Sukses

Selain Piala Dunia Qatar 2022, Ini Momen Lionel Messi Berhasil dan Gagal Lakukan Penalti

Lionel Messi tercatat menyumbang gol penalti sebanyak 1 kali di Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta - Kapten timnas Argentina, Lionel Messi, mencetak sejarah baru di ajang Piala Dunia Qatar 2022. Tercatat dua tendangan penalti dilakukannya. Namun, hanya sekali yang berhasil.

Momen bersejarah ini ditorehkan Messi saat Argentina berhadapan dengan Arab Saudi dan Polandia di laga Piala Dunia Qatar 2022.  

Saat melawan Arab Saudi, Argentina harus menelan pil pahit lantaran negara Timur Tengah tersebut berhasil mencetak dua gol, lewat tendangan Shaleh Alshehri dan Salem Al-Dawsari. Sementara Argentina hanya menyumbang satu gol, lewat tendangan penalti Lionel Messi. 

Selanjutnya, penalti kedua sang bintang Argentina diraih saat menghadapi Polandia pada Kamis dini hari, 1 Desember 2022. Nahas, kiper Polandia, Wojciech Szczesny, berhasil menggagalkan tendangan itu.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion 974, Doha, Qatar pada akhirnya mengantarkan Polandia melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

Setelah laga berahir, Messi mengungkapkan perasaannya saat gagal mencetak gol lewat tendangan penalti.

"Saya marah karena saya melewatkan penalti, tapi tim tampil lebih kuat setelah kesalahan saya. Kami tahu bahwa ketika gol pertama masuk, itu akan mengubah permainan," kata Messi dikutip dari Buenos Aires Times, Kamis (1/12/2022). 

Meski demikian, Argentina berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dan akan bertanding melawan Australia pada 4 Desember 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Messi Gagal Cetak Gol Saat Penalti

Sebelumnya, Messi mengungkapkan ingin lebih tenang saat belaga di pertandingan-pertandingan berikutnya. 

"Kami harus tenang dan menjalani satu per satu pertandingan. Sekarang Piala Dunia lainnya dimulai dan mudah-mudahan kami dapat melanjutkan apa yang kami lakukan hari ini," kata Messi.

Melansir laman Goal Internasional, kegagalan Messi mencetak gol lewat tendangan penalti terjadi bukan kali ini saja.

Sebelumnya, Messi juga pernah gagal sebanyak 29 kali mencetak gol, lewat tendangan penalti sepanjang kariernya. 

3 dari 4 halaman

Kesempatan Tendangan Pinalti Messi

Sejauh ini, per 18 Februari 2022, tercatat Messi berhasil melakukan tendangan pinalti sebanyak 102 kali dari 132 kesempatan. 

Dari 29 kali gagal mencetak gol, empat di antaranya saat Messi berlaga mewakili negaranya, Argentina. Kebanyakan, dia gagal mencetak tendangan penalti, ketika masih di klub lamanya, Barcelona (Barca). 

Saat di Barcelona, Messi gagal mencetak gol dari titik putih sebanyak 24 kali. Sisanya, satu kali Messi gagal mencetak gol lewat tendangan 12 yard saat berada di klubnya sekarang, Paris Saint-Germain (PSG). 

4 dari 4 halaman

Sejarah Pinalti Messi

Pemandangan Messi gagal mencetak gol saat penalti terbilang langka. Kegagalan tendangan penaltinya dimulai saat dia melawan Villarreal dalam pertandingan Copa del Rey pada 31 Januari 2008. 

Meski 29 kali gagal mengeksekusi penalti, tapi  timnya berakhir dengan kemenangan dalam 20 kali kesempatan. Rupanya kejadian seperti saat melawan Polandia, di Piala Dunia dini hari tadi, dilakukan oleh Messi dkk. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.