Sukses

5 Tanda Hubungan yang Gagal, Tak Perlu Dipertahankan Lagi

Kenali tanda-tanda ini untuk mengetahui hubungan yang tidak berjalan baik atau bahkan sedang di ujung tanduk.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjalin hubungan asmara, kamu harus siap menghadapi apa pun yang menghampiri kamu dan pasanganmu. Hubungan itu rumit dan tidak ada seorang pun yang ingin merasa seperti mereka sedang membuang-buang waktu.

Namun, tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah hubunganmu berjalan dengan baik atau malah gagal. Ada tanda-tanda umum yang bisa menunjukkan bahwa hubungan kamu sudah berakhir, seperti banyak pertengkaran dan ketidakpercayaan, tetapi ada juga tanda-tanda yang kurang jelas yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu ingin hubunganmu tetap langgeng.

Seorang konselor pasangan mengungkapkan lima tanda teratas sebuah hubungan gagal dengan cepat, dilansir Your Tango, Selasa (20/12/2022).

1. Pasangan Kamu Tidak Menghormatimu

"Salah satu tanda langsung adalah jika pasangan meremehkan pasangannya dan memperlakukan mereka dengan tidak hormat, secara pribadi atau di depan umum," kata Barbara Bloomfield, seorang konselor dan penulis "Couple Therapy: Dramas of Love and Sex."

2. Pasanganmu Menyakiti Secara Emosional

"Tanda lain dari kekerasan emosional bisa jadi pasangan yang sangat menawan dan baik di depan umum, tetapi berubah total saat hanya ada dirimu. Salah satu tanda pertama kekerasan dalam rumah tangga adalah seseorang tidak ingin pasangannya bertemu teman dan keluarga atau bekerja di luar rumah," kata Bloomfield.

"Perilaku semacam ini cenderung muncul secara bertahap dan menjadi tanda pasangan yang suka mengendalikan," dia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kamu Merasa Tidak Cocok

Ada tanda-tanda peringatan lainnya, seperti tidak mampu memikirkan hal-hal untuk dibicarakan atau tidak menginginkan banyak kontak fisik; namun, hal-hal ini tidak selalu menjadi tanda bahwa hubungan kamu sedang di ujung tanduk.

Kadang-kadang orang hanya perlu bantuan untuk mempelajari cara berkomunikasi dengan benar, dan di lain waktu, masa kecil atau pendidikan seseorang dapat membuat mereka kurang tertarik untuk bersentuhan.

"Tetapi jika keduanya tidak memiliki sesuatu untuk dikatakan kepada yang lain, ya, itu terasa seperti hubungan yang tidak cocok," Bloomfield memperingatkan.

3 dari 4 halaman

4. Kamu Berimajinasi Memiliki Kehidupan yang Berbeda

Tidak semua yang merasa bertanya-tanya seperti apa kehidupan jika meninggalkan pasangan atau berkencan dengan orang lain menandakan hubungan itu gagal, tetapi seharusnya itu tidak sering terjadi.

Namun, Bloomfield mengatakan bahwa melamun tentang skenario kehidupan yang berbeda adalah hal yang sehat, meskipun menindaklanjutinya bukanlah ide yang bagus dalam semua kasus.

"Kita semua membayangkan masa depan yang berbeda dan ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengingatkan diri kamu tentang apa yang kamu hargai tentang situasi kamu saat ini," kata Bloomfield.

"Saya selalu bertanya kepada klien yang bingung, 'dapatkah kamu mencapai apa yang ingin kamu raih dalam hidup dan tetap berada dalam hubungan ini?'" Bloomfield menambahkan.

4 dari 4 halaman

5. Bertengkar Karena Hal yang Sama Berulang-ulang

Jika kamu menemukan dirimu selalu bertengkar dengan pasanganmu, itu berarti salah satu dari kalian memiliki masalah yang lebih dalam yang perlu diselesaikan.

"Jika kamu mendapati dirimu selalu bertengkar dengan pasanganmu, itu pertanda bahwa kamu akan mendapat manfaat dari bantuan profesional," saran Bloomfield.

"Biasanya ada elemen bawah sadar mengapa kita memilih pasangan kita, terkadang alasannya tidak begitu sehat dan jadi penting untuk menjadi lebih sadar mengapa kita mungkin mengulangi pola yang sama," dia menyambung.

Apakah kamu berpikir hubungan kamu saat ini sudah hancur atau tidak, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa interaksi dan argumen kamu. Kekuatan apa yang kamu punya untuk berubah dalam dirimu guna membantu hubunganmu bertahan? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.