Sukses

Mirip La'eeb, Pangeran Qatar Ini Viral Usai Berekspresi Bak Maskot Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia Qatar 2022 memang tidak ada habisnya melahirkan momen-momen menarik. 

Baru-baru ini, sebuah video menampilkan seorang remaja yang dianggap mirip maskot Piala Dunia 2022 yakni La'eeb, viral di sosial media (sosmed) TikTok.

Akun TikTok @haydeewitchey mengedit klip remaja laki-laki dengan kuffiyah di kepalanya yang nampak tengah mengomel. Remaja itu lantas dibandingkan dengan sosok La'eeb karena ekspresinya itu.

"La'eeb and the prince of Qatar," tulis pemilik akun.

Unggahan itu kemudian berhasil menembus 3,4 juta views dan 169,8 ribu likes saat artikel ini ditulis.

"Kalau liat ini pasti ngakak😂😂 kok bisa mirip," tulis akun lainnya mengomentari video yang diunggah pada Kamis 24 November 2022 itu. 

Melansir NBC News, Selasa (6/12/2022), remaja tersebut berusia 16 tahun dan diyakini sebagai anggota keluarga kerajaan Qatar.

Dia juga menjadi sensasi di media sosial Cina setelah kekecewaannya terlihat atas kekalahan Qatar dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia 2022 itu, dengan para penggemar yang dengan penuh kasih sayang memanggilnya "dumpling wrapper prince".

Remaja tersebut bernama Abdulrahman Fahad al-Thani, ekspresi wajahnya itu sangat ekspresif saat tuan rumah Qatar kalah 2-0 dari Ekuador di Stadion Al Bayt, Senin dini hari 21 November 2022.

Penutup kepala tradisional Qatar yang dipakainya itu membuat pengguna media sosial Tiongkok mengatakan bahwa dia tampak seperti La'eeb, maskot Piala Dunia.

Mereka sebelumnya bercanda tentang kemiripan La'eeb dengan pembungkus pangsit tradisional Tiongkok dan lahirlah julukan Abdulrahman itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Viral di Media Sosial Cina

Di Weibo, platform media sosial yang populer di Cina, seorang pengguna berkomentar, "Kami mencintainya karena dia sangat imut."

Di Douyin, TikTok versi Cina, para pengguna telah mencoba untuk menciptakan kembali ekspresi wajah Abdulrahman sambil mengenakan hiasan kepala yang mereka buat sendiri.

Tagar untuk "Little Prince La’eeb" dan "Dumpling Wrapper Prince" telah menjadi viral, dan gambar-gambar Abdulrahman telah menjadi emoji utama bagi para penggemar sepak bola Cina.

 

3 dari 4 halaman

Membuat Akun Douyin

Abdulrahman juga ikut bersenang-senang, dirinya membuat akun di Douyin yang telah mengumpulkan lebih dari 15 juta pengikut dalam waktu kurang dari seminggu.

"Ni hao. Halo. Ini adalah pesan saya untuk semua teman Cina saya. Terima kasih banyak atas semua dukungan kamu," katanya dalam video Douyin pertamanya.

4 dari 4 halaman

'Hanya Reaksi Normal'

Dalam sebuah wawancara dengan CCTV, lembaga penyiaran yang dikelola negara Cina, Abdulrahman mengatakan dia terkejut dengan perhatian yang diterimanya di Cina setelah pertandingan.

"Saya hanya bereaksi, hanya reaksi normal," katanya.

"Sejujurnya, saya tidak menyangka akan sampai ke Tiongkok atau ke tempat lain," ungkap Abdulrahman.

Namun ia mengatakan bahwa ia senang telah membuat kesan positif, dan ia mengundang orang-orang di Cina untuk melihat negaranya sendiri.

"Kalian semua, semua penggemar Cina, dipersilakan ke Qatar untuk merasakan budaya kami yang luar biasa," katanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS