Sukses

6 Manfaat Pakcoy Bagi Kesehatan, Tingkatkan Imunitas hingga Jantung

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi pakcoy untuk kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta - Pakcoy menjadi salah satu jenis sayuran hijau tersehat yang sering ada dalam masakan Asia. Pakcoy juga dikenal karena khasiat untuk berbagai masalah penyakit.

Karena dipenuhi dengan nilai gizi dan kandungan beta-karoten yang tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya, pakcoy bahkan masuk dalam menu diet sehat. Rasa daun yang renyah membuatnya menjadi tambahan yang mudah untuk berbagai hidangan. 

Dalam pengobatan Tiongkok kuno, pakcoy digunakan sebagai unsur penyembuhan dalam mengobati batuk, demam dan penyakit serupa.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi pakcoy untuk kesehatan? Berikut ulasannya melansir Boldsky, Senin (20/7/2020).

1. Meninkatkan Kekuatan Tulang

 

Pakcoy memiliki kandungan mineral yang kaya seperti magnesium, besi, kalsium dan seng yang memiliki dampak langsung pada peningkatan kekuatan tulangmu.

Konsumsi pakcoy secara teratur akan berdampak positif pada struktur dan kepadatan tulang. Ini membantu dalam mencegah timbulnya osteoporosis serta membatasi penyakit tulang yang berkaitan dengan umur.

Kombinasi vitamin K dan kandungan kalsium dalam daun hijau sama-sama bermanfaat karena menurunkan risiko patah tulang, karena mempromosikan pengembangan matriks tulang yang seimbang.

 

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Mengurangi Tekanan Darah

Kandungan kalium yang tinggi dalam pakcoy bersama dengan kandungan kalsium dan magnesium membantu secara alami menurunkan tingkat tekanan darah yang tinggi.

Kalium dalam sayuran berfungsi sebagai vasodilator, sehingga mengurangi ketegangan dalam pembuluh darah.

3 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kombinasi fosfor, magnesium dan serat dalam pakcoy membantu menjaga kesehatan jantung. Bersamaan dengan ini, kandungan folat, potasium, vitamin C dan vitamin B6 berkontribusi terhadap tujuan tersebut.

Mineral dalam daun bekerja dengan membersihkan racun dan kolesterol dari arteri. Itu juga membantu dalam mengurangi kadar homocysteine dalam darah yang bisa menyebabkan berbagai masalah kardiovaskular.

Konsumsi pakcoy secara teratur membantu mengelola fungsi jantung yang tepat dan membatasi serangan stroke, serangan jatung dan aterosklerosis.

4 dari 6 halaman

4. Mengurangi Peradangan

Pakcoy mengandung kolin, nutrisi penting yang membantu mengurangi tingkat peradangan. Ini juga disebut sebagai agen peradangan, karena membatasi timbulnya masalah terkait peradangan seperti nyeri sendi dan radang sendi.

5 dari 6 halaman

5. Tingkatkan Imunitas

Pakcoy memiliki kandungan vitamin C yang baik di dalamnya, yang sangat penting dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam pakcoy membantu dalam merangsang produksi sel darah putih. Menjaga antioksidan, itu juga membantu dalam mencegah penyakit kronis serta stres oksidatif.

6 dari 6 halaman

6. Meningkatkan Pencernaan

Kandungan serat dalam pakcoy bermanfaat dalam membantu proses pencernaan. Konsumsi pakcoy secara teratur tidak hanya meningkatkan proses tetapi juga mengobati gangguan pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.