Sukses

Selain Burung, 6 Hewan Ini Juga Dapat Bernyanyi

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang tahu, bahwa burung dan serangga bernyanyi dengan lepas, dan manusia jelas menikmati nyanyian. Tetapi bagaimana dengan hewan lain? Apakah beberapa hewan memiliki kegembiraan bernyanyi yang nyata seperti halnya manusia?

Ada beberapa hewan yang dapat bernyanyi mulai dari musisi mamalia, amfibi, akuatik, dan invertebrata yang tidak terduga.

Apa yang dimaksud dengan "bernyanyi?" Beberapa peneliti berpendapat bahwa hanya burung dan manusia yang bernyanyi. Tetapi menurut definisi, lagu terdiri dari "modulasi musik suara."

Menurut definisi ini, banyak hewan lain yang juga menggunakan suara mereka untuk bernyanyi.

Dilansir floraandfauna.com, Kamis (8/12/2022), berikut ini adalah beberapa hewan di Bumi yang bersuara dengan suara terdengar seperti nyanyian:

 

1. Paus

Paus juga sangat terkenal karena kemampuan vokalnya. Paus sering menggunakan lagu-lagu mereka untuk menarik pasangan, tetapi mereka juga dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dalam jarak yang sangat jauh di lautan terbuka.

Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa lagu-lagu baru menjadi populer di komunitas paus bungkuk dengan cara yang mirip dengan tangga lagu pop manusia.

Lagu-lagu ini sering berasal dari populasi paus di lepas pantai Australia. Dalam setahun, lagu-lagu baru favorit dapat didengar di populasi paus di seluruh dunia. Pada saat itu, paus Australia sudah sibuk menciptakan lebih banyak lagu baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Katak dan Tupai

2. Katak Pohon

Di banyak bagian dunia, katak pohon dapat didengar bernyanyi pada malam musim panas yang hangat. Katak pohon bernyanyi untuk mengumumkan wilayah mereka dan untuk menarik perhatian betina. Nyanyian mereka telah diketahui berbeda menurut cuaca.

Katak pohon Pasifik atau katak paduan suara Pasifik memanifestasikan gaya musik yang unik. Sekelompok katak ini disebut paduan suara, dan untuk alasan yang baik.

Katak jantan yang dominan di daerah itu memimpin paduan suara dalam nyanyiannya, dan katak jantan bawahannya akan merespon nyanyiannya.

 

3. Tupai Kijang

Tupai kijang adalah hewan yang umum ditemukan di barat daya A.S. Tupai ini suka hidup sendiri di antara semak-semak dan bunga-bunga gurun. Tupai Kijang bernyanyi untuk memberikan peringatan.

Tupai ini membuat rumahnya di dalam tanah untuk menghindari predator dan panas. Meskipun dikenal membawa makanannya di pipinya, hal ini tidak menghentikannya untuk menghentakkan kakinya dan mengoceh ketika ia merasa khawatir.

3 dari 4 halaman

Paus Orca dan Kelelawar

4. Paus Orca

Paus bungkuk bukan satu-satunya mamalia laut yang bernyanyi. Paus pembunuh, yang juga dikenal sebagai orca, adalah anggota terbesar dari keluarga lumba-lumba, dan mereka menggunakan salah satu sistem suara ultrasonik yang paling canggih sebagai cara komunikasi.

Para peneliti di Taman Nasional Glacier Bay Alaska dapat membedakan paus pembunuh pemakan ikan (residen) dari paus pembunuh pemakan mamalia (transien) dengan vokalisasi mereka.

Kemampuan paus pembunuh yang memiliki kemampuan sosial untuk berkomunikasi kemungkinan besar karena mereka sering melakukan perjalanan jarak jauh dalam kawanan yang terdiri dari 30 hingga 150 orca.

 

5. Kelelawar

Kelelawar dikenal karena suara supersonik mereka, tetapi tahukah kamu bahwa mereka menggunakannya untuk menyanyikan lagu-lagu romantis? Para peneliti dari Texas A&M University mendengarkan ratusan jam nyanyian kelelawar.

Dan ia menentukan bahwa kelelawar Meksiko menyanyikan lagu-lagu tertentu untuk menarik perhatian betina, kemudian menyesuaikan nada mereka agar mereka tetap tertarik. Kelelawar juga menggunakan nyanyian mereka untuk mengusir kelelawar jantan lainnya.

4 dari 4 halaman

Jangkrik

6. Jangkrik

Jangkrik terkenal di seluruh dunia karena lagu-lagunya. Jangkrik lapangan dari genus Gryllus adalah penghuni tanah. Jangkrik lapangan jantan berkicau atau bernyanyi dengan cara menggosokkan kedua sayapnya.

Satu sayap memiliki "file" atau tonjolan tajam sementara sayap lainnya memiliki "scraper", serangkaian kerutan. Sayap jangkrik lapangan dirancang untuk menghasilkan suara dan juga untuk memperkuatnya. Hal ini memungkinkan jangkrik menggunakan lagunya untuk menarik pasangan.

Jangkrik memiliki beberapa lagu dalam daftar lagu mereka. "Lagu panggilan" mendorong betina untuk melakukan perjalanan dari kejauhan.

Ketika sang betina sudah dekat, sang jantan menyanyikan "lagu pacaran" yang lebih lembut. Jika ada jangkrik jantan pesaing yang terlalu dekat, maka jantan pertama akan menyanyikan "lagu persaingan" untuk mengusirnya.

Jangkrik pohon dari marga Neoxabea dan Oecanthus juga menggunakan lagu untuk merayu pasangannya. Jangkrik-jangkrik ramping ini merayap di atas rerumputan tinggi, pohon, atau vegetasi lainnya.

Mereka mengangkat sayap depan berbentuk dayung untuk bernyanyi. Hal ini memiliki tujuan ganda, karena sayap yang terangkat akan memperlihatkan kelenjar di punggung jantan yang menjadi makanan betina.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS