Sukses

Tak Hanya Indonesia, 3 Negara di Asia Tenggara Ini Juga Punya Peringatan Hari Pahlawan Loh

Ternyata selain di Indonesia, perayaan seperti Hari Pahlawan juga ada di negara-negara lain di Asia Tenggara, loh.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Kamis (10/11/2022) merupakan salah satu hari peringatan penting di Indonesia, yakni Hari Pahlawan. Ya, setiap tahun pada 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan 10 November diakui pertama kali dalam surat Keputusan Presiden (Keppres) Nompr 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 yang ditandatangani oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Sukarno.

Dilansir situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) www.kemdikbud.go.id, Kamis (10/11/2022), tanggal 10 November dipilih sebagai Hari Pahlawan karena di tanggal yang sama pada 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

Pertempuran tersebut adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran Surabaya juga merupakan pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia, yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Hari Pahlawan ditujukan untuk mengenang para pahlawan nasional Indonesia. Dengan memperingati Hari Pahlawan, kita mengenang dan menghormati jasa para pahlawan nasional yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Namun tentu saja perjuangan para pahlawan nasional sebaiknya tidak hanya dikenang di hari tersebut saja, tetapi juga di hari-hari lain. Perjuangan mereka perlu dikenang sepanjang masa dan dipupuk dalam-dalam di hati masyarakat. 

Ternyata selain di Indonesia, perayaan seperti Hari Pahlawan juga ada di negara-negara lain di Asia Tengara, loh.

Tentunya negara-negara ini memiliki sebutan lain untuk Hari Pahlawan tersebut. Yuk kita simak berikut Hari Pahlawan di negara-negara di Asia Tenggara dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Malaysia

Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari tiga belas negeri (negara bagian) dan tiga wilayah federal di Asia Tenggara dengan luas 330.803 km persegi.

Ibu kota Malaysia adalah Kuala Lumpur, dengan Kepala negara seorang Raja atau seorang Sultan yang dipilih secara bergiliran setiap 5 tahun sekali.

Di negara tetangga, Hari Pahlawan juga dikenal sebagai Warriors’ Day. Hari ini jatuh setiap tahun pada tanggal 31 Juli.

Dilansir The Sun Daily, Wakil Direktur Departemen Keamanan Dalam Negeri Malaysia dan Ketertiban Umum Bukit Aman, Datuk Kasuahdi Ali mengatakan bahwa Warriors’ Day menandai berakhirnya masa darurat pada tahun 1960.

Perayaan itu diadakan untuk mengenang jasa dan keberanian para pahlawan Malaysia yang gugur.

"Ini juga diadakan untuk menghargai kontribusi mereka yang telah mengabdi pada negara seperti Pasukan Lapangan Polisi dan Penjaga Sarawak serta anggota keluarga mereka," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

2. Timur Leste

Timor Leste atau yang secara resmi bernama Republik Demokratis Timor Leste, adalah negara yang berada di sebelah utara Australia. Ibu Kotanya adalah Kota Dili.

Di Timor Leste, terdapat Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 31 Desember.

Dilansir National Today, 31 Desember diperingati untuk memberikan penghormatan kepada Nicolau Lobato, Perdana Menteri pertama Timor Leste.

Seluruh warga Timor Leste memberikan penghormatan atas pengorbanan yang dilakukan Nicolau Lobato untuk tanah airnya.

Peru diketahui Timor Leste yang dulu pernah menjadi bagian dari Portugal, berhasil menjadi negara merdeka pada tahun 1975.

Kemudian saat diakui oleh Indonesia, Nicolau Lobato memainkan peran kunci dalam membuat Timor Leste menjadi negara merdeka kembali.

Sebelum 2017, Hari Pahlawan Nasional di Timor Leste diperingati pada 7 Desember. 

4 dari 4 halaman

3. Filipina

Filipina atau yag secara resmi disebut sebagai Republik Filipina adalah sebuah negara kepulauan dan negara kesatuan yang bersistem presidensial dengan berbentuk republik konstitusional.

Filipina terletak di sebelah utara Indonesia, dan timur laut Sabah.

Di Filipina, Hari Pahlawan Nasional dikenal dengan nama Araw ng mga Bayani.

Dilansir National Today, peringatan ini jatuh tiap tahunnya pada hari Senin terakhir di bulan. Untuk 2022, Hari Pahlawan Naional Filipina jatuh pada 29 Agustus.

Hari ini diperingati oleh rakyat Filipina untuk menghormati dan mengenang semua pahlawan revolusi yang membantu melepaskan Filipina dari kolonisasi dan mendirikan fondasi kemerdekaan negara. Seperti Jose Rizal, Andres Bonifacio, Emilio Aguinaldo, dan Apolinario Mabini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.