Sukses

Dilarang Mudik, Ini 6 Hal yang Akan Dirindukan Perantau Jelang Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tak lepas dari kegiatan mudik atau pulang kampung. Ya, tiap tahunnya sebagian besar warga Jakarta pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran di sana.

Namun tahun ini cukup berbeda, pasalnya pemerintah melarang kegiatan mudik guna menekan angka penyebaran virus Corona Covid-19 yang masih mewabah. Hal ini membuat banyak orang yang terpaksa mengurungkan niatnya untuk kembali ke kampung halaman.

Tentunya tak sedikit yang akan merindukan momen mudik lebaran. Terlebih bagi para perantau, harus menahan bertemu orang tua dan sanak saudara di Lebaran tahun ini.

Tak hanya bertemu saudara, masih ada kebiasaan lain saat mudik yang tentunya akan dirindukan banyak orang. Dikutip dari berbagai sumber, berikut rangkumannya.

Kampung halaman

Tentu tak sedikit yang merindukan kampung halaman lantaran tak bisa mudik tahun ini. Biasanya beberapa waktu sebelum Hari Raya Idul Fitri orang-orang telah pulang ke kampung halamannya masing-masing. Lantaran tak bisa mudik tahun ini tentu banyak yang rindu dengan suasana kampung halaman di musim Lebaran.

2 dari 6 halaman

Berburu tiket

Kebiasaan berburu tiket lebaran juga tentunya akan dirindukan. Untuk berburu tiket mudik sendiri butuh perjuangan lantaran harus dibeli jauh-jauh hari.

Biasanya pemudik membeli tiket bahkan jauh sebelum Ramadan tiba. Pasalnya jika membeli tiket menjelang lebaran, besar kemungkinan akan kehabisan.

3 dari 6 halaman

Macet-macetan

Nah, rupanya tak sedikit pula yang memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi. Biasanya menjelang Lebaran seperti ini arus mudik sudah dipadati ratusan ribu kendaraan. Tak sedikit yang lantas harus bermacet-macetan. Namun hal ini nampaknya justru menjadi hal yang sangat dirindukan saat mudik nih.  

4 dari 6 halaman

Masakan khas lebaran

Salah satu yang dirindukan ketika lebaran adalah masakan khasnya. Bagi para perantau menyantap hidangan lebaran seperti opor, gulai dan camilan khas lebaran buatan orangtua sendiri tentu jadi momen yang paling dinanti.

5 dari 6 halaman

Silaturahmi dengan keluarga di kampung

Tujuan mudik tentu agar bisa bertemu orang tua. Setelah berbulan-bulan berada di perantauan, rasa rindu yang telah dipupuk sekian lama terbayarkan saat mudik. Momen saling memaafkan dengan orang tua jadi momen paling ditunggu para perantau saat sedang di perjalanan mudik.

6 dari 6 halaman

Bagi-bagi THR

Selain bertemu orang tua, berkumpul dengan sanak saudara juga menjadi momen khas lebaran. Biasanya ada kegiatan seru yang dilakukan jika sudah berkumpul dengan saudara di hari Lebaran yaitu bagi-bagi THR.