Sukses

Cara Diet Vegan Sehat, Mudah, dan Murah: Resep Kari Kembang Kol

Cita rasa menu diet kari buncis dan kembang kol ini akan meningkat jika dibiarkan dalam semalam.

Liputan6.com, Jakarta - Menu ini cocok untuk Anda yang bingung ingin menyantap apa saat akhir pekan. Hidangan vegan ini juga bisa menjadi salah satu pilihan menu diet yang sehat.

Apalagi kari buncis dan kembang kol termasuk mudah dalam pengolahannya. Bahan-bahannya pun banyak tersedia di pasar ataupun supermarket. Cukup 10-30 menit, Anda sudah bisa menikmatinya bersama yang tersayang.

Cita rasa kari buncis dan kembang kol akan meningkat jika dibiarkan dalam semalam. Jadi jika Anda memasaknya hari ini, akan lebih sedap jika menyantap kari pada hari berikutnya.

Sajikan dengan sedikit nasi matang atau roti naan hangat, tergantung selera. Anda bisa hiasi menu diet ini dengan irisan cabai hijau, atau daun ketumbar yang dicincang kasar, seperti dikutip dari laman BBC, Sabtu (22/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-bahan:

1. 1 sdm minyak bunga matahari atau minyak sayur

2. 1 bawang bombay kecil, iris

3. 1 siung bawang putih, geprek atau cincang halus

4. 1 sdm parutan jahe segar (kira-kira sebesar ibu jari)

5. 1 sdm bubuk kari sedang

6. 2 sdt kunyit bubuk

7. 400g kaleng santan encer

8. 1 kembang kol kecil, potong kuntumnya, dan iris tangkainya

9. 400 gram buncis, potong-potong

10. 1 buah lemon, potong-potong

3 dari 4 halaman

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak dalam panci dan tumis bawang selama 5 menit sampai lunak. Tambahkan bawang putih dan jahe, tumis selama 2 menit, lalu masukkan bumbu dan masak selama 30 detik.

2. Tambahkan santan, kembang kol dan buncis, santan, bubuk kari, kunyit bubuk. Tutup sebagian panci dan didihkan sekitar 8 menit, hingga kembang kol empuk dan saus mengental. Jika saus terlalu banyak berkurang sebelum kembang kol siap, percikkan sedikit air. Atau jika kembang kol hampir matang dan sausnya terlalu encer, buka tutupnya agar sausnya berkurang.

3. Peras jus dari satu atau dua irisan lemon, secukupnya tergantung selera.

4. Untuk penyajiannya, taburi dengan cabai jika suka pedas, ketumbar jika suka ringan, atau keduanya. Sajikan dengan nasi atau roti naan dan irisan lemon ekstra.

4 dari 4 halaman

Tips:

Gosok kembang kol dengan sedikit minyak, garam, dan merica, lalu panggang selama 8–12 menit pada suhu 180C/160C Fan/Gas 4 hingga berwarna keemasan dan garing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini