Sukses

6 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Mangga, Bisa Tingkatkan Imunitas

Liputan6.com, Jakarta - Mangga menjadi salah satu buah musiman yang disukai banyak individu. Selain enak, buah ini juga kaya akan protein, serat, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B-6, vitamin K dan kalium.

Karena kaya akan nutrisi, buah-buah ini juga membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung.

Nah, penasaran apa lagi manfaat kesehatan yang didapat jika rutin mengkonsumi mangga? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (16/6/2020).

1. Turunkan Kadar Kolesterol

Mangga memiliki tingkat vitamin C, pektin dan serat tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, mangga juga kaya kalium, yang menjadi komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Ini membantu dalam mengendalikan detak jantung serta tekanan darah. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Kekebalan

 

Kombinasi vitamin C, vitamin A serta 25 jenis karoten yang hadir dalam mangga diklaim bisa membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B yang membantu meningkatkan imunitas. Karena kaya akan nutrisi, mangga juga diklaim bisa membantu melawan infeksi.

3 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mangga adalah sumber potassium dan magnesium yang baik, bisa membantu menjaga denyut nadi yang sehat dan juga meningkatkan kadar tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh.

Antioksidan yang disebut mangiferin dalam mangga bisa melindungi sel-sel jantung terhadap peradangan, stres oksidatif dan kematian sel.

4 dari 6 halaman

4. Mengurangi Risiko Kanker

Mangga kaya akan polifenol yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi mengatakan bahwa polifenol ini bisa membantu melindungi terhadap stres oksidatif.

Selain itu, mangga juga bisa menghentikan pertumbuhan atau menghancurkan berbagai sel kanker.

5 dari 6 halaman

5. Membantu Masalah Pencernaan

 

Mangga kaya akan pektin berserat, yang membantu memecah makanan dalam sistem. Mangga juga mengandung beberapa enzim yang membantu memecah protein, seperti amilase yang bisa membantu dan meningkatkan kesehatan pencernaanmu.

6 dari 6 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

 

Mangga kaya akan vitamin A dan satu iris mangga sama dengan 25 persen asupan kebutuhan harianmu akan vitamin A.

Mangga membantu meningkatkan penglihatan yang baik, melawan matan kering dan juga bisa membantu mengatasi masalah penglihatan ketika malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.