Sukses

Kisah Pria di China, Berat Badan Naik 101 Kilogram Selama Pandemi

Seorang pria mengalami kenaikan berat badan sebesar 101 kilogram setelah lima bulan berada di rumah selama masa pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit dari masyarakat yang merasa stres karena harus menjalani isolasi di rumah saat masa pandemi Corona atau Covid-19. Rasa cemas yang bisa menimbulkan stres ini akan memicu orang tersebut untuk makan lebih banyak. Selain itu, aktivitas yang dilakukan semakin berkurang.

Kondisi ini tentunya memicu meningkatnya berat badan dan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh yang lainnya. Hal ini pula yang dialami oleh Zhou, seorang pria 26 tahun yang berasal dari Wuhan, China.

Dalam kurun waktu lima bulan, Zhou mengalami kenaikan berat badan sebanyak 101 kilogram. Hal ini disampaikan pihak rumah sakit yang menangani dirinya, yaitu Zhongnan Hospital of Wuhan University dalam unggahan media sosialnya.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditetapkan sebagai pria dengan bobot terberat

Zhou terpaksa dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans setelah dirinya kritis karena berat badannya. Saat ini, ia ditetapkan sebagai pria dengan bobot terberat di Wuhan, yaitu lebih dari 279 kilogram.

Zhou sendiri merupakan pekerja di sebuah kafe sebelum akhirnya pemerintah menerapkan status lockdown pada Januari lalu, dan membuat dirinya tak lagi bekerja.

3 dari 4 halaman

Berbagai cara telah dilakukan

Pihak rumah sakit mengatakan bahwa Zhou sudah berjuang keras dengan berat badannya sebelum pandemi datang. Ia juga sudah mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badannya, tetapi tidak kunjung berhasil.

4 dari 4 halaman

Harus menjalani operasi

Terakhir kali berat badan Zhou mencapai 177,8 kilogram pada akhir tahun kemarin. Akibat terus berada di rumah selama lima bulan, berat badan Zhou semakin bertambah.

Kini Zhou didiagnosa mengalami gagal jantung dan disfungsi pernapasan. Ia pun mulai menjalani operasi penurunan berat badan dengan menghilangkan bagian pada perutnya. Zhou juga memiliki target harus menurunkan berat badannya sebanyak 25 kilogram untuk menurunkan risiko operasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.