Sukses

The Three Lions hingga Black Stars, Ini Julukan 32 Tim di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Memasuki sistem babak gugur kini tersisa 16 tim yang masih akan terus bertanding untuk meraih trofi emas di Piala Dunia Qatar 2022. Setiap laga Piala Dunia memberikan kesempatan bagi para suporter untuk meningkatkan pengetahuan geografi mereka dan belajar lebih banyak tentang negara-negara di seluruh dunia.

Seperti biasa, 32 negara lolos ke turnamen FIFA World Cup 2022 dengan mewakili lima benua. Setiap tim telah berjuang dengan harapan dapat membanggakan negara mereka dan mencapai kesuksesan dalam kompetisi olahraga Internasional terbesar di dunia tersebut.

Agar dapat selalu diingat, setiap negara memiliki nama julukannya masing-masing. Dilansir dari The Sporting News, pada Rabu (7/12/2022), berikut 32 negara dengan nama panggilan untuk Piala Dunia 2022:

Julukan 32 Tim Piala Dunia 2022

1. Argentina: La Albiceleste (The White and Sky Blue)

2. Australia: The Socceroos 

3. Belgia: Rode Duivels (The Red Devils)

4. Brasil: Selecao (The Team), Canarinho (Little Canary)

5. Kamerun: Les Lions Indomptables

6. Kanada: The Reds, The Maple Leafs

7. Kosta Rika: Los Ticos (The Ticos)

8. Kroasia: Vatreni (The Blazers), Kockasti (The Chequered Ones)

9. Denmark: De Rød-Hvide (The Red and Whites)

10. Ekuador: La Tricolor (The Tricolours)

11. Inggris: The Three Lions

12. Prancis: Les Bleus (The Blues)

13. Jerman: Nationalelf (National Eleven), Die Mannschaft (The Team)

14. Ghana: Black Stars

15. Iran: Team Melli (The National Team)

16. Jepang: Samurai Blue

17. Meksiko: El Tri (The Tricolour)

18. Maroko: The Atlas Lions

19. Belanda: Oranje

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Julukan 32 Tim Piala Dunia 2022 Lainnya

21. Polandia: Biało-czerwoni (The White and Red), Orły (The Eagles)

20. Portugal: A Seleção (The Selection), Os Navegadores (The Navigators)

22. Qatar: The Maroon

23. Arab Saudi: The Green Falcons

24. Senegal: Lions of Teranga

25. Serbia: Оrlovi (The Eagles)

26. Korea Selatan: Taegeuk Warriors, Tigers of Asia

27. Spanyol: La Roja (The Red One), La Furia Roja (The Red Fury)

28. Swiss: Nati (National Team), Rossocrociati (Red Crosses)

29. Tunisia: Eagles of Carthage

30. Amerika Serikat: USMNT, The Stars and Stripes

31. Uruguay: La Celeste (The Sky Blue)

32. Wales: Y Dreigiau (The Dragons)

Seringkali nama panggilan merupakan cerminan dari warna, lambang, maupun binatang asal negara tersebut. 'Tricolours' adalah sebutan yang dimiliki oleh beberapa tim dan dipilih karena negara-negara tersebut memiliki tiga warna di bendera nasional mereka.

Tak hanya itu, hewan pun sering menjadi tema umum dalam julukan beberapa negara, seperti singa, elang, burung kenari, yang sering disebutkan di Piala Dunia 2022 di Qatar.

3 dari 4 halaman

The Three Lions milik Inggris Menjadi Julukan Terpopuler

Salah satu julukan sepak bola paling terkenal adalah milik Inggris 'The Three Lions'. Julukan ini merujuk langsung pada lencana tim mereka yang memiliki tiga singa di atasnya dan merupakan logo resmi Football Association atau Asosiasi Sepak Bola.

Pasalnya, Inggris telah mengenakan lencana tersebut sejak pertandingan internasional pertama mereka pada tahun 1872, sementara FA menggunakan tiga singa di logo mereka saat didirikan pada tahun 1863.

Singa adalah lambang umum di medan perang Inggris sepanjang sejarah dngan citra tiga singa yang pertama kali digunakan sebagai Senjata Kerajaan oleh Richard I pada tahun 1198.

Selain itu, negara yang menggunakan hewan singa sebagai julukannya adalah Maroko yang dikenal sebagai 'Atlas Lions'. Julukan ini mengacu pada singa atlas atau yang dikenal sebagai singa berber, yang merupakan subspesies singa punah yang sebelumnya ditemukan di Maroko dan Afrika Utara bagian lainnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Jepang Dijuluki Samurai Biru Karena Jerseynya

Negara Asia Timur yang menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia di Korea pada tahun 2002 terkenal dengan sebutan 'Samurai Blue' di kalangan sepak bola.

Dilansir melalui Opoyi, meskipun bendera nasional Jepang tidak memiliki warna biru, namun banyak ahli yang berpendapat bahwa hal tersebut tekait dengan kesuksesan Jepang di kejuaraan timur jauh tahun 1930.

Jepang memenangkan kompetisi sepak bola dengan menggunakan jersey warna biru, yang mana itulah alasan utama di balik asal usul jersey biru yang sudah berlangsung lama.

Yang lain pun berpendapat bahwa skuad Jepang untuk kualifikasi Piala Dunia 1954 sebagian besar terdiri dari pemain Universitas Kekaisaran Tokyo. Karena tim mengenakan jersey biru di pertandingan kandang mereka, sehingga busana tersebut dikatakan telah melekat sejak saat itu. 

Timnas Jepang pertama kali memasuki babak utama Piala Dunia pada tahun 1998 dan sejak saat itu bermain di enam Piala Dunia berikutnya. Dengan beberapa pengecualian, Jepang terlihat mengenakan jersey biru di sebagian besar kompetisi sepak bola. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS