Sukses

Manfaat dan Efek Samping Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan, ternyata konsumsi nanas berlebihan juga dapat berbahaya bagi tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Seberapa sering dan seberapa banyak Anda mengkonsumsi nanas? Nanas adalah buah yang kaya akan nutrisi dan senyawa penting lainnya yang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan sistem pencernaan, mendukung kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan.

Buah ini tinggi vitamin, mineral, dan beberapa antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Selain itu, buah ini rendah kalori dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan nanas dapat mencegah obesitas. Namun jika Anda mengkonsumsi nanas terlalu berlebihan dapat menyebabkan rasa perih pada lidah Anda serta menyebabkan berbagai gejala seperti mual, diare, atau mulas.

Berikut ini adalah manfaat buah nanas untuk kesehatan dan juga efek samping yang akan terjadi apabila Anda mengkonsumsi nanas terlalu berlebihan, dilansir dari Times of News.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Nanas

Buah ini kaya akan antioksidan yang akan membantu Anda dalam mencegah kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Selain itu, buah nanas juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang berperan penting dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan melawan pembentukan radikal bebas yang terkait dengan perkembangan kanker.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, nanas mengandung bromelain yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Bromelain yang terkandung dalam nanas juga dapat membantu dalam mengurangi gejala asma. Kandungan yang terdapat buah ini seperti vitamin C, bromelain, mineral, dan enzim juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

 

3 dari 3 halaman

Efek Samping Mengonsumsi Nanas Terlalu Banyak

Kandungan bromelain pada nanas tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun jika Anda memiliki asupan bromelain dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan muntah, diare, ruam pada kulit, dan pendarahan menstruasi yang berlebihan. 

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi nanas mentah atau minum jus nanas mentah karena berbahaya. Departemen hortikultura di Universitas Purdue, nanas mentah beracun bagi manusia dan bisa mengakibatkan diare dan muntah parah. 

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya Anda harus mengurangi konsumsi nanas yang berlebihan. Umumnya, Anda dianjurkan untuk konsumsi nanas satu hingga dua porsi atau satu cangkir nanas per harinya. Penting untuk diperhatikan bahwa nanas adalah buah yang rendah kalori namun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Anda dapat memasukkan nanas dalam makanan Anda namun mengkonsumsinya dengan jumlah sedang untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan Anda. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.