Sukses

Harganya Fantastis, 18 Ras Kucing Ini Bakal Bikin Kamu Merogoh Kocek yang Dalam

Berikut sederet kucing dengan harga termahal di dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer, kucing juga dikenal membawa persahabatan dan kenyamanan bagi puluhan juta rumah tangga.

Meskipun uang bukanlah tujuan bagi banyak pemilik untuk menjamin kesejahteraan kucing, terkadang tidak ada yang meragukan kesediaan orang untuk membayar harga yang mahal untuk kucing dengan ras yang sangat langka.

Para pecinta kucing pasti mengetahui berbagai ras kucing di seluruh dunia. Sejumlah ras kucing yang paling banyak diketahui yaitu persia, anggora, hingga sphynx.

Namun, ada sejumlah ras kucing yang langka sehingga jarang dipelihara oleh manusia. Karena saking langkanya, harga kucing ras tersebut bisa mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

Mengutip Petkeen, Rabu (9/11/2022), berikut jenis ras kucing dengan harga termahal di dunia.

1. Ashera

Salah satu kucing termahal di dunia

Ras kucing termahal dipegang oleh Ashera, tak sekadar mahal, Ashera adalah kucing yang eksotis seperti halnya kucing rumahan.

Ini bukan kucing rumahan biasa, seperti yang mungkin Anda duga dari label harga yang keterlaluan hingga $125.000 atau sekitar RP 1,9 miliar. 

Ashera adalah campuran dari beberapa kucing liar dan kucing rumahan domestik, termasuk macan tutul dari Asia dan Servals Afrika.

Mereka terlihat seperti apa adanya; campuran kucing liar dan kucing rumahan. Namun, mereka dikatakan memiliki temperamen seperti anjing, bukan seperti kucing pada umumnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 18 halaman

2. Savannah

Savannah bisa dibilang masih liar. Kucing ini sangat eksotis sehingga mereka bahkan tidak diakui sebagai ras domestik.

Karena itu, kucing Savannah dilarang lebih dari selusin negara bagian AS, meskipun hampir 100 tahun dibesarkan di penangkaran. Namun, kucing Savannah tidak akan mengkonsumsi makanan kucing biasa; mereka hanya akan makan daging mentah.

Mereka juga tidak mentolerir orang asing atau menggunakan kotak kotoran, jadi memiliki Savannah sama dengan memiliki hewan liar.

Ras yang dianggap masih liar ini dijual mulai dari $50.000 atau sekitar Rp 782 juta. 

3 dari 18 halaman

3. Bengal

Kucing Bengal pertama diciptakan pada tahun 1970-an dengan menyilangkan kucing rumahan domestik shorthair dengan Macan Tutul Asia liar.

Karena kucing ini sangat dekat dengan hewan liar, beberapa yurisdiksi telah melarangnya.

Seekor Bengal bisa dijual seharga $25.000 atau sekitar Rp 390 juta.

 

4 dari 18 halaman

4. Khao Manee

Anda mungkin belum pernah mendengar tentang kucing Khao Manee sebelumnya, dan itu memang sengaja. Masyarakat Thailand telah merahasiakan kucing ini, meskipun sudah ada selama ratusan tahun.

Kucing ini merupakan ras alami dengan bulu yang serba putih dan mata yang bersinar seperti permata. Dirujuk dalam karya-karya tertulis sejak abad ke-14, Khao Manee juga dikenal sebagai Kucing Mata Berlian karena matanya yang istimewa, yang sering kali memiliki warna yang berbeda.

Ras ini bisa dijual mulai dari $11.000 atau sekitar Rp 172 juta.

 

5 dari 18 halaman

5. Sphynx

Sphynx adalah salah satu kucing domestik yang paling mudah dikenali. Penampilan mereka yang tidak berbulu membuat mereka mudah untuk memilih, bersama dengan mata mereka yang bersinar yang mengambil sebagian besar wajah.

Ketiadaan bulu pada ras ini adalah hasil dari mutasi genetik alami, dan hal itu tidak menghalangi mereka untuk menjadi sehat.

Ironisnya, Sphynx bukan berasal dari Mesir. Sebaliknya, ras ini berasal dari Toronto, Kanada.

Sebagian besar kucing Sphynx dijual seharga $ 1.800- $ 4.400 atau sekitar Rp 28 juta - Rp 37 juta.

Namun, beberapa Sphynx dengan kualitas dan garis keturunan yang luar biasa atau yang menunjukkan warna-warna langka dapat dijual dengan harga hampir $10.000 atau sekitar Rp 156 juta . 

6 dari 18 halaman

6. Persia

Kucing ras Persia termasuk salah satu ras kucing termahal di dunia. Seekor kucing ras Persia biasanya dijual sekitar $5.500 atau setara Rp 86 juta.

Kucing Persia dikenal memiliki bulu yang tebal dan wajahnya yang lucu, selain itu Kucing ras yang satu ini juga senang diajak bermain. Tapi perlu diingat, untuk merawat kucing persia harus teliti agar bulunya tetap terjaga dengan baik.

 

7 dari 18 halaman

7. Toyger

Toyger merupakan persilangan antara kucing domestik shorthair dan kucing Bengal. Banyak dari kucing ini memiliki tanda yang mirip dengan harimau, meskipun mereka benar-benar kucing domestik, tidak seperti sepupu Bengal mereka.

Toyger cenderung ramah dan santai, menawarkan penampilan eksotis tanpa perilaku yang dapat membuat kucing yang benar-benar eksotis begitu sulit untuk ditangani.

Ras satu ini memiliki harga $5.000 atau sekitar Rp 78 juta.

 

8 dari 18 halaman

8. Kucing Peterbald

Beberapa dari mereka benar-benar botak, sementara yang lain ditutupi bulu halus yang lembut daripada bulu yang biasanya menghiasi kucing.

Bulu halus ini membuat kulit mereka terasa seperti kulit buah persik, meskipun beberapa Peterbald memiliki bulu kasar yang membuat mereka terasa lebih seperti wajah pria ketika kumisnya tumbuh.

Peterbalds adalah ras Rusia, dan mereka agak baru, pertama kali dilaporkan pada tahun 1988 setelah Donskoy Rusia dan Oriental Shorthair menghasilkan spesimen pertama.

Harga ras satu ini bisa mencapai $5.000 atau sekitar Rp 78 juta.

 

9 dari 18 halaman

9. Ragdoll

Kucing Ragdoll memiliki rentang harga yang sangat luas. Untuk Ragdoll dasar yang dimaksudkan untuk menjadi hewan peliharaan, harga mulai sekitar $1.000 sekitar Rp 15 juta dan bisa mencapai $2.500 sekitar Rp 39 juta.

Harga akan naik lebih tinggi jika Anda menginginkan Ragdoll berkualitas tinggi seperti pernah mengikuti perlombaan atau pertunjukan tertentu, yang akan dikenakan biaya ebih dari $5.000 atau sekitar Rp 78 juta.

 

10 dari 18 halaman

10. Siberia

Siberia adalah salah satu ras domestik terbesar. Mereka dikenal sebagai kucing yang mudah bergaul, bahkan dengan anjing.

Mereka sebenarnya dianggap sebagai ras hipoalergenik karena air liur mereka menghasilkan lebih sedikit alergen daripada ras lain.

Kucing Siberia bisa dijual hingga $4.000 sekitar Rp 62 juta.

 

11 dari 18 halaman

11. Maine Coon

Kucing Maine Coon$4,000Rekor dunia untuk kucing domestik terpanjang dimiliki oleh Maine Coon bernama Stewie, yang memiliki panjang 48,5 inci.

Kucing ini juga dapat memiliki berat lebih dari 30 pon sekitar 13 kg, menjadikannya salah satu ras kucing domestik terbesar di dunia.

Harga kucing Maine Coon mulai dari $1.000 hingga $4.000 atau sekitar Rp 15 juta hingga Rp 62 juta.

 

12 dari 18 halaman

12. Scottish Fold

Sebagian besar, Scottish Fold terlihat seperti kucing rumahan pada umumnya, tetapi telinganya membuatnya hampir sama dikenali seperti ras ikonik seperti Sphynx.

Telinga Scottish Fold dilipat ke atas; oleh karena itu, nama Scottish Fold. Telinga ini terlipat ke depan dan terletak rata di kepala karena mutasi genetik yang terjadi secara spontan pada kucing peternakan di Skotlandia. 

Kucing dengan telinga yang terlipat ini $3.000 atau sekitar Rp. 46 juta.

 

13 dari 18 halaman

13. Russian Blue

Dikenal sebagai Kucing Archangel, Russian Blue dinamai karena bulunya yang berwarna abu-abu yang memberikan warna biru ketika terkena cahaya.

Kucing ini dianggap hipoalergenik, membuatnya ideal bagi banyak penderita alergi. Mereka dikenal sebagai hewan peliharaan yang aktif tetapi santai dengan sikap yang menyenangkan namun tenang.

Anda bisa mendapatkan anak kucing Russian Blue dengan harga mulai dari $500 sekitar Rp 700 ribu.

 

14 dari 18 halaman

14. British Shorthair

Dahulu dikenal karena kehebatan berburu dan fisiknya, kucing British Shorthair saat ini jauh lebih kikuk.

Nenek moyang mereka adalah kucing rumahan di Kekaisaran Romawi, dan anggota awal dari ras resmi ini diciptakan dari kucing-kucing jalanan di Inggris.

Kucing ini memiliki wajah lebar yang membuat mereka tampak gemas, yang memang pantas karena British Shorthair adalah kucing yang penuh kasih sayang.

Kucing ini tidak terlalu energik dan mudah bergaul dengan hampir semua orang. Sebagian besar harganya sekitar $1.200 atau sekitar Rp 18 juta, meskipun beberapa British Shorthair yang langka harganya bisa mencapai $2.000 sekitar Rp 31 juta.

 

15 dari 18 halaman

15. Egyptian Mau

Dengan bulu berbintik-bintik, Egyptian Mau jelas memiliki penampilan seperti kucing liar. Ini adalah satu-satunya ras yang memiliki bulu berbintik secara alami, dan itu adalah bagian dari alasan mengapa mereka begitu mahal sekitar $1.800 atau sekitar Rp 28 juta.

Lebih dari sekedar kucing rumahan yang menarik, Egyptian Mau dikenal sangat setia dan melekat pada manusia. Hampir musnah pada Perang Dunia II, ras ini diselamatkan oleh seorang peternak tunggal dan Mau-nya yang bernama Baba.

16 dari 18 halaman

16. Norwegian Forest

Kucing besar dengan tubuh yang kokoh dan bulu lebat menjaga mereka tetap hangat saat musim dingin di Norwegia.

Norwegian Forest adalah ras alami dengan penampilan liar yang khas. Terlepas dari penampilan mereka, ras ini sepenuhnya domestik dan bahkan keturunan dari kucing domestik yang dibawa ke Eropa utara oleh orang Romawi. Awal mula ras ini tidak diketahui, meskipun jika mitologi Norse dapat dipercaya, mereka telah ada selama ribuan tahun. 

Harga kucing besar satu ini bisa mencapai $1.500 atau sekitar Rp 23 juta.

17 dari 18 halaman

17. Selkirk Rex

Selkirk Rex cukup langka, itulah sebabnya mengapa mereka bisa dijual dengan harga setinggi itu. Memang, harga Selkirk Rex termahal tidak mendekati harga kucing Savannah, tetapi $1.500 sekitar Rp 23 juta masih sangat mahal untuk seekor kucing. Apa yang spesial dari ras ini adalah bulunya yang keriting, yang membuat mereka unik di dunia kucing.

 

18 dari 18 halaman

18. American Shorthair

American Shorthair telah lama dicintai karena kepribadiannya yang menawan. Kucing ini adalah kucing asli Amerika; nenek moyang mereka telah berlayar menyeberangi lautan ke Dunia Baru dengan The Mayflower.

Saat itu, mereka lebih dicintai karena kemampuan mereka menangkap tikus daripada sikap mereka. Pada tahun 1960-an, ras ini menerima namanya sendiri sehingga dapat dibedakan dari banyak kucing domestik berbulu pendek di seluruh Amerika.

Ras satu ini bisa seharga $1.200 atau sekitar Rp 18 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.