Sukses

Fakta Jersey Jepang Saat Tundukkan Jerman, Kolaborasi Pembuat Manga Blue Lock

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Argentina yang ditaklukkan Saudi Arabia, kini dunia dibuat terkejut dengan kekalahan Jerman atas Jepang dengan skor akhir 2-1, dalam babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, Rabu (23/11/2022).

Lebih dulu unggul 1 gol pada babak pertama, Jerman harus rela kehilangan 3 poin saat lawannya yang berjulukan Samurai Biru tersebut berhasil mecetak dua gol untuk membalikan keadaan. Masing-masing gol tersebut dicetak melalui aksi Ritsu Doan di menit ke- 75 dan gol Asano di menit ke-83.

Kini beberapa jam setelah pertandingan berkahir, euforia warga dunia masih terlihat merespons kemenangan mengejutkan Jepang ini. Walau bukan berstatus favorit juara, Jerman bukanlah tim lemah yang bisa diremehkan. Apalagi wakil Asia hampir selalu terlihat lemah di ajang Piala Dunia.

Salah satu hal yang masih dibicarakan tentunya adalah Timnas Jepang itu sendiri. Banyak yang mengaitkan kemenangan Jepang itu seperti momen ajaib di anime atau manga. Contohnya yang paling sering disebut adalah Captain Tsubasa dan Blue Lock.

Jersey yang Jepang pakai saat berlaga semalam pun juga menjadi obrolan tersendiri. Banyak yang menyebut Blue Lock memiliki andil dalam kemenangan Jepang, sebab jersey yang dipakai memiliki semangat karakter-karakter dari manga-anime bergenre olahraga sepak bola tersebut.

Nyatanya, jersey biru bermotif origami yang dipakai Jepang itu memang bekerja sama dengan salah satu pembuat Blue Lock, yakni Yusuke Nomura. Tsujitomo dari manga Giant Killing juga ikut terlibat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Promosi Jersey

Melalui akun Twitter-nya, Adidas Jepang @AdidasJP, diketahui bahwa kedua ilustrator tersebut terlibat dalam mempromosikan jersey tim nasional Jepang. Mereka terlibat dalam membentuk key visual, yakni gambar atau ilustrasi yang dipakai suatu merek secara konsisten untuk keperluan pemasaran atau branding.

Key visual tersebut menampilkan model yang beraksi dengan memakai jersey baru tersebut, dengan bagian latar belakangya dihiasi karakter-karakter dari manga Giant Killing dan Blue Lock. Tidak lupa tentunya karakter-karakter yang ditampilkan tersebut juga memakai jersey Timnas Jepang itu.

Kolaborasi ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah anak muda yang menikmati bermain sepak bola dan menjadikan sepak bola sebagai bagian yang lebih luas dan mendalam dari budaya Jepang.

Video pembuatannya juga diunggah melalui akun YouTube Adidas.

3 dari 4 halaman

Blue Lock

Ketika saya melihat seragam baru untuk pertama kalinya, saya pikir itu sangat keren, dan saya langsung melihat motif origami. Desain liniernya sangat indah dan Jepang, dan saya menyukainya sejak pertama kali melihatnya,” ucap Yusuke Nomura memberikan pujian mengenai jersey itu.

Di manga Blue Lock sendiri, jersey ini juga tampil pada cover chapter ke-186. Selain sebagai promosi, cover itu ditujukan sebagai dukungan untuk Timnas Jepang saat berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar ini.

Blue Lock adalah manga yang ditulis oleh Muneyuki Kaneshiro dan diilustrasikan oleh Yusuke Nomura. Manga bergenre sepak bola ini sudah menjadi bagian Majalah Weekly Shonenen Kodansha sejak Agustus 2018.

Sampai saat ini, Blue Lock sudah dikumplkan dalam 21 buku volume (tankōbon). Karena sukses, manga ini diadaptasi menjadi anime yang diproduksi oleh Eight Bit.

4 dari 4 halaman

Grup E Piala Dunia 2022

Keberhasilan Timnas Jepang mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2022 membuat Jepang di urutan kedua klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 Qatar. Pertandingan Jepang selanjutnya adalah melawan Kosta Rika, yang saat ini berada di urutan keempat setelah dibantai habis-habisan oleh Spanyol dengan 7 gol tanpa balas. 

Pertandingan Jepang melawan Kosta Rika akan diadakan pada Minggu, 27 November 2022 pukul 17.00 WIB. 

Klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 Qatar, saat ini dipegang oleh Spanyol. Pada pertandingan selanjutnya, Spanyol akan bertemu Jerman pada Senin, 28 November 2022 02:00 WIB.

Jadwal pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar:

- 17:00 WIB Minggu, 27 November 2022: Jepang vs Kosta Rika

- 02:00 WIB Senin, 28 November 2022: Spanyol vs Jerman

- 02:00 WIB Jumat, 2 Desember 2022: Jepang vs Spanyol, Kosta Rika vs Jerman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.