Sukses

Jangan Buang Air Besar Lebih dari Lima Menit, Waspada Penyakit Ini

Liputan6.com, Jakarta Ketika 'panggilan alam' tiba, Anda pasti ingin segera menuntaskannya. Apakah itu terjadi setelah perjalanan dua jam atau selama 10 menit perjalanan kereta pulang, Anda tahu perasaan lega akan datang begitu Anda tiba di kamar mandi.

Namun, bagaimanapun Anda membebaskan diri rasa mulas, Anda mungkin tidak terlalu memikirkan berapa lama Anda melakukannya. Menurut dokter, jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di toilet, Anda mungkin harus mengevaluasi kembali kebiasaan Anda itu.

Jangan buang air besar lebih dari lima menit

Anda tidak boleh mengabaikan waktu buang air besar yang terlalu lama. Berbicara kepada Klinik Cleveland pada tahun 2018, ahli bedah kolorektal Michael Valente, DO, mengungkapkan bahwa buang air besar tidak boleh memakan waktu lebih dari beberapa menit.

"Anda harus bisa duduk di toilet (dengan sedikit mengejan, jika ada), dan dalam beberapa menit Anda harus selesai di kamar mandi," katanya. "Lima menit benar-benar harus menjadi waktu maksimum yang Anda habiskan di kamar mandi."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Buang air besar lebih dari 15 menit pertanda sembelit

Ahli bedah kolorektal Karen Zaghiyan, MD mengatakan kepada Healthline pada tahun 2018 bahwa jika Anda tidak memiliki keinginan untuk buang air besar, Anda tidak boleh duduk di toilet lagi.

"Jika buang air besar tidak terjadi setelah beberapa menit di toilet, jangan dipaksakan," katanya.

"Sebaliknya, bangun dan lakukan sesuatu yang lain. Ketika Anda memiliki keinginan untuk buang air besar lagi, Anda dapat kembali ke toilet."

 

3 dari 5 halaman

Sembelit dan masalah serius lainnya

Jika waktu buang air besar Anda mencapai 15 menit atau lebih, itu bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar, seperti sembelit. Menurut Mayo Clinic, sembelit dapat digambarkan sebagai kesulitan buang air besar selama beberapa minggu atau hanya buang air besar tiga kali seminggu.

Dalam beberapa kasus, konstipasi dapat mengakibatkan konsekuensi serius, termasuk pembengkakan kumpulan pembuluh darah di daerah tersebut, yang juga dikenal sebagai wasir. Zaghiyan mengatakan kepada Healthline bahwa duduk di toilet, terutama ketika mencoba memaksakan diri untuk buang air besar, dapat "menyebabkan wasir membengkak dengan darah, menyebabkan gejala seperti nyeri, bengkak, atau berdarah."

 

4 dari 5 halaman

Perbanyak konsumsi serat agar BAB lancar

Kebiasaan makan dan minum tertentu bisa menjadi alasan Anda menghabiskan begitu banyak waktu di toilet.

“Secara teori, tidak ada orang yang membutuhkan waktu lama untuk buang air besar,” Niket Sonpal, MD, asisten profesor di Touro College of Osteopathic Medicine, mengatakan kepada Romper pada tahun 2020.

“Ini berarti orang tersebut tidak mendapatkan cukup air, dan tinjanya terlalu keras. Mereka tidak mendapatkan cukup serat, dan tinjanya tidak cukup besar."

Agar lebih mudah buang air besar, menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda bisa membuat perbedaan yang signifikan. Menurut Mayo Clinic, diet tinggi serat tidak hanya dapat membuat buang air besar lebih sehat, tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5 dari 5 halaman

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Omicron