Sukses

Dog Lovers Kamu Perlu Tahu, Ini 8 Tanda Anjing Tidak Bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Sama dengan manusia, anjing juga bisa mengalami atau merasa tidak bahagia. Bedanya, anjing tidak dapat mengomunikasikan perasaan itu dengan mudah layaknya manusia.

Suasana hati yang buruk yang dialami anjing dapat disebabkan karena beberapa hal, dari stres hingga kehilangan orang yang dicintai. Bahkan bisa juga karena sesuatu yang sederhana seperti merasa bosan.

Namun, untungnya, tanda-tanda ketidakbahagiaan itu ditunjukkan anjing lewat perilakunya, sehingga sebagai pemiliknya kita bisa mengamatinya dan membantu anjing kesayangan kita.

Mengutip Rover.com, Rabu (30/11/2022), berikut ini tanda yang dapat menunjukkan bahwa anjing tidak bahagia, di antaranya:

1. Perubahan nafsu makan

Memiliki nafsu makan sedikit, bahkan sama sekali tidak tertarik pada makanan bisa menjadi tanda anjing sedang merasa tidak bahagia. Namun, itu tidak melulu menjadi tandanya, ada beberapa anjing yang tidak bahagia justru memiliki nafsu makan yang meningkat karena makanan berfungsi sebagai kenyamanan bagi mereka.

Perubahan kebiasaan makan juga dapat menyebabkan perubahan berat badan. Jadi, jika melihat anjing kamu kehilangan berat badan atau bertambah, itu bisa jadi tanda bahwa anjing sedang terpuruk. 

2. Tidur terlalu banyak atau sedikit

Diketahui anjing tidur lebih sering daripada manusia, rata-rata 12 jam sehari.  Jika melihat anjing sering tidur, itu bisa menjadi tanda anjing tidak bahagia. Begitu pun sebaliknya, anjing yang tidur terlalu sebentar juga menunjukkan indikasi bahwa mereka sedang tidak bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Tidak tertarik dengan mainannya

Hilangnya minat pada aktivitas normal bisa menjadi tanda bahwa sedang tidak bahagia. Jika anjing peliharaan kamu menunjukkan tidak tertarik dengan mainannya, kemungkinan saat itu anjing tengah mengalami masalah pada psikologisnya.

Sebetulnya, merupakan hal umum saat anjing sedang tidak ingin bermain, namun yang perlu diperhatikan jika ini terjadi untuk jangka waktu yang lama.

4. Bersembunyi atau meringkuk

Salah satu yang menjadi tanda anjing tidak bahagia adalah sering bersembunyi dan meringkuk. Anjing yang tidak bahagia mencoba mencari perlindungan dengan bersembunyi di sekitar rumah.

Anjing mencoba membuat diri mereka kecil dengan meringkuk. Ini juga bisa menjadi cara anjing mengatasi suasana hati yang buruk. 

3 dari 4 halaman

5. Agresi

Tanda agresi ditunjukkan anjing apabila ia merasa depresi atau sedang mengalami banyak masalah.

Oleh karena itu, jika anjing kamu yang terkenal kalem dan bersahabat sehari-harinya tiba-tiba sering menggonggong, menerjang, membentak, atau perilaku agresi lainnya, hal itu bisa menjadi tanda anjing tidak bahagia.

6. Menjilat atau mengunyah secara berlebihan

Saat anjing menjilat dan mengunyah cakarnya, biasanya itu menjadi satu hal yang mereka lakukan untuk membersihkan diri atau menggaruk karena gatal. Namun, perilaku itu bisa menjadi tanda bahwa mereka mencoba menenangkan diri karena merasa sedih.

Pakar kesehatan hewan Dr. Gary Richter mengatakan, "Kebanyakan orang tidak sadar, tetapi menjilati atau mengunyah secara berlebihan bisa menjadi cara untuk menenangkan diri.”

 

 

4 dari 4 halaman

7. Banyak gerak

Perilaku cemas berjalan seiring dengan depresi. Jika seekor anjing mondar-mandir di sekitar rumah, kemungkinan besar mereka bosan dan tidak bahagia.

Dengan menyempatkan waktu mengajaknya keluar mungkin bisa menjadi salah satu yang dapat kamu berikan untuk mendorong suasana hati anjingmu.

Jika kamu pergi bekerja sepanjang hari dan anjing kamu terjebak di dalam rumah, pertimbangkan untuk menyewa alat bantu jalan anjing untuk membantu mereka  berolah raga. Hal ini mereka butuhkan untuk kesehatan fisik dan emosional. 

8. Merusak barang

Bersikap destruktif seperti merusak atau menghancurkan barang adalah perilaku gelisah lainnya yang dapat berakar pada masalah emosional.

Jika seekor anjing tiba-tiba menjadi lebih kasar dari biasanya dengan mainannya atau barang lainnya di rumah, itu bisa menjadi tanda bahwa dia sedang sedih.

Untuk menangani masalah itu, coba tingkatkan tingkat latihan atau stimulasi mental mereka untuk melihat apakah suasana hati dan perilaku destruktif mereka membaik.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS