Sukses

Sepatu hingga Camilan, 6 Benda Ini Sebaiknya Tak Kalian Simpan di Kamar Tidur

Berikut ini beberapa benda yang menurut ahli tak disarankan untuk diletakkan di dalam kamar tidur.

Liputan6.com, Jakarta Kamar tidur nampaknya menjadi tempat yang paling penting bagi semua orang. Beberapa orang mungkin memasuki kamar tidur mereka hanya ketika waktunya tidur, tetapi yang lain melakukan sebagian besar aktivitas sehari-hari mereka di dalam ruangan ini. 

Mereka makan sambil duduk di tempat tidur atau berlari di treadmill tepat di sebelahnya. Namun, meskipun mereka mungkin merasa nyaman melakukan semua hal di kamar, tapi menyimpan semua barang tak perlu di dalam kamar mungkin bisa memberikan dampak buruk. Ya, rupanya ada beberapa benda yang menurut ahli tak disarankan untuk diletakkan di dalam kamar tidur. Dilansir dari Brightside, berikut ulasannya.

Sepatu

Alasan utama orang melepas sepatu sebelum masuk rumah adalah kebersihan. Sepatu Anda membawa banyak bakteri dan kotoran, dan semua itu bisa menempel di karpet indah Anda dan menodainya. 

Namun, banyak orang tidak memiliki rak sepatu di luar rumah mereka, sehingga mereka meninggalkan sepatu mereka hanya melewati pintu masuk, bahkan terkadang di kamar tidur. Hal terbaik untuk dilakukan adalah melepas sepatu Anda di luar pintu dan membawanya ke tempat penyimpanan sepatu Anda.

Hindari meletakkan sepatu Anda di dekat tempat tidur Anda bagaimanapun caranya. Ini adalah ruang yang harus bebas kuman dan benar-benar tidak berbau. Jika Anda tidak terbiasa melepas sepatu saat berada di dalam rumah, setidaknya ikuti aturan tersebut untuk kamar tidur.

Alarm atau Ponsel

Kecemasan alarm adalah ketakutan di mana orang tidak mempercayai alarm mereka untuk bekerja dengan baik. Mereka juga takut alarm akan membangunkan mereka sebelum mereka cukup tidur. 

Kecemasan ini berasal dari kenyataan bahwa banyak orang melihat jam alarm mereka ketika mereka bangun di tengah malam, memikirkan betapa sedikit waktu yang tersisa untuk tidur. Ini dapat diperbaiki hanya dengan memindahkan jam ke ruangan lain yang masih cukup dekat untuk mendengar dering.

Anda juga dapat menghilangkan jam sepenuhnya dengan memastikan Anda tidur nyenyak setiap malam. Ini adalah bagaimana Anda dapat membuat siklus tidur dimana otak Anda bangun dengan sendirinya. Tetapi Anda juga harus menjauhkan ponsel Anda dari jangkauan karena alasan yang hampir sama. Anda tidak ingin terus memeriksa waktu dan semua pesan dan alarm yang muncul di layar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peralatan olahraga dan pemanas

Peralatan olahraga

Peralatan olahraga membutuhkan ruang khusus dan jika Anda tidak memiliki rumah besar, menyimpannya bisa jadi rumit. Namun, Anda tidak boleh menyimpannya di kamar tidur. Hal ini tidak hanya menyebabkan kekacauan saat peralatan tidak lagi digunakan, tetapi juga bukan hal yang paling higienis untuk disimpan di samping tempat tidur Anda. Selain itu, peralatan Anda dapat menyebabkan rasa bersalah jika Anda melewatkan rutinitas olahraga akhir-akhir ini. Rasa bersalah itu dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari, oleh karena itu, membuat Anda kehilangan tidur Anda yang berharga.

Pemanas ruangan

Menggunakan pemanas sepanjang malam dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi yang dapat menyebabkan gatal. Orang dengan masalah jantung dan asma harus sangat berhati-hati dengan pemanas karena dapat meningkatkan kadar karbon monoksida di udara. Hal ini terutama berlaku dengan pemanas gas, karena bahkan dapat menyebabkan asfiksia. Hal yang aman untuk dilakukan adalah mematikan pemanas ketika Anda pergi tidur atau meninggalkan kamar.

Bahkan saat Anda berada di ruangan dengan pemanas menyala, pastikan tidak ada benda yang mudah terbakar di dekatnya. Hindari meletakkannya di lantai berkarpet dan pilihlah permukaan yang keras sebagai gantinya. Jika Anda mulai merasa pusing atau mengalami sakit kepala, itu mungkin pertanda bahwa kadar karbon monoksida telah meningkat secara berbahaya.

3 dari 3 halaman

Camilan dan meja kerja

Camilan

Jika Anda menyimpan makanan ringan di kamar tidur, kemungkinan besar Anda akan makan lebih sering di sana daripada di dapur. Kebiasaan ini sangat tidak sehat karena semua remah-remah yang tertinggal di kamar Anda mengundang banyak kuman dan bakteri. Selain itu, Anda mungkin makan berlebihan saat makan di tempat tidur, menonton acara di laptop atau TV. Otak Anda sangat terganggu oleh lingkungan yang santai sehingga tidak memberi sinyal saat perut sudah cukup. Makan di tempat tidur juga bisa mengganggu tidur Anda. Otak Anda diajari bahwa tempat tidur adalah tempat Anda makan dan menonton TV. Jadi ketika waktunya untuk tidur, itu masih dalam mode kerja penuh dan tidak dapat memahami bahwa perlu mematikan mesin.

Meja kerja

Memisahkan pekerjaan Anda dari waktu relaksasi Anda sangat penting ketika Anda bekerja dari rumah. Ini karena otak Anda dapat dengan mudah terganggu oleh tanggung jawab ketika Anda hanya ingin berbaring. Solusi mudahnya adalah dengan memindahkan meja Anda ke luar kamar tidur Anda. Tapi terkadang itu tidak mungkin jika Anda tinggal di ruangan kecil atau semua ruangan lain digunakan untuk tujuan lain.

Jika demikian halnya dengan Anda, Anda pasti perlu menghindari duduk di tempat tidur untuk melakukan pekerjaan Anda. Tidak hanya buruk untuk postur Anda, tetapi Anda juga bisa terganggu dan tergoda untuk berhenti bekerja lebih awal. Anda juga bisa membalikkan meja agar tidak menghadap tempat tidur atau bahkan menggunakan tirai untuk membuat semacam sekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.