Sukses

5 Makanan yang Bantu Mengatasi Stres dan Kecemasan

Saat kecemasan dan stres Anda meningkat, cobalah konsumsi lima makanan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu pastinya pernah mengalami stres dan cemas. Jika Anda mengalami kecemasan dan stres yang berlebihan bisa memengaruhi kesehatan Anda terutama pada jantung dan kekebalan tubuhmu. 

Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakannya, salah satunya dengan makanan. Beberapa makanan ternyata bisa membantu Anda untuk meredakan tingkat stres, seperti cokelat. 

Melansir dari Everyday Health, Sabtu (7/1/2023), ketika Anda stres atau merasa cemas, Anda bisa meningkatkan kebutuhan akan nutrisi tertentu seperti vitamin C, vitamin B, selenium, dan magnesium. Selain itu, jumlah dan kualitas nutrisi yang Anda konsumsi juga bisa berpengaruh pada sirkuit saraf tubuh yang dapat mengontrol emosi, motivasi, dan suasana hatimu.

Berikut ini adalah beberapa makanan lain yang bisa membantu meredakan kecemasan dan stres, seperti dilansir dari Pinkvila.

1. Cokelat Hitam

Biji kakao dan intensitas mentega kakao pada cokelat sebagian besar bisa meningkatkan perkembangan kesehatan yang positif. Cokelat hitam yang kaya akan kakao bisa membantu seseorang untuk meredakan tingkat stres yang mereka alami. 

Cokelat hitam dalam makanan bisa mengurangi stres melalui dampak kimia dan emosionalnya. Selain itu, cokelat juga kaya akan antioksidan dan bisa menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Namun, pastikan cokelat yang Anda konsumsi tidak mengandung gula tambahan yang berlebihan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Manisan Seperti Blueberry

Ketika Anda merasa cemas, Anda bisa memberi asupan makanan yang mengandung vitamin C pada tubuhmu. Makanan yang mengandung vitamin C seperti blueberry, raspberry, dan jeruk. 

Buah tersebut mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa meredakan rasa cemas dan stres. Konsumsilah buah ini ketika Anda sedang merasa stres karena terbukti bisa meningkatkan suasana hati dan meredakan rasa cemas atau stre.

3 dari 5 halaman

3. Yogurt

Yogurt menjadi salah satu makanan sehat dan mampu menjaga kesehatan mental Anda. Yogurt memiliki kekuatan untuk mengendalikan kemampuan berpikir emosional yang berlebihan dari otak Anda yang bisa memicu kecemasan dan stres. 

Kemudian, yogurt bisa membantumu dalam menghilangkan stres dan bisa mendorong kemampuan mental dan otak yang positif. Bakteri sehat yang terdapat pada yogurt selama proses fermentasi bisa meredakan stres, depresi, dan kecemasan yang Anda alami. 

4 dari 5 halaman

4. Alpukat

Alpukat banyak mengandung asam omega 3 yang dipercaya bisa mengurangi stres dan kecemasan. Bisa juga meningkatkan konsentrasi dan suasana hatimu. Selain itu, alpukat bisa membuat jantung, kulit dan perkembangan otak yang lebih sehat. 

Kemudian alpukat kaya akan vitamin, potasium, folat, serat, dan nutrisi lainnya. Selain bisa membantu mengurangi stres, kandungan asam lemak omega-3 juga bisa meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

5 dari 5 halaman

5. Kacang Almond

Almond memiliki sumber vitamin E dan vitamin B, mineral selenium, dan seng yang baik. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B penting untuk kesehatan dan bisa membantu mengurangi stres. Bahkan almond dipercaya bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah. 

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga tinggi magnesium dan ini baik dalam meredakan kecemasan. Hal ini dikarenakan magnesium telah dikaitkan dengan mengendalikan kecemasan yang baik.

Penulis:

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.