Sukses

Libatkan Masyarakat Tangkal Corona, Baznas Berikan Cash for Work

Liputan6.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berinisiatif untuk memberdayakan masyarakat yang bekerja di sektor informal atau kelompok rentan, yang terdampak ekonominya akibat pandemi Corona atau Covid-19 dalam program Cash for Work.

Pemberdayaan ini salah satunya dilaksanakan dengan melibatkan para pengemudi ojek online untuk ikut berpartisipasi dalam penyemprotan disinfektan yang dilakukan tim Baznas Tanggap Bencana, di beberapa area stasiun kereta rel listrik (KRL), di antaranya stasiun Cawang, Duren Kalibata, Pasar Minggu, dan Tanjung Barat, pada Kamis (26/3/2020).

Untuk memberi keamanan mereka dalam menjalankan tugas, para pengemudi ojek online ini telah lebih dulu diberi pembekalan terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) dan juga teknis penyemprotan.

Kepala program Baznas Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri menjelaskan ada sekitar 24 pengemudi ojek online yang bergabung bersama tim Baznas Tanggap Bencana untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke titik mobilitas di area stasiun seperti peron, vending machine dan tangga stasiun. 

“Pengemudi ojek online adalah salah satu profesi yang ikut menjadi korban dalam situasi meluasnya pandemi ini karena pendapatannya pasti berkurang. Untuk itu, Baznas Tanggap Bencana berupaya untuk ikut melibatkan mereka dalam aksi kami menjadi bagian dalam  pecegahan Covid-19, sekaligus memberdayakan mereka,” kata Dian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Optimal Membantu Pemerintah Tangkal Pandemi Corona

Dian menambahkan keterlibatan para pengemudi ojek online dalam penyemprotan ini tentunya juga memberi dampak positif semakin banyak dan cepat area publik yang ter-cover dengan disinfektan.

“Bergabungnya pengemudi ojek online ini semakin menambah kekuatan personel Baznas Tanggap Bencana dalam setiap aksi pencegahan Covid-19. Kami berharap dapat terus optimal membantu pemerintah mengatasi masalah pandemi Covid-19,” lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Ajak Bantu Masyarakat yang Terimbas Krisis Corona

Pada kesempatan lain, Direktur Baznas, M Arifin Purwakananta menyampaikan pemberdayaan pengemudi ojek online ini ke dalam aksi Baznas merupakan bagian dari program Cash for Work untuk para pekerja sektor informal dan kelompok rentan yang terdampak krisis Covid-19.

“Baznas berupaya memberikan intervensi jangka pendek kepada masyarakat yang kesulitan memperoleh pendapatan karena pandemi ini. Dengan memberikan cash atas usaha yang mereka lakukan (work), ini akan sangat membantu meringankan beban mereka,” kata Arifin.

Karena dana zakat sangat terbatas, sehingga tenaga yang bisa kami serap untuk program ini masih sangat kecil dibanding dengan jumlah mereka yang harus dibantu.

"Kami berharap langkah ini bisa diikuti oleh teman-teman korporasi, dari gerakan zakat seluruh Indonesia, dan semua pihak untuk bisa melakukan berbagai hal, terkait dengan membantu mereka yang terimbas secara ekonomi dari krisis Corona ini,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Lekas Pulih Indonesia

Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama melakukan gerakan 'Lekas Pulih Indonesia' untuk membantu mereka yang terkena dampak dari pandemi Virus Corona COVID-19. 

Partisipasi masyarakat dalam gerakan ini akan sangat membantu mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19 di Tanah Air dan memulihkan kondisi mereka yang terdampak krisis Virus Corona COVID-19.

Bagi yang ingin berdonasi dapat langsung mengirimkan ke rekening berikut ini:

  1. Bank BRI Syariah 100.078.3214 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

  2. Bank Mandiri 070.000.185.5555 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini