Sukses

Cat Lovers, Ini Loh 16 Penyebab Kucing Berbau Tidak Sedap

Kucing dikenal sebagai hewan yang tidak berbau karena mereka rajin merawat dirinya dengan cermat. Namun, ada kalanya tiba-tiba kucing Anda berbau tak sedap, kira-kira apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Kucing dikenal sebagai hewan yang tidak berbau karena mereka rajin merawat dirinya dengan cermat. Kucing mandi dengan cara menjilati tubuhnya hampir setiap saat, sehingga membuat debu dan kotoran tak akan berlama-lama menempel di rambut atau kulitnya.

Namun, ada kalanya tiba-tiba kucing bau tak sedap, hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor seperti kebiasaan, kebersihan, dan masalah kesehatan.

Meskipun beberapa bau kucing tidak berbahaya dan mudah dihilangkan, tetapi bau tertentu pada kucing dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius, yang mereka alami. 

Maka sangat penting untuk mengetahui sumber bau pada kucing, sehingga Anda dapat mengatasi masalah yang mendasarinya dengan cepat. Hal ini pun membantu kucing Anda merasa lebih baik.

Penyebab paling umum dari bau kucing yang tidak sedap dapat terkait dengan:

  • Bau mulut
  • Masalah kulit
  • Penyakit telinga
  • Masalah pada bagian ujung belakang

Mengutip Excited Cats Kamis (24/11/2022), berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap dan 16 penyebab paling umum dari bau kucing yang tidak sedap dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Bau Mulut

Biasanya kucing Anda memiliki bau mulut setelah menyantap makanannya yang sangat bau. Namun, jika Anda mencium bau tidak sedap yang terus-menerus keluar dari mulut kucing Anda, hal ini juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan lainnya. 

Jika Anda menduga kucing Anda mungkin menderita masalah di bawah ini, penting untuk membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa lebih rinci.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Penyakit Gigi

 

Penyakit gigi pada kucing adalah kondisi umum yang dapat menyebabkan bau mulut. Bentuk penyakit gigi yang paling umum adalah penyakit periodontal, yang disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi.

Penyakit periodontal dapat menyebabkan radang gusi. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat berkembang menjadi kehilangan gigi dan masalah kesehatan serius lainnya pada kucing Anda.

Ada berbagai tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah penyakit gigi pada kucing Anda. Pertama, pastikan Anda memberikan perawatan gigi secara teratur kepada kucing Anda, termasuk menyikat gigi dan menggunakan produk gigi khusus yang dirancang untuk kucing.

Anda juga harus memberi makan kucing Anda makanan sehat yang mencakup banyak makanan renyah, yang dapat membantu menjaga kebersihan gigi mereka.

2. Penyakit Ginjal

Salah satu tanda penyakit ginjal yang paling terlihat pada kucing adalah bau mulut. Ginjal memainkan peran penting dalam menyaring racun dari darah. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun-racun ini dapat menumpuk di dalam tubuh dan dapat menyebabkan bau mulut.

Penyakit ginjal juga dapat menyebabkan penumpukan racun dalam air liur, yang berdampak bau busuk dari mulut si kucing.

Ada sejumlah tanda lain yang dapat menyertai penyakit ginjal pada kucing, termasuk penurunan berat badan, rasa haus yang meningkat, dan lebih sering buang air kecil.

 

3 dari 7 halaman

3. Diabetes

Diabetes pada kucing adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk bau mulut.

Diabetes menyebabkan tubuh memproduksi glukosa berlebih, yang dapat menumpuk dalam air liur dan membuat bau mulut.

Selain itu, diabetes dapat menyebabkan mulut kering, yang juga dapat mengakibatkan bau mulut. 

4. Trauma

Trauma mulut pada kucing dapat menjadi penyebab bau mulut. Jenis trauma mulut yang paling umum adalah ketika kucing lain menggigit lidah atau bibir kucing Anda.

Hal ini dapat menyebabkan luka terbuka yang pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi. Jika luka tidak segera ditangani, luka tersebut dapat terinfeksi dan abses, sehingga menimbulkan bau busuk.

5. Tumor Mulut

Penyebab yang kurang umum dari bau mulut yang busuk adalah tumor mulut. Meskipun tidak semua tumor bersifat kanker, tumor mulut dapat menyebabkan bau busuk karena penumpukan makanan dan bakteri.

Tumor mulut bisa sulit dikenali karena sering tersembunyi di balik gigi. Namun, Anda dapat mengenali tandanya, yaitu kucing Anda mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya atau mengalami kesulitan makan.

4 dari 7 halaman

Masalah Kulit

Bau pada kucing bisa juga ditandai dengan adanya masalah kulit. Jika kucing Anda sering menggaruk atau tampak kesakitan, penting untuk membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa.

Masalah kulit dapat diatasi dengan obat-obatan atau perawatan lainnya, tetapi dalam beberapa kasus, masalah kulit mungkin memerlukan perawatan yang lebih intensif.

6. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri pada kucing dapat menyebabkan berbagai tanda, termasuk bau kulit. Jenis infeksi bakteri yang paling umum  dalah pioderma, yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Pioderma dapat menyebabkan pengerasan kulit, ulserasi, dan kerontokan bulu di area kulit yang terkena. Pengobatan pioderma biasanya melibatkan antibiotik dan terapi topikal.

Infeksi bakteri pada kulit dapat membuat kucing Anda merasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan infeksi sekunder jika tidak diobati. Bau infeksi bakteri biasanya tidak sedap, tetapi tergantung bakteri yang terlibat.

7. Pertumbuhan Jamur yang Berlebihan

Pertumbuhan jamur yang berlebihan adalah masalah umum pada kucing yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Tanda paling umum dari pertumbuhan jamur yang berlebihan adalah bau apek.

Pertumbuhan ragi yang berlebihan juga dapat menyebabkan gatal-gatal, kemerahan, dan kerontokan rambut. Ada beberapa opsi perawatan yang tersedia untuk pertumbuhan jamur yang berlebih, jadi penting untuk segera merawat kucing Anda.

8. Abses

Abses adalah kantung berisi nanah yang terbentuk di bawah kulit. Abses paling sering ditemukan di kepala, leher, dan ujung belakang kucing. Abses dapat disebabkan oleh gigitan hewan lain, perkelahian, atau cakaran.

Infeksi menyebabkan kulit menjadi merah, panas, dan bengkak. Jika abses pecah, dapat menyebabkan bau busuk. Perawatan untuk abses termasuk antibiotik dan mengeringkan nanah, dan dalam beberapa kasus, dokter hewan Anda mungkin perlu melakukan pembedahan. 

 

5 dari 7 halaman

9. Radang Sendi

Artritis pada kucing adalah kondisi umum yang dapat menyebabkan bau kulit. Ada banyak jenis artritis yang dapat menyerang kucing, dan jenis yang paling umum adalah osteoartritis.

Osteoartritis adalah penyakit degeneratif yang menyebabkan tulang rawan pada persendian rusak. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit, kekakuan, dan peradangan.

Kucing yang menderita artritis sering mengalami kesulitan merawat diri dengan benar, dalam beberapa kasus, artritis mungkin sangat parah sehingga kucing berhenti melakukan grooming sama sekali.

Hal ini dapat membuat kulit lebih rentan terhadap bakteri dan jamur, yang dapat menyebabkan peningkatan bau kulit.

10. Obesitas

Kucing dengan berat badan berlebih lebih mungkin menderita masalah kulit seperti dermatitis dan infeksi. Hal ini sebagian karena kulit mereka memiliki lebih banyak lipatan. Banyaknya lipatan di tubuh kucing dapat memerangkap kotoran, kelembapan, dan bakteri. Selain itu, kucing yang obesitas mungkin kehilangan fleksibilitas.

Akibatnya, kucing yang obesitas cenderung memiliki bau yang tidak sedap. Namun dengan perawatan yang tepat, kucing Anda dapat menikmati kehidupan yang sehat dan berbau harum.

11. Depresi

Banyak orang tidak menyadari bahwa kucing mereka mungkin mengalami depresi karena mereka terus makan dan tidur seperti biasanya. Namun, beberapa perubahan halus dapat terjadi, seperti hilangnya minat untuk bermain atau merawat tubuh.

Salah satu tanda bahwa kucing Anda mengalami depresi adalah jika mereka mulai mengeluarkan bau kulit. Jika kucing Anda berhenti merawat dirinya sendiri, hal ini dapat menjadi tanda bahwa mereka mengalami depresi.

Depresi dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, yang dapat menyebabkan nutrisi yang buruk dan bulu yang tidak sehat. Ketika bulu tidak dirawat dengan baik, maka akan berbau tidak sedap.

6 dari 7 halaman

Penyakit Telinga

Meskipun telinga kucing dapat bersih dengan sendirinya, namun telinga kucing masih dapat menumpuk lilin, kotoran, dan kelembapan yang semuanya dapat menyebabkan bau yang tidak sedap.

Jika telinga kucing Anda berbau tidak sedap, hal ini bisa jadi merupakan tanda kondisi kesehatan yang mendasarinya. 

12. Infeksi

Banyak kucing akan mengalami infeksi telinga pada suatu saat dalam hidupnya, dan sebagian besar infeksi ini disebabkan oleh bakteri atau jamur. Infeksi telinga dapat menyakitkan dan juga dapat menyebabkan bau busuk dari telinga kucing Anda.  

Dalam sebagian besar kasus, infeksi telinga dapat dengan mudah diatasi dengan antibiotik atau obat antijamur. Namun, jika tidak diobati, infeksi telinga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi kucing Anda.

13. Parasit

Saluran telinga hewan dapat dihinggapi oleh parasit kecil yang dikenal sebagai tungau telinga. Parasit ini paling sering ditemukan pada kucing, tetapi juga dapat ditemukan pada anjing, kelinci, dan musang.

Tungau telinga mengkonsumsi lilin dan minyak di saluran telinga dan dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan cairan hitam atau coklat yang berbau busuk. Dalam kasus yang parah, tungau ini juga dapat menyebabkan tuli pada telinga kucing. Perawatan biasanya melibatkan pembersihan telinga dan pemberian obat untuk membunuh tungau.

 

7 dari 7 halaman

Masalah Tubuh Bagian Belakang

Ada banyak hal yang terjadi di dalam dan di sekitar pantat kucing Anda. Masalah pantat pada kucing dapat disebabkan oleh sejumlah masalah yang dapat menyebabkan bau.

14. Masalah Mobilitas dan Fleksibilitas

Bau pantat pada kucing dapat disebabkan oleh masalah mobilitas dan fleksibilitas. Ketika kucing tidak dapat menjangkau bagian belakangnya untuk melakukan grooming dengan benar, bulu-bulunya dapat menjadi kusut dan kotoran serta bakteri yang terperangkap dapat menyebabkan bau.

Masalah mobilitas dan fleksibilitas sering kali dapat dibantu dengan terapi fisik atau pijat. Perawatan rutin oleh Anda atau profesional juga akan membantu menjaga bagian belakang kucing Anda tetap bersih dan bebas bau.

15. Diare

Diare dapat menyebabkan bau pantat pada kucing. Saat kucing Anda mengalami diare, feses yang encer dapat bocor keluar dan menyebabkan bau tak sedap. Diare dapat tersangkut di bulu kucing Anda.

Jika diare kucing Anda tidak diobati, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

16. Kelenjar Anal

Area anus kucing memiliki kelenjar yang menghasilkan aroma musky yang kuat. Ini adalah cara kucing untuk menandai wilayah mereka dan menunjukkan kepada kucing lain siapa yang berkuasa.

Jika Anda melihat bagian bawah kucing Anda berbau sangat kuat, hal ini mungkin disebabkan oleh kelenjar ini. Kelenjar yang terletak dekat dengan anus ini dapat menghasilkan bau yang kuat dan tidak sedap.

Tidak banyak orang tua hewan peliharaan yang menyadari bahwa kucing memiliki kelenjar ini, tetapi jika kucing Anda menjadi stres atau bersemangat, kelenjar ini kemungkinan besar akan mengeluarkan isinya.

Banyak yang merasa baunya tidak tertahankan, tetapi jika hanya terjadi sesekali, hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.