Sukses

Berapa Lama Kucing Bisa Bertahan Tanpa Air? Ini Kata Pakar

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar pencinta kucing memahami bahwa mereka sering kali tidak tahu apa yang dilakukan kucing mereka di antara jam-jam senja dan fajar, saat hewan berbulu ini lebih aktif. Tetapi mereka mungkin khawatir jika mereka tidak melihat kucing mereka minum air, terutama jika mangkuknya terlihat tidak tersentuh.  

Menurut Tarina L. Anthony, DVM, pemilik dan direktur medis Aurora Cat Hospital and Hotel di Aurora, Colorado, kucing mampu tidak minum air tak lebih dari 24 jam. Anthony mengatakan bahwa sebagian besar kucing yang sehat tidak membutuhkan asupan air yang diukur secara tepat, tetapi ada rumus umum yang direkomendasikan oleh sebagian besar dokter hewan.

"Asupan air yang normal untuk kucing sangat bervariasi secara individual, tetapi kisaran 40-60 mililiter atau sekitar seperempat cangkir per kilogram berat badan per hari telah dianggap sebagai 'normal'-meskipun 20-70 mililiter per kilogram per hari mungkin normal," katanya seperti dikutip dari Daily Paws

Hal ini berarti jika rata-rata kucing memiliki berat 5 kilogram, ia harus minum sekitar 250 mililiter air setiap hari, yaitu sekitar satu cangkir. Hal yang paling penting adalah mengetahui kebiasaan dan pola normal kucing kamu, sehingga kamu dapat memberi tahu dokter hewan jika asupan airnya naik atau turun. 

Ia juga menambahkan bahwa, tergantung pada persyaratan spesifik tentang berapa banyak yang harus diberikan kepada kucing, dokter hewan juga dapat menghitung jumlah air berdasarkan kebutuhan kalori yang terkait dengan berat badan ideal.

"Perhitungan asupan ini sering digunakan ketika dicurigai adanya peningkatan atau penurunan asupan air, atau di rumah sakit." ungkapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Masalah Kesehatan Kucing

Secara historis, kucing adalah hewan gurun. "Itu berarti kucing yang sehat cukup baik dalam mempertahankan status hidrasi mereka dengan air yang relatif sedikit, yang sering kali berasal dari makanan mereka," jelas Anthony. 

"Itu juga mengapa mereka membuat urin yang sangat pekat-dan berbau." tambahnya. 

Namun mereka masih membutuhkan air dan tidak dapat bertahan hidup lebih dari dua atau tiga hari tanpa akses ke air. 

"Setelah sekitar 24 jam berlalu tanpa air, dehidrasi akan terjadi," ujarnya. 

"Semakin lama hal ini berlangsung, semakin banyak tekanan dan ketegangan yang terjadi pada organ dalam mereka, yang akhirnya menyebabkan kegagalan dan kematian," sambungnya. 

Jangan biarkan hal itu terjadi, karena mereka lebih rentan mengalami dehidrasi parah, terutama jika mereka sudah muntah atau diare dan cairan tubuh dengan cara itu dan dapat mengalami masalah lebih cepat. Kucing yang menderita hipertiroidisme, penyakit ginjal, atau diabetes mellitus juga cenderung lebih haus. 

"Jika Anda mengkhawatirkan status hidrasi kucing Anda, Anda bisa mencubit dan mengangkat kulit di bagian belakang lehernya dengan lembut," saran Anthony. 

"Kulitnya akan 'kembali' dengan cepat. Jika kulitnya tetap terangkat atau Anda tidak yakin, hubungi dokter hewan Anda." lanjutnya. 

3 dari 4 halaman

Alasan Kucing Enggan Minum Air

Anthony mengatakan bahwa banyak pemilik kucing tidak benar-benar memperhatikan kucing mereka menyeruput air, dan ini mungkin tidak normal lagipula, mereka tidak berputar-putar di antara kaki kita untuk meminta minuman seperti halnya makanan. Namun demikian, ada beberapa alasan tertentu mengapa kucing kamu menghindari mangkuk airnya, seperti:

  • Kebersihan, jika airnya kotor atau mangkuknya keruh atau berlendir, kucing mungkin tidak mau minum.
  • Sakit, jika secara fisik sulit baginya untuk mencapai sumber air dengan nyaman, ia bisa mengalami penurunan asupan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anthony menganjurkan untuk menyediakan makanan kalengan yang biasanya mengandung 70-80 persen air dan biasanya cukup untuk kucing yang sehat tanpa masalah yang mendasarinya.

4 dari 4 halaman

5 Alasan Kucing Enggan Makan Makanan Keringnya

Kamu pasti ingin memastikan hewan peliharaanmu memiliki makanan yang lengkap, tetapi apa yang terjadi jika kucing tidak mau makan makanan kering? Makanan kucing tersedia dalam dua jenis utama, basah atau kering. Namun, sama seperti makanan basah yang dapat berupa jeli atau saus, kibble --olahan makanan anjing atau kucing-- kering tersedia dalam berbagai ukuran, kualitas, dan rasa.  

Artinya, hanya karena kucing kalian tidak menyukai satu jenis makanan kering, bukan berarti dia tidak menyukai semuanya. Mungkin ada banyak alasan lain mengapa kucing tidak mau makan makanan keringnya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah apakah hanya makanan keringnya saja yang tidak disukainya atau apakah dia tidak memakan makanan apa pun sama sekali. Hal ini akan membantu kalian untuk mengetahui masalah berikut yang mungkin terjadi seperti dikutip Pets Radar, Senin (5/12/2022).

Selengkapnya di sini...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS