Sukses

Usir Rasa Sedih, 7 Cara Mudah Perbaiki Mood Secara Instan

Alih-alih berlarut dalam kesedihan, tentu Anda banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu memperbaiki mood.

Liputan6.com, Jakarta - Mood atau suasana hati bisa berubah-ubah, terkadang senang tiba-tiba menjadi sedih, begitupun sebaliknya. Marah, sedih, jenuh atau sedih tentu lumrah dialami setiap individu.

Alih-alih berlarut dalam kesedihan, tentu Anda banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu memperbaiki mood.

Sains kini telah berkembang jauh dan telah menunjukkan beberapa hal mengejutkan dan bahkan aneh yang bisa digunakan untuk meningkatkan suasana hati Anda secara instan.

Untuk itu, ketahui beberapa cara yang terbukti secara ilmiah bisa membuat Anda merasa senang dalam sekejap, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (7/6/2022).

1. Letakkan es batu di bagian atas leher Anda

Menempatkan es batu pada titik yang tepat di lehermu adalah teknik Tiongkok kuno yang disebut Feng Fu. Hal ini diyakini untuk membantu dengan sejumlah masalah termasuk sakit kepala, kurang tidur, selulit dan perbaikan mood.

2. Warnai dinding kamar mandi Anda dengan krayon saat Anda mandi

Ini membantu Anda menggabungkan dua teknik penghilang stres yang terbukti dan melatih keterampilan melukis Anda juga, yang menjadi nilai tambah.

Menurut penelitian, mewarnai mengurangi stres karena membantu kita memfokuskan kembali perhatian kita. Tidak hanya itu, para ilmuwan menemukan bahwa mandi secara teratur membantu mengatur kecemasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Cium aroma rumput segar

Aroma rumput segar terbukti bekerja dengan sangat baik dalam hal meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres.

4. Berdiri tegak dengan bahu ke belakang

Memiliki postur yang baik benar-benar membuatmu merasa seperti seorang pemenang. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki postur tegak bisa membuatmu merasa lebih waspada dan antusias, merasa kurang takut dan memiliki harga diri yang lebih tinggi.

Ini bahkan bisa membantumu merasa lebih bertekad saat menghadapi masalah.

5. Taruh sedikit garam di lidahmu

Bagi individu yang mengalami gangguan kecemasan yang berat, tampaknya hanya dengan sedikit garam di lidah bisa sangat membantu situasi.

Ini melibatkan indra Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari fokus pada hal yang membuat Anda panik. Namun, beberapa individu akan mengalami sesak napas karena produksi asam yang dirangsang oleh garam.

 

3 dari 3 halaman

Cara lainnya

6. Bermain di tanah

Para peneliti dari Inggris menemukan bahwa bakteri “ramah” yang biasa ditemukan di tanah mendorong sel-sel otak untuk memproduksi zat kimia serotonin, yang memiliki efek serupa dengan antidepresan.

7. Makan cokelat

Cokelat diketahui memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati yang sangat ampuh. Antioksidan dalam cokelat (resveratrol) menghasilkan ramuan endofrin dan serotonin—bahan kimia yang membuat Anda bahagia dan puas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.