Sukses

10 Hal yang Perlu Diingat untuk Hindari Nyeri Punggung

Liputan6.com, Jakarta - Nyeri punggung merupakan salah satu masalah umum yang dirasakan oleh hampir sebagian besar orang dewasa hingga lanjut usia. Nyeri ini berupa rasa nyeri yang terjadi di area sekitar tulang belakang dari leher hingga tulang ekor.

Banyak kasus nyeri punggung yang tidak diketahui penyebabnya secara spesifik. Kadang kala rasa nyeri disebabkan oleh faktor mekanikal. Artinya, nyeri yang berawal pada sendi, tulang, atau jaringan lunak sekitar tulang belakang.

Jadi, bagaimana cara meredakan rasa nyeri punggung? Setiap kali kita bergumul dengan nyeri punggung, kita hanya berpikir bahwa kita perlu istirahat, nyeri punggung terkadang dapat membaik dengan cepat dengan sendirinya.

Tetapi bagi sebagian orang, nyeri punggung dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Jika ini terjadi pada Anda, sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi ke dokter.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri punggung. Yaitu, Anda harus memantau kebiasaan sehari-hari Anda untuk menjaga kesehatan agar terbebas nyeri punggung.

Cobalah latihan peregangan, perbaiki posisi tidur Anda, beristirahatlah dan ingatlah 10 berikut adalah yang perlu diingat untuk menghindari nyeri punggung seperti dilansir Health Shots, Senin (28/11/2022):

1. Hindari Duduk dalam Waktu yang Lama dan Lakukan Peregangan

Kita semua menghabiskan sebagian besar hari kerja kita dengan duduk dalam satu posisi untuk jangka waktu yang lama. Semua kegiatan duduk itu dapat menyebabkan nyeri punggung.

Untuk menghindari nyeri punggung, Anda harus meregangkan diri Anda di sela-sela waktu istirahat. Tidak melakukannya dapat melemahkan otot punggung Anda karena tidak aktif.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Ganti kasur Anda yang tidak nyaman

Jika kasur Anda tidak nyaman, terlalu keras, terlalu empuk, atau berusia lebih dari sepuluh tahun, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya.

Kasur dirancang untuk menopang seluruh tubuh Anda, terutama lengkungan dan keselarasan tulang belakang Anda. Namun, jika kasur tidak nyaman, kasur dapat memberikan tekanan pada tulang belakang Anda, yang mengakibatkan sakit punggung.

3. Tidur nyenyak

Kasur yang tidak nyaman juga dapat menyebabkan kegelisahan saat tidur, menyebabkan Anda bolak-balik berganti-ganti posisi. Nyeri punggung juga dapat disebabkan dengan sering terbangun saat tidur. 

Untuk itu, pastikan setiap malam Anda mendapatkan tidur nyenyak dan cukup untuk menghindari kurang tidur. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

4. Salah Posisi Olahraga

Beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan sakit punggung antara lain tidak berolahraga secara teratur, mengangkat beban yang terlalu berat, dan berolahraga dengan postur tubuh yang buruk.  

Untuk itu, saat berolahraga, pastikan untuk melakukannya dengan posisi yang benar dan lakukan sesuai kemampuan. 

5. Hindari postur tubuh yang buruk

Gaya hidup menetap bertanggung jawab atas postur tubuh yang buruk. Postur tubuh yang buruk memberikan tekanan pada punggung, tulang belakang, dan pinggul Anda saat berdiri atau duduk.

Dan seiring waktu, ketidakseimbangan otot ini dapat menyebabkan sakit punggung. Jadi, teruslah bergerak sepanjang hari, jangan hanya diam saja dan merasa nyaman. 

6. Hindari merokok

Ya, merokok tidak hanya buruk bagi paru-paru dan jantung Anda, tetapi juga bisa berdampak buruk bagi tulang Anda, terutama tulang belakang.

Sakit punggung dapat disebabkan oleh merokok karena mengurangi penyerapan kalsium dan mencegah pertumbuhan tulang baru.

 

 

4 dari 4 halaman

7. Hindari memakai sepatu hak tinggi

Mengenakan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri punggung dan kaki pada wanita karena sepatu ini memberikan tekanan pada kaki dan tulang belakang Anda.

8. Jaga asupan nutrisi Anda

Jika Anda tidak mengonsumsi cukup kalsium, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya untuk kesehatan tulang secara teratur, Anda bisa mendapat risiko nyeri punggung yang lebih tinggi.

9. Pertahankan berat badan yang sehat

Berat badan yang sehat membantu menjaga nyeri punggung. Dan jika Anda mengalami nyeri punggung, bisa jadi karena Anda kelebihan berat badan.

Kelebihan berat badan dapat memberi tekanan pada tulang belakang dan otot Anda. Jadi, berolahragalah secara teratur untuk menurunkan berat badan.  

10. Jangan membawa tas yang berat

Membawa beban berat di bahu Anda dapat menyebabkan nyeri di bahu, leher, dan punggung Anda. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS