan jaringan pendukung.

Dengan mencabut orang dari hidup Anda satu per satu, pasangan Anda pada gilirannya akan mendapatkan kendali lebih besar atas Anda dan pikiran Anda.

"Gaslighting seringkali melibatkan pengasingan korban dari sistem pendukung mereka, baik itu teman, keluarga, atau profesional," kata Roberts. "Pasangan Anda mungkin mencoba mencegah Anda berbicara dengan orang lain tentang hubungan itu atau mencegah Anda mencari bantuan."

Tanpa dukungan yang tepat dari orang yang dicintai dan anggota keluarga, kecenderungan gaslighting pasangan Anda akan meningkat, dan Anda tidak akan bisa mendapatkan bantuan yang benar-benar Anda butuhkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS