Sukses

Bakso Hingga Tempe Mendoan, 8 Makanan Ini Lebih Nikmat Disantap Saat Hujan

Indonesia sudah memasuki musim hujan, beberapa makanan ini akan sangat nikmat apabila disantap saat hujan datang.

Liputan6.com, Jakarta Sudah sebulan lebih di Indonesia mengalami musim hujan. Menurut BMKG, awal musim hujan tahun 2022/2023 akan mulai pada kisaran bulan September hingga November 2022.

Saat musim hujan tiba, fisik kita akan terasa mudah cape dan lelah karena pergantian musim ini membuat efek adaptasi diri kita bekerja. Tak hanya itu terkadang hujan juga kita mudah kelaparan.

Proses tersebut akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh bisa lemah. Saat itu, penyakit akan mudah menyerang tubuh. Selain perlu mengonsumsi vitamin untuk menambah daya tahan tubuh, kita juga perlu asupan yang hangat dan nikmat pendampingnya di kala hujan tiba.

Nah, kalian tau enggak ada beberapa makanan yang jika disantap saat hujan akan menambah kenikmatannya lho. Bagi kalian kaum mageran yang banyak menghabiskan waktu di rumah saja, berikut ini beberapa makanan yang bisa kamu buat sendiri loh. Apa saja sih makanan tersebut? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mi Rebus

Makanan yang satu ini tentu disukai banyak orang di Indonesia. Hampir semua kalangan menyukai mi rebus sebagai makanan pengisi perut. Mengombinasikannya dengan telur, sayuran, ayam, dan bahan lainnya dapat menjadikan makanan ini pelengkap yang sempurna saat hujan turun.

2. Bakso

Siapa yang tidak kenal dengan makanan dari segala kalangan ini. Hampir seluruh daerah di Indonesia menyajikan makanan ini di warung sampai restoran. Bakso yang terbuat dari daging sapi bercampur kuah akan membuat diri hangat ketika hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Semakin Nikmat Disantap Saat Hujan Selanjutnya

3. Sup

Sup yang berisi daging ayam atau daging sapi, kentang, wortel, dan kuah kaldu dapat menghangatkan tubuh kalian dikala hujan. Selain nikmat, sup juga bergizi dan kaya akan protein serta vitamin. Memakan sup biasanya diiringi dengan semangkuk nasi putih bisa menambah kenikmatan loh.

4. Soto

Sama seperti sup, soto juga makanan hangat yang digemari banyak orang, soto biasanya diidentikan kuah yang kental dan berwarna pekat. Makanan khas Indonesia ini bisa jadi penghangat tubuh. Racikan bumbu dan kuahnya yang kental akan menambah kenikmatan.

Di Indonesia sendiri ada banyak ragam soto, seperti soto betawi, soto banjar, soto lamongan, soto lenthok, soto kudus, soto makassar, soto surabaya, soto sokaraja dan sebagainya. Soto mudah sekali dijumpai di warung makan serta abang keliling depan rumah.

5. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan atau lebih dikenal dengan Mendoan adalah makanan khas dari Banyumas, Jawa Tengah. Mendoan dianggap berasal dari kata mendo yang berarti setengah matang atau lembek dalam bahasa Banyumas. Makan tempe mendoan saat cuaca dingin? Cukup menarik bukan. Makan ini saat hujan bisa menghangatkan tubuh kalian. Kerenyahan tepi luar tempe dan lembutnya bagian tengah menjadi kombinasi yang sangat nikmat, tambahkan kecap manis untuk dicelupkan dan teh atau kopi panas dan kalian siap untuk menyantapnya.

 

3 dari 4 halaman

Camilan yang Nikmat Disantap Saat Hujan

 

6. Tahu Goreng

Masih ada lagi dari kalangan gorengan, tahu goreng juga tidak pernah salah dalam menemani kalian ketika hujan. Perpaduan tahu yang hangat renyah di luar lembut dan di dalam, kombinasi ini sangat cocok ketika hujan datang untuk dimakan. Tak sedikit orang yang mencari tahu goreng saat musim hujan. Akan lebih nikmat jika dilengkapi dengan cabai bulat.

7. Wedang Ronde

Wedang ronde adalah salah satu dari sekian banyak minuman tradisional dari Jawa Tengah yang berbahan dasar jahe. Karena terbuat dari jahe, wedang ronde memiliki rasa yang menghangatkan tenggorokan sehingga cocok disantap saat hujan.

Wedang ronde mirip dengan sekoteng terutama karena jahe sebagai komponen utamanya. Bola-bola ketan di wedang ronde biasanya berisi kacang tanah dan gula merah. Dengan tambahan roti tawar, bola-bola ketan ini dimandikan dengan kuah jahe dan ditaburi kacang goreng.

Makanan ini biasanya dijumpai ketika malam hari dan dibawa oleh abang-abang, jadi buat kamu kaum mageran bisa teriak aja deh depan rumah kamu apabila abangnya lewat.

8. Kembang Tahu

Dilansir di Pigeonweek, kembang tahu adalah minuman tahu panas yang populer di Jawa. Biasanya disantap pada malam hari, saat cuaca dingin, atau di musim hujan. Minuman ini menggunakan kuah jenis jahe yang dapat melegakan tenggorokan dan badan.

4 dari 4 halaman

Deretan Kreasi Mi yang Bisa Dibuat di Rumah

Aneka sajian mi menjadi makanan yang disukai banyak orang. Mulai tua sampai muda. Sajian bisa menjadi menu akhir pekan untuk keluarga. Tak hanya mi goreng, ada pula sajian mi berkuah. Biasanya banyak orang berkreasi dengan menambahkan telur sampai kornet. Sebagai rekomendasi, berikut varian olahan mi yang bisa kamu buat. 

Mi Kuning Sayur Sawi

Mi kuning sayur sawi termasuk sajian sedap yang paling mudah dibuat. Bumbu yang digunakan pun tergolong bumbu dasar yang mudah ditemukan, antara lain cabai rawit, bawang putih, bawang merah, merica, garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Simpel bikinnya dan enak rasanya. Cocok juga untuk dijadikan bekal, lho.

Mi Goreng Kornet

Ingin membuat kreasi mi goreng instan yang lebih menggugah selera? Coba deh bikin mi goreng kornet ini. Mi goreng dengan kornet sapi, bawang putih, bawang merah, ditambah bubuk cabai, lada bubuk, dan kecap manis bisa jadi sajian nikmat. Para pecinta makanan pedas wajib coba menu yang satu ini.

Mi Goreng Kecap

Bosan dengan mi instan, bisa coba pakai mi kuning untuk diolah jadi mi goreng kecap pedas. Mi kuning yang sudah direbus dan ditiriskan bisa diolah dengan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kecap manis, saus tiram, dan kaldu jamur. Bumbu bawang dan cabai yang sudah dihaluskan tingal ditumis lalu dicampur dengan mi untuk kemudian ditambah bumb saus dan kaldu. Rasanya pun sedap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.