Sukses

4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Tetap Baik

Ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk menjaga matamu tetap sehat dan membantu mencegah kehilangan penglihatan di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat mata sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Sementara kehilangan penglihatan bukanlah bagian normal dan penuaan, jadi sangat penting untuk melindungi penglihatan kita, bahkan jika Anda memiliki kesehatan mata yang baik.

Menjadi normal untuk mengalami perubahan penglihatan seiring bertambahnya usia, seperti kesulitan membedakan warna, menyesuaikan diri dengan silau dan rabun dekat atau rabun jauh.

Namun, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk menjaga matamu tetap sehat dan membantu mencegah kehilangan penglihatan di kemudian hari.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap baik, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (13/4/2022).

1. Makan makanan yang seimbang

Pilih makanan tinggi antioksidan, seperti vitamin A dan C, sebagai bagaian dari diet sehat Anda, seperti sayuran berdaun hijau dan ikan.

Banyak makanan, terutama ikan berlemak seperti salmon, mengandung asam lemak omega-3 esensial yang penting untuk kesehatan makula, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.

2. Tidur nyenyak

Ketika Anda cukup tidur, Anda akan melihat perbedaannya. Anda akan terlihat hebat, berkinerja baik di rumah atau di tempat kerja, dan tidur yang baik akan membantu kesehatan matamu.

Tidur malam yang baik juga memiliki beberapa keuntungan, termasuk fakta bahwa tidur malam mendorong pertumbuhan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Selalu pakai kacamata hitam

Jangan asal memakai kacamata hitam. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan matamu adalah dengan membeli kacamata hitam yang bagus dan akan melindungi matamu dari sinar UV matahari.

Katarak lebih mungkin terjadi jika Anda mendapatkan terlalu banyak paparan sinar UV. Jadi, saat membeli kcamata hitam berikutnya, cari yang menawarkan perlindungan UVA dan UVB 99-100 persen.

4. Hindari menyentuh mata yang tidak perlu

Pertama dan terpenting, hindari kontak mata yang tidak perlu. Namun, jika Anda harus mengucek, lakukan dengan tangan yang bersih.

Banyak kuman dan bakteri yang hidup di tanganmu dan bisa masuk ke matamu, menyebabkan infeksi seperti konjungtivitis bakteri. Salah satu cara orang tertular kuman virus flu adalah dengan mengucek mata.

3 dari 4 halaman

Peneliti ungkap warna mata paling menarik pada pria dan wanita

Menurut penelitian baru, warna matamu memiliki peran dalam seberapa menarik Anda bagi orang lain. Dilansir dari Bestlifeonline, Rabu (2/2/2022), penelitian menemukan bahwa warna mata yang paling menarik pada pria adalah biru.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, pengecer lensa kontak yang berbasis di Inggris, Lenstore, menggunakan foto satu subjek pria dan satu wanita untuk digunakan di setiap profil kencan mereka. 

Para peneliti kemudian menggunakan perangkat lunak pengedit gambar untuk mengubah warna mata mereka menjadi biru, cokelat, hijau, hitam dan ungu untuk menentukan bagaimana warna mata dapat memengaruhi berapa banyak kencan potensial yang akan mereka cocokkan dengan menggunakan foto yang sama di tiga aplikasi kencan yang berbeda. 

Hasil penelitian menemukan bahwa biru adalah warna mata paling menarik pada pria, dengan mengumpulkan 47 dari 173 total kecocokan atau 27,17 persen. 

Warna paling populer berikutnya adalah cokelat dengan 21,97 persen suara, diikuti oleh hijau dengan 16,76 persen, hazel dengan 15,03 persen, dan hitam dengan 10,98 persen. Ungu yang bukan warna alami mendapat skor terendah dengan 8,09 persen dari semua kecocokan.

4 dari 4 halaman

Warna mata wanita paling menarik

Sementara hazel ditemukan sebagai warna mata paling menarik pada wanita. Ketika sampai pada warna mata yang paling menarik pada wanita, hasilnya sangat berbeda. 

Mata hazel menduduki puncak daftar sebagai yang paling populer, dengan 65 dari total 322 kecocokan atau 20,19 persen. Namun, ungu hanya menerima satu pertandingan lebih sedikit, memberikannya 19,88 persen.

Menariknya, warna mata yang lebih populer pada laki-laki berada di urutan terbawah, dengan warna hitam mendapatkan 17,7 persen kecocokan, biru mendapatkan 17,39 persen, dan cokelat 13,35 persen. Mata hijau menerima kecocokan paling sedikit dengan 11,49 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.