Sukses

Nasi atau Roti, Mana Menu Terbaik untuk Makan Malam?

Lantas manakah yang lebih baik untuk makan malam, roti atau nasi?

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang menghindari mengonsumsi karbohidrat untuk makan malam terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, tentunya sulit menghindari makanan yang mengandung karbohidrat.

 

Baca juga:

 

Karbohidrat yang paling sering menjadi dilema bagi banyak orang adalah nasi atau beras dan roti. Lantas manakah yang lebih baik dari keduanya?

Dilansir dari Times of India, keduanya tidak berbeda jauh dari segi nutrisi. Nasi dan roti diproses dari biji-bijian dan yang membedakan adalah kandungan sodiumnya.

Beras hanya sedikit memiliki kandungan natrium. Sedangkan, 120 gram gandum mengandung 190 miligram sodium. Nasi putih menghilangkan nutrisi utamanya. Jadi, nasi mengandung lebih banyak kalori dan sedikit nutrisi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasi dan roti

Sebanyak 60 gram nasi mengandung 80 kalori, 1 gram protein, 0,1 gram lemak serta 18 gram karbohidrat. Sementara, roti terbuat dari gandum yang lebih bernutrisi daripada nasi.

Roti bisa mengandung 71 kalori, 3 gram protein, 0,4 gram lemak serta 15 gram karbohidrat. Beras mengandung lebih sedikit fosfor dan magnesium daripada gandum. Namun keduanya sama-sama mengandung folat dan zat besi dengan kadar yang sama. Keduanya juga memiliki manfaat kesehatan.

Nasi yang dicampur dengan dal mengandung asam amino serta menjadi sumber protein. Hal ini tidak dimiliki oleh makanan yang termasuk plant-based.

 

Baca juga:

 

3 dari 3 halaman

Perhatikan porsi dan waktu makan

Sedangkan, roti yang dibuat dengan barley, sorghum dan gandum dapat memberikan asupan kalsium, fosfor serta zinc untuk tubuh. Nasi maupun roti termasuk makanan yang sehat dan bisa dikonsumsi secara bergantian.

Namun, Anda perlu memerhatikan porsi dan waktu makannya. Jangan mengonsumsi makanan 3-4 jam sebelum tidur di malam hari. Makan di malam hari bisa membuat perut terasa kembung dan mengurangi kemampuan untuk mencerna nutrisi yang ada pada makanan.

Kalau ingin lebih mengenyangkan, roti adalah pilihan yang tepat karena nasi mengandung lebih sedikit serat, protein maupun lemak.

Semangkuk besar nasi mengandung 440 kalori yang cukup banyak jika dikonversikan dalam jumlah protein. Cukup konsumsi setengah mangkuk nasi atau dua potong roti kalau Anda ingin menurunkan berat badan.

 

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.