Sukses

7 Tanaman Bunga yang Beraroma Wangi pada Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang sudah cukup familiar dengan beberapa bunga berbau harum seperti melati, lavender dan sedap malam. Namun, apakah kamu tahu beberapa jenis bunga yang hanya mengeluarkan aroma harum yang kuat saat malam hari.  

Bunga yang berpenampilan indah sudah menjadi hal menarik bagi siapa saja yang memandangnya, apalagi jika ditunjang dengan aroma yang wangi, tentu saja akan menambah daya tariknya.

Terlebih jika aromanya hanya merebak di waktu tertentu saja. Hal itu pasti akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi para pecinta bunga.

Ada beberapa bunga yang mekar pada senja dan malam hari. Bunga-bunga beraroma sedap yang mekar pada saat seperti ini sangat baik jika kita tanam di dekat kamar tidur sebagai aroma terapi saat kita tidur di malam hari.

Oleh karena itu, seperti melansir dari Gardenersworld, Selasa (29/11/2022), berikut ini tanaman bunga yang mengeluarkan aroma wangi pada malam hari.

1. Stock Night Scented

Stock Night Scented memiliki nama latin Matthiola longipetala. Bunga ini berbentuk mungil, kecil-kecil, tumbuh rimbun di tangkainya yang tipis.

Berwarna pink muda, putih, ada juga yang keunguan. Bunga ini merebakkan aroma krim vanila pada sore hingga malam hari. Cocok ditanam di pot, karena tingginya hanya mencapai 30 cm.

2. Sedap Malam

Bunga sedap malam adalah salah satu bunga yang terkenal di Indonesia. Terbukti dengan ditetapkannya sebagai flora identitas provinsi Jawa Timur.

Padahal aslinya bunga ini tidak berasal dari Indonesia, melainkan dari Meksiko. Bunga ini memiliki nama latin Polianthes tuberosa. Di Melayu dinamai Sundel Malam, dalam bahasa Inggris disebut Tuberose.

Di Indonesia djuluki sedap malam karena berbunga dan beraroma sedap di malam hari. Bunganya cantik, kelopaknya berlapis-lapis dengan warna putih yang sangat lembut. Karena aromanya yang wangi, bunga sedap malam banyak dibudidayakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) kadang disebut sebagai bunga malam yang misterius. Bagaimana tidak, bunga ini tidak seperti bunga lain pada umumnya yang mekar di bawah sinar matahari, bunga ini justru merekahkan kelopaknya pada malam hari.

Bahkan menjelang tengah malam. Saat berbunga itulah aroma khasnya pun merebak. Sebenarnya aromanya sangat wangi, namun sarat akan nilai mitos jadi membuat beberapa orang juga agak takut menciumnya.

Tapi bagi para pecinta bunga, proses mekar dan merebaknya aromanya adalah momen yang tidak boleh dilewatkan, karena keesokan harinya, ketika matahari sudah terbit, maka bunga wijaya kusuma pun akan layu.

Selain memanjakan indra penciuman di malam hari, bunga wijaya kusuma memiliki khasiat bagi kesehatan. 

 

3 dari 4 halaman

Bunga Lily dan Evening Primrose

4. Bunga Lily Casa Blanca

Bunga yang disebut lily Asia ini punya waktu mekar antara bulan Agustus dan September. Tanaman ini akan terlihat cantik jika ditanam dalam kelompok berisi 3-5 umbi.

Saat malam hari, bunga yang memiliki kelopak putih besar ini akan mengeluarkan aroma manis yang menenangkan.

5. Bunga Evening Primrose

Berasal dari Amerika Serikat, tanaman satu ini menarik serangga yang terbang di malam hari dengan aroma bunganya.

Seperti namanya, evening primrose hanya mekar saat senja atau hari mendung. Kembang putih hingga merah muda tumbuh sangat lebat di musim semi hingga musim gugur.

Evening primrose adalah tanaman yang tahan saat kondisi kering,dapat tumbuh di daerah berbatu dan menyukai sinar matahari.

4 dari 4 halaman

Bunga Melati dan Kamboja

6. Bunga Melati

Bunga melati punya aroma wangi yang kuat. Tanaman ini dapat tumbuh merambat dengan cepat jika diberi tanah yang baik dan sinar matahari yang teratur.

Bunganya berwarna putih, kuning, dan merah muda. Tanaman dengan nama lain J. sambac Melati Arab 'Grand Duke' menghasilkan bunga ganda yang digunakan untuk leis di Hawaii dan untuk membuat parfum. Di Asia, spesies ini digunakan untuk membuat teh melati.

7. Bunga Kemboja

Tanaman asli Amerika ini tumbuh sebagai semak atau pohon kecil di iklim yang lebih hangat. Maka tak heran, bunga ini banyak dijumpai di Indonesia karena iklimnya sesuai untuk pertumbuhan bunga Kemboja.

Warna bunga bervariasi dari putih, kuning, dan merah muda. Bunga beraroma manis ini biasanya mekar pada bulan Februari hingga September.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS