Sukses

Makan Daging Terlalu Banyak? Sayur dan Buah Ini Bantu Kamu Turunkan Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha biasa disebut juga Hari Raya Kurban. Pasalnya, pada hari tersebut dilakukan penyembelihan hewan kurban yang dagingnya akan dibagikan ke masyarakat.

Umumnya, daging kurban adalah daging sapi atau daging kambing. Daging-daging tersebut diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari yang kuahnya bening hingga bersantan.

Namun, mengonsumsi daging terlalu banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan lemak di dalamnya. Ketika jumlahnya terlalu banyak dalam darah, kolesterol dapat menempel pada dinding arteri pembuluh darah sehingga menyebabkan peredaran darah tak lancar dan meningkatkan penyakit jantung.

Untuk mencegah penyakit yang datang akibat kolesterol yang tinggi, perlu menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat. Sebaiknya, saat mengonsumsi daging sapi atau kambing diimbangi dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat.

Lantas apa saja buah dan sayuran yang bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah stabil?

 

2 dari 7 halaman

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal dan serat, salah satunya adalah serat larut air yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Alpukat mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak daripada buah lainnya.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat adalah asam oleat tunggal yang bersifat sebagai antioksidan kuat yang dapat berguna bagi tubuh dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Mengonsumsi buah lebih baik dalam bentuk utuh daripada diblender agar tak merusak kandungan seratnya.

 

3 dari 7 halaman

Pisang

Salah satu buah yang juga bisa menurunkan kolesterol adalah pisang. Pisang memiliki kandungan zat inulin yang dapat membantu mengurangi kolesterol dari makanan yang dikonsumsi.

Pisang juga mampu membersihkan saluran pencernaan sehingga kolesterol tak menyumbat aliran darah dan arteri.

 

4 dari 7 halaman

Bayam

Salah satu sayuran yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah bayam. Bayam dinilai paling efektif untuk menurukan kolesterol karena kandungan lutein dan karotenoid di dalamnya.

Kandungan tersebut mampu menyingkirkan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh.

 

5 dari 7 halaman

Kacang Panjang

Kacang merupakan sumber serat larut yang sangat tinggi. Dengan mengonsumsi serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah kacang panjang.

Kacang panjang memiliki rendah lemak dan kalori. Sekitar 150 gram kacang panjang mengandung 2,6 gram serat.

 

6 dari 7 halaman

Kentang

 Selain mengandung nol kolesterol, kentang juga rendah lemak trans. Kentang kaya akan serat larut yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Agar mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya konsumsi kentang dengan cara direbus dan makanlah kentang bersama dengan kulitnya.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: