Sukses

Jangan Salah, Begini Tips dan Langkah-Langkah Tepat Memandikan Kucing

Liputan6.com, Jakarta - Kucing menjadi hewan yang paling banyak dipilih untuk dijadikan peliharaan. Kucing dikenal dengan tingkahnya yang menggemaskan dan bikin siapa saja terhibur melihatnya.

Tak hanya itu, kucing juga memiliki sifat yang setia kepada majikannya. Tak heran jika kucing cocok dijadikan hewan peliharaan yang akan menemanimu sepanjang hari di rumah.

Ketika memelihara kucing, kamu tentu harus menjaganya selalu bersih dan wangi. Hal ini tentunya untuk menghindari berbagai penyakit yang bisa berdampak buruk kepada si kucing dan juga dirimu sendiri.

Salah satu caranya yakni dengan rutin memandikannya. Sayangnya, memandikan kucing secara rutin ke pet shop tentu akan menguras dompetmu. Oleh karena itu, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

Meski terkesan sulit karena kucing akan memberontak, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tips dan langkah-langkah yang tepat memandikan kucing tanpa membuatnya kabur dan memberontak. Melansir dari Wikihow, Jumat (14/8/2020), berikut langkah-langkahnya.

2 dari 7 halaman

Gunting kuku kucing

Langkah pertama yakni lakukan beberapa persiapan. Sebelum memandikan kucing rupanya ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan, seperti mengenakan pakaian yang aman. Pakaian aman yang dimaksud adalah dengan menggunakan pakaian lengan panjang untuk jaga-jaga jika si kucing akan menyakar bagian tubuhmu.

Selanjutnya gunting kuku kucing agar meminimalisir luka akibat amukannya. Hal ini juga sekaligus sebagai langkah pembersihan pada kuku kucing sebelum dimandikan.

3 dari 7 halaman

Sisir bulu kucing

Jangan lewati langkah ini. Menyikat kucing akan membantu menghilangkan bulu kucing yang kusut. Bulu yang kusut akan jauh lebih sulit dan menyakitkan untuk dihilangkan setelah kucing basah. Terkadang cara ini juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengalihkan perhatiannya agar kukunya bisa dipotong.

4 dari 7 halaman

Pilih waktu yang tepat

Pilihlah waktu ketika kucing sedang tenang atau kelelahan untuk memandikan kucing. Ini akan membuat mereka cenderung tidak menggigit, menggaruk, atau mencoba melarikan diri saat dimandikan.

Kamu juga bisa membujuk kucing dengan meletakkan beberapa mainan di dalam bak kosong. Saat kucing asyik bermain, cobalah untuk menambahkan air ke dalam bak sedikit demi sedikit. Dengan melakukan itu, Anda akan membuat kucing terbiasa dengan bak mandi dan air.

5 dari 7 halaman

Mulai memandikan kucing dengan perlahan

Langkah selanjutnya, tuangkan sedikit sampo ke tubuh kucing dan gosokkan secara perlahan. Bicaralah dengan tenang dan eluslah kucing dengan lembut ketika memandikan kucing. Hal ini akan membuat kucing lebih tenang.

Gosokkan sampo ke seluruh tubuh kucing sampai ke ekor. Jangan lupakan bagian bawah dan leher, seperti kaki kucing. Hindari mengenai telinga kucing, untuk mencegah infeksi pada bagian telinga. Kucing juga sangat tidak suka ada air atau benda masuk ke telinganya.

Setelah selesai, bilas kucing kamu dengan air hangat. Ingat ya, pastikan untuk tidak terkena bagian mata dan telinganya kucing.

6 dari 7 halaman

Keringkan kucing

Perlahan-lahan, gosok kucing dengan handuk lembut dari kepala hingga kaki. Setelah itu, untuk mengeringkan bulu-bulunya, kamu bisa menggunakan hair dryer atau pengering rambut. Jika kucing takut dengan hair dryer, kamu bisa menjemurnya dibawah sinar matahari dengan keranjang kucing.

Jika telah selesai, berikan kucing makanan atau camilan kesukaannya. Hal ini bisa sebagai hadiah baginya. Ini juga bisa membuat kucing mau dimandikan lagi.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: